Sponsors Link

Allopurinol Vs Daun Salam untuk Asam Urat, Mana lebih Ampuh?

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang tubuh, khususnya pada persendian dan pergelangan baik tangan maupun kaki. Hal ini didasari oleh kandungan purin didalam tubuh yang berlebih atau tinggi. Banyak faktor penyebab asam urat sering kambuh. Selain Anda harus menjaga cara pola makan dan minum, juga menjaga gaya hidup. Tentu faktor utama yaitu pemeriksaan dini dan cara pengobatannya, baik secara medis ataupun alternatif berupa obat herbal untuk asam urat.

ads

Ada beberapa pilihan obat asam urat di apotik yang bisa Anda gunakan, dan juga pilihan obat secara alami atau herbal. Kali ini yang akan dibahas mengenai hubungan antara Allopurinol vs daun salam untuk asam urat.

Obat Allopurinol

Allopurinol sendiri merupakan obat kimia yang bermanfaat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara medis dan cepat, dan obat ini juga mampu mengobati pasien yang menderita penyakit ginjal. Biasanya obat ini berbentuk tablet, bisa dipakai sebagai obat untuk anak – anak dan dewasa. Allopurinol merupakan obat generik dan mengandung 100 mg per tabletnya. Anjuran konsumsi obat ini dewasa 100 – 600 mg perhari dan untuk anak 10 – 20 mg perhari, disesuaikan dengan dosis yang diberikan oleh dokter Anda.

Adapun efek samping jika Anda mengkonsumsi obat ini secara terus menerus, yaitu :

  • Terjadinya alergi pada kulit seperti : kulit merah, bengkak dan nyeri disertai rasa panas.
  • Gangguan saluran pencernaan seperti : diare dan mual.
  • Vertigo dan nyeri kepala.
  • Rasa nyeri atau perdarahan ketika buang air kecil.
  • Nyeri pada otot.
  • Adanya gejala deman disertai dengan sakit tenggorokan, dan flu.
  • Adanya pendarahan pada mulut, hidung, dubur dan vagina.

Daun Salam

Allopurinol ika dibandingkan dengan cara mengobati asam urat dengan daun salam, tentu hal ini tidak memiliki efek yang sangat membahayakan kesehatan. Daun salam banyak mengandung tanin, minyak atsiri, seskuiterpen, triterpenoid, fenol, steroid, sitral, lakton, saponin, dan karbohidrat. Selain dari itu kandungan daun salam memiliki kaya akan vitamin C, vitamin A, Thiamin, Riboflavin,Niacin, vitamin B6, vitamin B12, mineral dan folat yang tentu baik bagi tubuh Anda.

Daun salam sendiri sangat bermanfaat bagi penderita asam urat, sebagai antioksidan tinggi dan dapat mengeluarkan zat purin dalam tubuh melalui urine. Selain itu juga memiliki manfaat sebagai berikut :

  • Menyembuhkan penyakit darah tinggi dan kolesterol
  • Mengatasi penyakit diabetes
  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Mengatasi sakit maag
  • Meredakan rasa nyeri pada tubuh
  • Sebagai bahan dasar kecantikan
  • Pencegah penyakit kanker
  • Pengobatan penyakit ginjal
  • Pengobatan batuk dan flu
  • Sebagai bahan penyedap rasa masakan

Jadi banyak sekali manfaat yang dihasilkan pohon satu ini, jika Anda sering mengkonsumsi hasil olahan ini tentu kesehatan Anda semakin baik dan terbebas dari berbagai penyakit dan komplikasi asam urat.

Sebagai obat alami penyembuhan penyakit asam urat, tentu banyak sekali cara pengolahan dengan menggunakan daun ini. Salah satunya bisa Anda manfaatkan sebagai jamu asam urat, ramuan herbal atau jamu. Cukup ambil beberapa lembar daun salam, lalu rebus dengan menggunakan air. Anda bisa campur bahan tersebut dengan bahan lain seperti jeruk lemon atau jeruk nipis, madu, nanas atau lainnya. Selain berkhasiat anti inflamasi juga baik bagi kesehatan tubuh, dan juga sebagai penawar bau badan Anda.

Sponsors Link

Selain dapat dijadikan sebagai jamu dan minuman herbal, daun salam dapat dijumpai dalam bentuk lain. Sudah banyak manfaat daun salam yang dibuat sebagai jamu asam urat, salah satunya yaitu ekstrak daun salam. Anda bisa membeli dan mengkonsumsi secara langsung, tanpa harus repot mengolahnya. Biasanya ekstrak tersebut berupa kapsul atau tablet yang sudah dijual bebas di apotik, toko obat atau supermarket herbal. Atau Anda dapat menemukan bentuk lainnya berupa serbuk yang sudah dikemas dalam bentuk sachet atau jamu kering.

Allopurinol Vs Daun Salam untuk Asam Urat

Sebagai referensi, tentu Anda sudah bisa membedakan pilihan mana yang akan Anda ambil. Tentunya jika Anda memilih obat kimia efek samping dan ketergantugannya sangat beresiko tinggi, jika dibanding dengan ramuan alami. Hanya saja pada proses penggunaannya memang obat alami tidak secepat hasil dari obat kimia, harus sabar dan memakan waktu yang cukup lumayan lama. Namun jika Anda rutin dan berkelanjutan menggunakannya, hasilnya pasti akan lebih baik daripada obat kimia.

Dengan tidak mengurangi manfaat diantara obat allopurinol dan daun salam tersebut, hal yang paling penting adalah bagaimana Anda bisa menjaga kesehatan dan juga melakukan pencegahan dengan memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Dengan Anda mematuhi rambu – rambu yang dianjurkan segera ke dokter spesialis asam urat, tentu kesehatan Anda akan terjamin dan bebas dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan