Sponsors Link

Terapi Air Hangat Untuk Asam Urat Paling Ampuh

Sponsors Link

Asam urat adalah penyakit yang menganggu fungsi kerja persendian karena penumpukan kristal asam urat yang menimbukan rasa nyeri yang teramat dan peradangan yang berdampak dengan munculnya pembengkakan. Purin adalah salah satu zat ysng terdapat di dalam tubuh yang berfungsi untuk melumasi peersendian jika berjumlah normal di dalam tubuh, tetapi jika kadar purin tinggi maka sebaliknya justru berdampak buruk bagi kesehatan

ads

Purin adalah salah satu zat ysng terdapat di dalam tubuh yang berfungsi untuk melumasi peersendian jika berjumlah normal di dalam tubuh, tetapi jika kadar purin tinggi maka sebaliknya justru berdampak buruk bagi kesehatan. Kadar purin yang tinggi menyebabkan kinerja ginjal terganggu sehingga kesulitan untuk mengelola dan mengeluarkan purin, akibatnya darah menyalurkan purin pada bagian sendi. Purin yang dibawa darah seringkali menumpuk pada bagian kaki dan sendi.

Dahulu asam urat seringkali menyerang usia lanjut, tetapi dengan gaya hidup sekarang tidak menutup kemungkinan jika penyakit ini menyerang usia muda. Gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin dan lemak, kelebihan berat badan, mengkonsumsi alkohol serta nikotin, membuat penyakit ini mungkin saja menyerang anak muda.

Kambuhnya penyakit ini ditandai oleh munculnya rasa nyeri yang menyerang beberapa bagian tubuh atau sendi, tak jarang rasa nyeri yang ditimbulkan dapat menganggu aktifitas. Pada umumnya rasa sakit akibat asam urat muncul selama 3 – 10 hari dengan puncak rasa sakit 6 – 24 setelah asam urat kambuh. Penderita asam urat memang terlihat sehat, tetapi penyakit ini adalah jenis penyakit yang suka menyerang secara tiba-tiba dan kapan saja. Jika sudah terasa kambuh jangan diamkan rasa nyeri itu menganggu aktifitas anda, ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk menghiangkan rasa nyeri ini baik dengan mengkonsumsi obat-obatan ilmiah ataupun pengobatan dengan cara alami, salah satu contohnya dengan menggunakan air hangat.

Air Hangat

Terapi air adalah suatu bentuk pemanfaatan air untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit, salah satu contohnya penyakit asam urat. Terapi air hangat ini seringkali digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan nyeri sendi yang muncul karena efek dari penyakit asam urat, membuat tubuh rileks, dan melancarkan peredarah darah. Terapi air hangat ini dapat digunakan untuk membantu kondisi kronis, mengurangi sakit, menurunkan tekanan pada otot dan sendi, fibromyalgia, asam urat, dan nyeri punggung.

Air Hangat untuk Asam Urat

Jika anda memiliki riwayat asam urat atau terlahir dari keluarga yang rata-rata terserang asam urat kemudian tiba-tiba merasa nyeri yang sangat parah di bagian persendian, tidak menutup kemungkinan anda sedang disapa oleh asam urat. Terapi air hangat memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya asam urat. Air hangat dapat membantu menghilangkan rasa nyeri pada sendi yang sudah kronik serta memperkecil pembengkakan serta peradangan akibat asam urat. Mengompres menggunakan air hangat akan membantu pembuluh darah menjadi lebar, untuk membantu aliran darah dan oksigen mencapai bagian tubuh yang sakit. Akibatnya bagian tubuh yang awalnya sakit akan terasa lebih nyaman dan hilang rasa nyeri yang muncul karena pembengkakan. Disisi lain, suhu yang hangat dari air juga dapat membantu mengurangi rasa kaku yang membuat sendi yang sakit menjadi sulit untuk digerakkan.

Pastikanlah untuk menggunakan air dengan suhu yang tidak terlalu tinggi jika tidak ingin tubuh kalian justru memerah. Suhu yang cocok digunakan untuk mengompres adalah sekitar 40 – 50 derajat celcius. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari terapi air hangat, pastikan untuk tidak merendamkan kaki lebih dari 20 menit. Lalu sebelum dan sesudah terapi jangan lupa untuk minum air, hal ini berfungsi untuk menjaga tubuh supaya tidak mengalami dehidrasi.

Sponsors Link

Pengobatan Asam Urat menggunakan Air Hangat

Pengobatan asam urat dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan mengkonsumsi obat-obatan yang bersifat kimiawi ataupun bahan-bahan alami. Obat yang bersifat kimia memang memberikan efek yang cepat terasa di dalam tubuh, tetapi hal ini tidak baik untuk kesehatan jangka panjang berbeda dengan bahan-bahan alami yang dapat menjamin kesehatan tubuh jangka panjang. Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk mengobat asam urat, salah satunya hanya dengan memanfaatkan air hangat. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobat asam urat dengan menggunakan air hangat:

  1. Perhatikan suhu air yang akan kamu gunakan, untuk terapi air hangat ini kamu sebaiknya menggunakan air dengan suhu diantara 33 – 37 derajat celcius. Pastikan untuk tidak menggunakan air dengan suhu 40 derajat ke atas karena dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh kalian.
  2. Berendamlah di dalam kolam air hangat tetapi usahakan untuk tetap bergerak selama berendam. Jangan biarkan tubuh anda hanya diam karena dengan bergerak akan membantu alirah darah menuju ke otot dan sendi yang kaku pasca asam urat. Ada banyak tempat pemandian air hangat yang bisa kalian datangi untuk membantu proses terapi ini. Usahakan untuk berendam di kolam air hangat, jangan hanya mengandalkan bak kamar mandi. Karena dengan berendam di kolam akan membantu anda lebih mudah bergerak.
  3. Jika bengkak dan kaku terasa di bagian kaki maka cukup rendam kaki anda di dalam satu baskom yang sudah terisi air hangat dengan suhu yang sudah pas, ingat jangan terlalu lama merendam kaki anda.
  4. Anda juga bisa melakukan pengobatan ini dengan cara mengompres bagian tubuh tertentu menggunakan air hangat.
Sponsors Link

Itulah ulasan mengenai pengobatan menggunakan air hangat untuk asam urat, usahakan untuk rutin melakukan pengobatan ini supaya terasa  efeknya pada kesehatan. Pengobatan menggunakan air hangat ini sebaiknya dilakukan jika terjadi pembengkakan dan kaku pada sendi atau bagian tubuh tertentu karena efek dari asam urat. Gunakanlah suhu yang sesuai seperti yang telah dianjurkan, karena suhu yang terlalu tinggi justru akan membuat kulit kalian menjadi terkelupas.

Disisi lain pengobatan menggunakan bahan alami ini juga harus diikuti dengan diet makanan tinggi purin. Pengobatan menggunakan air hangat memang alami dan tidak berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh jangka panjang, tetapi jangan hanya tergantung pada terapi ini harus diikuti juga menggunakan pengobatan lainnya. Waspadai jika keadaan asam urat kalian sudah sangat mengkhawatirkan, segera konsultasikan ke dokter karena keadaan ini sangat berbahaya dan berpengaruh buruk pada kerusakan sendi dan ginjal.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan