Sponsors Link

3 Akibat Asam Urat Meningkat Drastis (No. 3 Mengerikan)

Sponsors Link

Penyakit asam urat tidak bisa dianggap enteng, gejala yang dirasakan amat sangat menyiksa terutama tingkat asam urat yang tinggi. Penyembuhan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, belum lagi pengobatan yang mahal. Penyakit asam urat atau dikenal dengan istilah gout merupakan penyakit yang menyerang persendian seperti tangan, kaki, lutut, dengkul dan lainnya.

ads

Hal tersebut dikarenakan zat purin dalam tubuh terlalu tinggi. Zat purin yang tidak bisa dicerna dan dikeluarkan oleh ginjal, akan membentuk kristal, menempel dan menumpuk pada persendian. Hal tersebut menjadi penghambat kerja persendian dan menjadikan penyakit asam urat.

Setelah mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan asam urat yang tinggi, maka Anda juga harus mengetahui, apa saja bahaya dari penyakit asam urat tinggiBerikut ini efek atau akibat asam urat meningkat:

1. Nyeri Hebat pada Persendian

Dampak secara langsung terasa oleh penderita asam urat tinggi yaitu nyeri teramat sangat pada persendian. Dimana rasa sakit tersebut bisa menjalar ke bagian yang lain, jika hal ini tidak segera ditangani dengan baik dan benar. Untuk menggerakkan anggota tubuh Anda akan terasa sakit, walaupun itu hanya sekedar sentuhan.

2. Bisa Mengakibatkan Kelumpuhan

Jika rasa nyeri pada asam urat Anda didiamkan saja dalam waktu yang lama, tentu ini akan mengakibatkan kelumpuhan pada persendian. Semakin banyak zat purin yang menumpuk semakin membuat Anda sulit beraktivitas normal. Oleh karenanya segera periksaan kondisi Anda sebelum tahap kronis terjadi.

3. Berpotensi Mengalami Komplikasi Penyakit

Tindakan yang salah dampak berdampak buruk bagi penderita asam urat, jika tidak diobati secara berkala dan mengindahkan pantangan yang dilarang, secara otomatis penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi asam urat dengan penyakit lain yang serius, diantaranya :

  • Penyakit Batu Ginjal dan Gagal Ginjal

Kelebihan asam urat yang membentuk kristal dan sulit dikeluarkan, maka akan menyumbat saluran urin dan terjadilah batu ginjal. Fungsi ginjal pun juga menurun dan menyebabkan gagal ginjal. Selain itu, efek lainnya adalah Anda akan merasakan nyeri ketika mengeluarkan air kencing.

  • Penyakit Jantung

Asam urat tinggi memiliki hubungan yang erat sekali dengan jenis penyakit jantung koroner. Penyakit ini memiliki suatu sindrom yang mengakibatkan adanya kelainan pada bagian insulin, dimana dapat meningkatkan kadar insulin di dalam darah, serta menyebabkan hipertensi dan pada akhirnya berujung pada munculnya gejala penyakit jantung koroner. Jika tidak ditangani serius hal ini akan menyebabkan kematian pada pasien.

  • Penyakit Diabetes

Walaupun asam urat dan diabetes tidak memiliki hubungan secara langsung, akan tetapi penderita diabetes umumnya memiliki kadar asam urat yang tinggi. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa masalah asam urat dapat meningkatkan resiko diabetes sebanyak 20 persen. Keterkaitan keduanya terjadi secara tidak langsung dan dapat dilihat dari dua faktor yaitu pola makan yang buruk serta masalah ginjal dan diabetes dalam jangka panjang akan merusak fungsi ginjal. Hal ini akan menghambat pengeluaran kristal asam urat pada tubuh dan tentunya meningkatkan kadar zat asam urat.

Sponsors Link

Jadi sudah jelas penyakit asam urat ini tidak bisa dipandang sebelah mata, rajin menjaga pola makan sehat dan menjaga pola hidup yang baik tentu pencegahan bisa diobati. Selain berbagai penyakit di atas, bahaya asam urat juga bisa menimbulkan penyakit berbahaya lainnya seperti kebutaan, pengkristalan asam urat dalam paru. 

Oleh sebab itu, cara yang bisa dilakukan sebagai pencegahan adalah dengan menghindari apa yang menjadi penyebab asam urat paling utama, mulai penyebab tergolong primer sampai yang sekunder. Karena dengan seperti ini, maka kita akan mengurangi resiko terjadinya komplikasi akibat asam urat meningkat tinggi.

Dengan membatasi makan yang tidak dianjurkan dan menghindari minuman berfermentasi juga bisa mencegah gejala asam urat kambuh. Setiap penyakit pasti ada obatnya, tapi alangkah baiknya lebih baik mencegah daripada mengobati. Jangan tunggu sakit Anda menjadi parah, jika dirasa sudah memiliki gejala segeralah konsultasikan dengan dokter langganan Anda, untuk mendapat tindakan medis apa yang sesuai untuk penyakit tersebut.

Imbangi pula dengan kondisi badan, jika badan terlalu gemuk lakukan diet sehat. Lakukan olahraga penurun asam urat secara rutin, menjaga pikiran dan emosi tetap positif. Tentu hidup Anda akan terasa ringan dan terarah. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab