Sponsors Link

Allopurinol : Manfaat – Dosis – Efek Samping dan Tips Mengonsumsinya

Sponsors Link

Allopurinol merupakan salah satu obat yang biasa diberikan pada penderita asam urat dan juga untuk yang memiliki batu ginjal. Obat ini biasa digunakan untuk pencegahan adanya peningkatan kadar asam urat pada pasien yang sedang melakukan kemoterapi. Allopurinol akan bekerja dengan mengurangi jumlah asam urat berlebihan dalam tubuh yang bisa menyebabkan kemunculan penyakit lain dan mengganggu pada kesehatan.

ads

Obat medis Allopurinol untuk kesehatan adalah golongan obat xantin oxidase atau antigout. Obat ini tersedia dama bentuk tablet 100 mg dan juga 300 mg. Berikut adalah beberapa merek dagang pada Allopurinol:

  • Allopurinol
  • Alluric
  • Alodan
  • Alofar
  • Benoxuric
  • Favolar
  • Goutric
  • Hanoric
  • Isoloric
  • Kemorinol
  • Licoric
  • Mediuric
  • Omeric
  • Ponuric
  • Puricemia
  • Purinic
  • Reucid
  • Rinolic
  • Selespurin
  • Tynolic
  • Urica
  • Villurol
  • Zyloric

Aturan Dosis Allopurinol

Allopurinol biasa dianjurkan untuk diminum 1 kali setiap hari. Konsumsi obat setelah makan bisa mengatasi adanya gangguan pada perut. Untuk mengatasi penyakit asam urat dokter biasanya akan menyarankan untuk mengkonsumsi 100-900 mg Allopurinol per hari. Namun untuk penderita kanker dokter biasa memberikan dosis 600-800 Allopurinol selama 2 sampai 3 hari sebelum akan melakukan kemoterapi. Sedangkan untuk menghancurkan batu ginjal asam urat, Anda akan diberikan dosis 200-300 mg Allopurinol per hari. Dosis bisa saja diturunkan sesuai dengan kondisi pasien penderita asam urat.

  • Dosis Allopurinol untuk orang dewasa penderita asam urat

Pada pengobatan awal dokter akan memberikan dosis 100 mg/ hari. Untuk menjaga agar kadar asam urat tidak naik, dokter biasanya akan meningkatkan menjadi 200-300 mg untuk asam urat ringan, dan 400-600 mg untuk asam urat tahap menengah hingga berat. Dosis yang diberikan adalah untuk perhari.

  • Dosis Allopurinol untuk orang dewasa yang melakukan kemoterapi

Pada pengobatan awal dokter akan memberikan dosis Allopurinol parental 200-400 mg per hari, sedangkan untuk oral nya 600-800 mg per hari untuk jangka waktu 1-3 hari. Untuk tahap penyembuhan biasanya akan diberikan 200-300 mg per hari hingga kondisi pasien sudah kembali membaik.

  • Dosis Allopurinol untuk anak-anak yang melakukan kemoterapi

Allopurinol juga bisa diberikan pada anak-anak yang sedang melakukan kemoterapi. Untuk usia kurang dari 10 tahun biasanya akan diberikan dosis 200 mg per hari, dan sangat dilarang untuk melebih 600 mg dalam waktu  24  jam. Sedangkan untuk usia lebih dari 10  tahun biasanya akan diberikan dosis 200-400 mg per hari, dan tidak boleh melebihi 600 mg dalam waktu 24 jam.

Cara Penyimpanan Allopurinol

Untuk menjaga zat yang ada dalam obat medis ini, sebaiknya Anda menyimpan dalam suhu ruangan yang tidak lembab, jauhkan juga Allopurinol dari paparan sinar matahari. Anda juga sangat dilarang untuk menyimpannya di kamar mandi dan jangan pernah dibekukan. Untuk instruksi penyimpanan biasanya akan ada pada kemasan nya, atau Anda bisa bertanya pada apoteker.

Sponsors Link

Efek Samping Mengkonsumsi Allopurinol

Beberapa obat medis biasanya akan memiliki efek samping yang cukup membahayakan. Efek samping biasanya akan dibedakan menjadi 2, yaitu yang perlu segera mendapatkan penanganan dokter dan yang tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Berikut adalah efek samping dari Allopurinol:

Efek samping Allopurinol yang membahayakan dan perlu mendapatkan penanganan dokter:

  1. Kehilangan nafsu makan, perut terasa nyeri dan sangat mual
  2. Sendi terasa sangat sakit
  3. Mengalami flu
  4. Sendi kesemutan, mati rasa dan mengalami lemah otot.
  5. Kulit mengelupas
  6. Ada ruam pada kulit
  7. Nyeri dan mengalami pendarahan saat buang air kecil
  8. Timbul bintik keunguan pada kulit
  9. Mengalami demam
  10. Sakit kepala yang sangat parah

Efek samping Allopurinol yang tidak terlalu membahayakan:

  1. Merasa ngantuk
  2. Indera perasa yang berubah
  3. Nyeri pada bagian otot
  4. Diare
  5. Muntah

Beberapa efek samping diatas jika m

ads

Tips Untuk Mengkonsumsi Allopurinol

Sebelum Anda mengkonsumsi Allopurinol sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut agar terhindar dari masalah atau efek samping yang membahayakan:

  1. Konsultasi kan pada dokter dan juga apoteker jika Anda memiliki alergi pada Allopurinol atau obat-obatan lainnya.
  2. Konsultasi kan pada dokter jika Anda sedang hamil, berencana hamil atau sedang menyusui.
  3. Hindari melakukan aktivitas berbahaya saat mengkonsumsi Allopurinol, karena obat ini akan memberikan efek mengantuk.
  4. Minum setiap dosis Allopurinol dengan segeral air putih
  5. Sebaiknya Anda segera menghentikan konsumsi obat jika timbul ruam pada kulit seperti sedang terkenan alergi
  6. Hindari konsumsi alkohol, karena bisa menyebabkan kondisi penyakit semakin parah
  7. Agar penggunaan Allopurinol aman, Anda juga sebaiknya berkonsultasi pada dokter jika memiliki penyakit lain seperti hipertensi, diabetes, ginjal, gangguan pada hati, gagal jantung dan yang lainnya.
  8. Sebaiknya Anda mengkonsumsi Allopurinol sesuai dengan dosis yang telah dokter tentukan. Jangan konsumsi diluar dosis, terlalu berlebihan dengan dosis lebih besar atau dosis lebih kecil, atau dalam waktu lama tanpa adanya saran dari dokter. Anda bisa mengikuti petunjuk pada resep kemasan. Sesekali mungkin dokter akan mengubah dosis Anda sesuai dengan kemajuan kondisi kesehatan.
  9. Jangan menyimpan Allopurinol dalam kondisi ruangan yang lembab dan panas.

Pada pengobatan nyeri sendi akibat adanya peningkatan asam urat, kemungkinan akan membutuhkan waktu sampai berminggu-minggu untuk mendapatkan efek dari obatnya. Anda juga mungkin bisa mengalami encok lebih sering untuk waktu beberapa bulan saat memulai pengobatan ini sementara tubuh sedang menghilangkan kadar asam uratnya. Allopurinol bukanlah obat yang bisa meredakan adanya rasa nyeri pada sendi. Namun Allopurinol bisa mengurangi rasa nyeri dengan perlahan saat kadar asam urat menurun dengan bertahap.

Konsumsi Allopurinol untuk asam urat juga sebaiknya diikuti dengan perubahan gaya hidup menjadi sehat.

  1. Anda harus menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat dan melakukan diet rendah purin, agar penyakit asam urat tidak semakin memburuk.
  2. Selain melakukan diet, Anda juga sebaik menghindari beberapa hal yang bisa memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh seperti konsumsi alkohol, konsumsi minuman bersoda, konsumsi makanan laut dengan kadar purin tinggi dan yang lainnya.
  3. Akan lebih baik jika Anda selalu dengan rutin memeriksakan kondisi asam urat Anda pada dokter.
  4. Anda juga sebaiknya memperbanyak air putih karena sangat bermanfaat untuk menetralkan keadaan tubuh, dan membantu untuk melakukan metabolisme dengan baik. Air juga bisa membantu Anda untuk mengeluarkan asam urat atau batu ginjal akibat asam urat yang ada pada kandung kemih.
  5. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa vitamin untuk ikut membantu kadar asam urat dalam tubuh, tentunya vitamin yang dibolehkan untuk dikonsumsi bersama Allopurinol.
  6. Selain dengan vitamin, Anda juga bisa mendapatkan kandungan vitamin yang bermanfaat dari beberapa buah yang baik untuk asam urat dan mempunyai kandungan antioksidan sehingga akan membantu untuk mencegah terjadinya asam urat dalam tubuh.
  7. Karena asam urat juga disebabkan oleh penumpukan kolesterol, akan lebih baik Anda juga rutin berolahraga dalam rangka menurunkan kolesterol yang terlalu berlebihan dalam tubuh.
  8. Selain dengan olahraga Anda bisa menjaga asupan makanan dan menghindari makanan yang memiliki kandungan pemicu kolesterol. Beberapa hal tersebut akan sangat baik dilakukan saat sedang mengkonsumsi Allopurinol agar kerja obat juga bisa dibantu dengan gaya hidup yang semakin lebih baik.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengkonsumsi Allopurinol

1. Konsumsi Allopurinol Untuk Ibu Hamil

Saat seseorang sedang mengandung biasanya akan ada beberapa pantangan obat yang tidak boleh dikonsumsi sebab bisa berdampak buruk pada kondisi bayi dalam rahim. Lalu apakah aman Allopurinol jika dikonsumsi oleh ibu hamil? Belum ada penelitian yang menyatakan bahwa Allopurinol akan berpengaruh pada ibu hamil. Namun ada baiknya Anda tetap berkonsultasi pada dokter jika akan mengkonsumsi Allopurinol agar mencegah terjadinya  permasalahan pada kehamilan.

Sponsors Link

2. Penggunaan Allopurinol Dengan Obat Lain

Menkonsumsi Allopurinol secara bersamaan dengan obat lain bisa saja mengubah kinerja atau manfaat obat sehingga bisa menyebabkan efek samping tertentu yang sangat serius. Anda bisa berkonsultasi pada dokter saat mengkonsumsi beberapa obat berikut untuk mengkonsumsi bersama dengan Allopurinol:

  • Azathioprine (Imuran)
  • Antibiotik seperti ampisilin (Principen, Omnipen, lainnya) atau amoksisilin (Amoxil, Augmentin, Trimox, Wymox)
  • Pengencer darah seperti dicoumarol atau warfarin (Coumadin)
  • Diuretik.
  • Klorpropamid (Diabinese)
  • Siklosporin (Gengraf, Sandimmune, Neoral)
  • Merkaptopurin (Purinethol)
  • Apakah aman mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol saat sedang konsumsi obat Allopurinol?

Mengkonsumsi alkohol saat sedang menggunakan obat Allopurinol sangatlah dilarang. Hal ini bisa menyebabkan adanya efek samping yang sangat membahayakan. Bahkan sebenarnya bukan hanya saat konsumsi Allopurinol saja, bagi Anda yang konsumsi alkohol dalam keadaan sehat juga lambat-laun akan mempengaruhi dan merusak kesehatan tubuh.

3. Beberapa kondisi kesehatan yang bisa berhubungan dengan konsumsi Allopurinol?

Masalah kesehatan lain yang ada pada tubuh juga akan mempengaruhi penggunaan Allopurinol. Seperti memiliki masalah pada sumsum tulang, memiliki penyakit hati atau penyakit ginjal. Anda harus berhati-hati dan memberitahukan penyakit tersebut pada dokter agar keadaan penyakit tersebut tidak semakin memburuk.

4. Apa yang harus Anda lakukan saat melewati dosis Allopurinol?

Jika Anda melewatkan 1 dosis obat, sebaiknya Anda segera memakannya. Namun jika sudah mendekati dosis berikutnya, sebaiknya Anda melewati dosis tersebut dan kembali pada jadwal dosis seperti biasa.

Di atas merupakan informasi obat medis Allopurinol untuk kesehatan. Obat medis memang pada umumnya selalu memiliki beberapa efek samping. Jika Anda menderita asam urat dan memang disarankan oleh dokter untuk konsumsi Allopurinol sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan efek samping obat asam urat tersebut. Atau jika Anda tidak ingin mendapatkan efek samping yang terlalu parah Anda bisa mengkonsumsi jamu asam urat, atau suplemen penurun asam urat yang terbuat darah bahan-bahan herbal yang tidak berbahaya.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan