Sponsors Link

Manfaat Air Panas Dan Garam Untuk Asam Urat Yang Harus Kalian Coba

Sponsors Link

Pernah merasakan rasa nyeri yang menyiksa dan muncul secara tiba-tiba di bagian sendi terutama kaki? Rasa nyeri yang membuat kalian sulit berjalan hingga membuat aktivitas jadi terganggu ini disebabkan oleh kadar asam urat tinggi yang berada didalam tubuh kalian. Dalam keadaan ini terdapat kristal-kristal asam urat yang menumpuk di bagian sendi hingga menimbulkan rasa nyeri yang sangat menyiksa dan menyebabkan peradangan yang ditunjukkan dengan bengkak di bagian sendi atau bagian tubuh tertentu. Jika anda mengalami keadaan seperti diatas artinya ada suatu penyakit bernama asam urat yang sedang menyerang anda.

ads

Asam urat adalah penyakit yang ditimbulkan karena terdapat zat purin dengan kadar tinggi yang menyebabkan penumpukan asam kristal asam urat di bagian sendi-sendi tertentu yang menyebabkan munculnya rasa nyeri, kerusakan organ ginjal, kerusakan sendi, dan benjolan. Kristal asam urat yang berlebih disebabkan oleh asupan zat purin yang berlebih juga. Tingginya zat purin dipengaruhi oleh lifestyle dan pola makan yang buruk, usahakan untuk menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi, minuman alkohol, dan juga nikotin.

Ada banyak upaya yang bisa dilakukan oleh penderita asam urat untuk menangani gangguan yang menganggu kesehatannya ini, yaitu bisa dengan cara mengkonsumsi obat atau melakukan pengobatan secara alami. Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membantu menangani asam urat, salah satu contohnya air panas yang dicampurkan dengan garam yang ekonomis dan tidak sulit untuk disiapkan di rumah kapanpun.

Air Garam

Garam adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jangan terlalu berlebihan karena dapat berpengaruh buruk untuk kesehan ginjal. Garam adalah salah satu bahan masakan yang ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan tertentu yang muncul pada tubuh, diantaranya:

  1. Menghilangkan bau kaki, air garam mampu membantu menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab munculnya bau kaki
  2. Membantu mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah dan kasar, air garam dapat dimanfaatkan untuk mengangkat kulit mati yang menjadi penyebab kulit kaki menjadi pecah-pecah dan kasar.
  3. Membantu mengatasi flu, batuk, dan meriang, dengan merendam kaki di air hangat apalagi jika ditambahkan garam dapat membantu mengeuarkan keringat yang berdampak baik dengan membuat tubuh menjadi lebih segar.
  4. Relaksasi, merendamkan kaki selama 15 – 20 menit akan menimbulkan rasa rileks dan nyaman pada tubuh anda. Tidak hanya dengan merendamkan kaki, efek relaksasi juga dapat kamu rasakan dengan mandi menggunakan air garam yang berpengaruh dengan membuat otot kaki menjadi lemat, peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar, mengatasi pegal, bau badan, iritasi, dan dapat membantu anda beristirahat dengan lebih nyenyak.
  5. Melancarkan sirkulasi darah, air hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah dalam tubhu menjadi lancar.
  6. Menghilangkan masalah mulut, berkumur dengan air garam dapat membantu mengatasi masalah mulit seperti sakit tenggorokan, sakit gigi, dan bau mulut. Untuk meringankan masalah mulut, kalian cukup berkumur selama 3 – 5 menit dalam sehari.
  7. Membantu menjaga kesehatan wajah, air garam juga dapat dimanfaatkan sebagai scrub dengan mencampurkan minyak zaitun, wijen setengah cangkir, dan air garam maka akan didaparkan scrub dari bahan alami yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda. Mengingat jika air garam dapat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, maka scrub ini dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan sehat.

Meskipun garam memiliki banyak manfaat bagi tubuh tapi jangan mengkonsumsi garam secara berlebihan. Kandungan garam yang tinggi akan membentuk semacam kristal menggunakan protein dari lemak hewan yang tidak dicerna tubuh.

Sponsors Link

Protein ini diguanakan badan unruk membentuk aasm urat untuk menghindari kelebihan garam. Asam urat dengan kadar yang tinggi akan berpengaruh buruk dan memicu munculnya penyakit asam urat. Akhirnya badan tidak mampu membuang asam urat sehingga terbentuk kristal yang menumpuk di bagian sendi dan tubuh tertentu, karena itulah konsumsi garam harus dibatasi dan tidak boleh secara berlebihan.

Air Panas dan Garam untuk Asam Urat

Merendamkan kaki dengan air garam tidak hanya dapat menjaga kesehatan kulit dan sirkulasi darah, tetapi juga dapat kamu gunakan sebagai salah satu pengobatan alami untuk asam urat. Air garam dapat membantu kalian meringankan gejala asam urat yang muncul. Garam yang dapat kalian gunakan adalah garam jenis epsom yang dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidak terlalu merasakan sakit yang muncul karena efek dari asam urat yang tinggi. Garam jenis epsom memiliki kandungan magnesium tinggi  yang dapat membantu mengendalikan kerja jantung dan mencegah tekanan darah tinggi, cukup dengan merendamkan kaki di dalam satu baskom yang sudah diisi air hangat yang dicampur dengan garam epsom.

Pengobatan Asam Urat menggunakan Air Panas dan Garam

Pengobatan asam urat dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan mengkonsumsi obat-obatan yang bersifat kimiawi ataupun bahan-bahan alami. Obat yang bersifat kimia memang memberikan efek yang cepat terasa di dalam tubuh, tetapi hal ini tidak baik untuk kesehatan jangka panjang berbeda dengan bahan-bahan alami yang dapat menjamin kesehatan tubuh jangka panjang. Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk mengobat asam urat, salah satunya hanya dengan memanfaatkan air hangat yang dicampur dengan garam. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati asam urat dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam:

Sponsors Link

  1. Siapkan air hangat dengan suhu 33 – 37 derajat celcius.
  2. Campurkan 200 gram garam epsom ke dalam air hangat yang sudah disediakan.
  3. Jika rasa nyeri muncul di banyak titik tubuh maka kalian bisa melakukannya dengan berendam, tetapi jika rasa nyeri hanya menyerang kaki maka kalian bisa melakukan pengobatan dengan cara merendamkan kaki dalam satu baskom.
  4. Lakukan cara ini secara rutin 1 minggu sekali, tetapi jika kadar asam urat terlalu tinggi anda bisa melakukannya 2 kali 1 minggu.

Pengobatan menggunakan bahan alami ini juga harus diikuti dengan diet makanan tinggi purin dan jangan hanya tergantung pada terapi ini harus diikuti juga menggunakan pengobatan lainnya. Waspadai jika keadaan asam urat kalian sudah sangat mengkhawatirkan, segera konsultasikan ke dokter karena keadaan ini sangat berbahaya dan berpengaruh buruk pada kerusakan sendi dan ginjal.

Demikian artikel mengenai air panas dan garam untuk asam urat, semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan