Sponsors Link

Anjuran Makanan Untuk Penderita Asam Urat Paling Menyehatkan

Sponsors Link

Asam urat adalah salah satu kondisi yang menyebabkan radang sendi sehingga bagian sendi menjadi sangat sakit, bengkak dan sulit untuk digerakkan. Biasanya orang yang terkena asam urat akan merasa tidak nyaman pada jari-jari kaki dan tangan, pergelangan, tumit kaki dan lutut. Asam urat bisa ditemukan dalam darah dimana produk ini dihasilkan dari limbah makanan sisa sistem pencernaan.

ads

Saat asam urat sangat tinggi dan menumpuk pada persendian maka bisa menyebabkan rasa sakit yang sangat hebat. Beberapa orang juga bisa mengalami asam urat di bahu. Biasanya rasa sakit akan terjadi selama 3 sampai 10 hari. Gejala asam urat yang paling sering terjadi biasanya karena kesalahan makan. Konsumsi makanan yang tinggi purin bisa menyebabkan asam urat menjadi lebih tinggi. Zat purin ini banyak ditemukan pada berbagai jenis makanan sehingga memang harus dihindari. Lalu apa saja  anjuran makanan untuk penderita asam urat paling menyehatkan? Berikut ini informasinya.

1. Buah Apel

Buah apel menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk semua penderita penyakit asam urat. Hal ini karena apel mengandung jenis asam malat dan vitamin C yang akan membantu mengeluarkan asam urat lewat urin. Dengan begitu tidak terjadi penumpukan kristal asam urat pada persendian. Tentu saja apel juga kaya dengan antioksidan yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh penderita asam urat tinggi.

2. Buah Cerri

Buah cerri menjadi buah yang tidak kalah baiknya untuk asam urat. Buah ini terkenal karena kandungan vitamin C nya. Karena itu buah tidak hanya menjaga kesehatan tubuh tapi juga bisa menurunkan kadar asam urat. Hanya saja konsumsi buah ceri sebaiknya dilakukan tanpa tambahan gula, sirup atau pemanis lain. Hal ini untuk menghindari komplikasi asam urat seperti diabetes.

3. Buah Berry

Semua golongan buah berry ternyata sangat baik untuk mencegah asam urat yang terlalu tinggi. Kandungan asam malat dan anti oksidan dari buah berry akan melawan pembentukan kristal sehingga sangat aman untuk penderita asam urat tinggi. Adapun buah yang sangat disarankan adalah seperti blueberry dan strawbery. Buah ini bisa mencegah peradangan sehingga sangat efektif untuk menjaga sistem persendian. Dan tentu saja sebaiknya buah ini dikonsumsi segar tanpa unsur tambahan bahan lain seperti pemanis.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah salah satu sari apel yang sudah diolah secara khusus sehingga menghasilkan sari dengan rasa yang cukup asam. Cuka sari apel sering digunakan untuk obat berbagai penyakit, termasuk asam urat. Untuk itu Anda bisa mencampur 1 sendok teh cuka sari apel dengan 1 gelas air. Jika kadar asam urat sangat tinggi maka bisa diminum 2 sampai 3 gelas per hari. Tidak perlu takut karena cuka sari apel tidak termasuk dalam minuman penyebab asam urat.

5. Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu buah masam yang sering digunakan untuk bahan minuman. Jeruk nipis sangat asam namun ternyata sangat baik untuk mencegah asam urat yang tinggi. Hal ini karena jeruk nipis mengandung asam sitrat yang melarutkan asam urat lewat urin. Sehingga jika diminum secara rutin maka bisa mencegah komplikasi asam urat misalnya gangguan ginjal yang bisa menyebabkan gagal ginjal.

6. Buah yang Kaya Vitamin C

Ternyata semua buah yang mengandung vitamin C bisa menjadi obat untuk penderita asam urat. Sumber vitamin C akan berusaha untuk mengeluarkan asam urat melalui tubuh misalnya lewat urin. Beberapa buah yang kaya dengan vitamin C dan sangat baik untuk penderita asam urat adalah seperti jambu biji, kiwi, lemon, jeruk dan buah yang lain. Jadi memang buah yang memiliki rasa asam sangat baik untuk asam urat yang tinggi.

7. Sayuran Sumber Serat

Untuk menghindari bahaya asam urat maka Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi. Serat bisa membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Kemudian serat akan membantu menyerap asam urat dalam tubuh dan kemudian keluar lewat saluran sekresi misalnya ginjal. Selain itu jika menderita obesitas maka sangat penting untuk konsumsi serat sehingga komplikasi asam urat tidak terlalu parah. Beberapa makanan yang sangat dianjurkan seperti beras merah, brokoli, terung, gandum, sayuran hijau, wortel dan lain-lain.

8. Teh Hijau

Teh hijau menjadi minuman yang biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan. Ternyata teh hijau juga penting untuk menurunkan kadar asam urat. Hal ini karena teh hijau bisa mengeluarkan asam urat dari tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Teh hijau juga bisa membantu menurunkan berat badan.

9. Buah Pisang

Buah pisang memiliki rasa manis dan tekstur yang sangat lembut. Buah pisang ternyata bisa mencegah penyakit asam urat sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Kelebihan lain dari buah pisang adalah kaya dengan kalium yang sangat baik untuk menjaga jantung tetap sehat. Sehingga buah juga sangat membantu mengatasi komplikasi jantung akibat asam urat.

10. Susu Rendah Lemak

Semua jenis produk susu rendah lemak ternyata sangat tepat untuk semua penderita asam urat. Karena susu rendah lemak akan mencegah terbentuknya asam urat. Tentunya susu rendah lemak juga baik untuk menjaga kesehatan jantung karena kandungan lemak sehatnya.

11. Ikan Salmon

Banyak penderita asam urat yang takut mengonsumsi ikan. Hal ini sangat wajar karena ikan kaya dengan tingkat purin yang tinggi. Hanya saja khusus untuk penderita asam urat sebaiknya hanya mengonsumsi ikan salmon saja. Hal ini karena salmon mengandung kadar purin yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis ikan yang lain. Tapi sebaiknya cara memasak ikan salmon juga harus diperhatikan agar tidak mengandung minyak dan rempah-rempah.

12. Produk Minyak Nabati

Kemudian sebaiknya penderita asam urat juga mulai mengonsumsi produk minyak nabati. Biasanya jenis produk minyak ini digunakan untuk memasak atau memberi toping. Beberapa minyak nabati seperti misalnya minyak canola, minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak biji rami.

Ternyata banyak sekali anjuran makanan untuk penderita asam urat paling menyehatkan. Jadi sebaiknya penderita asam urat tidak salah dalam memilih makanan agar selalu sehat.

, ,



Oleh :