Sponsors Link

Apa Hubungan Asam Urat dengan Kulit dan Sendi?

Sponsors Link

Hampir semua penyakit dalam tubuh manusia berhubungan dengan organ tubuh lainnya. Ada yang langsung mempengaruhi kesehatan organ tubuh lain, ada juga yang tidak. Tetapi, tidak ada salahnya jika Anda tetap menjaga terus kesehatan dan kebugaran tubuh sebelum berbagai penyakit menyerang, bahkan bersarang. Salah satu penyakit yang sering menyerang adalah asam urat.

ads

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Jika dilihat frasanya asam urat yang merupakan terjemahan langsung dari bahasa inggris yaitu uric acid. Orang awam sering menafsirkan  bahwa asam urat itu sakit yang menyerang otot karena ada frasa urat, padahal persendian yang mengalami peradangan jika kadar asam urat meninggi.

Kadar asam urat yang meninggi itu disebabkan karena banyak faktor, salah satu faktor utamanya adalah karena pola makan yang kurang sehat dengan sering mengonsumsi makanan yang  mengandung purin tinggi. Gejala asam urat adalah sakit di persendian yang disertai bengkak dan kemerahan di daerah kaki terutama jempol. Namun, ada juga yang tidak merasakan sakit apapun saat kadar asam urat meninggi.

Asam urat sangat berkaitan erat dengan sendi, karena organ tersebut yang diserang rasa sakit itu. Zat purin yang menumpuk di daerah persendian kemudian mengkristal dan tidak bisa dikeluarkan melalui urine menjadi penyebab peradangan yang disertai bengkak dan kemerahan. Jika tidak segera diobati, penyakit tersebut akan mempengaruhi organ tubuh lain.

Sendi yang sehat sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika persendian sakit akibat penyakit asam urat, maka aktivitas Anda akan terganggu. Sendi yang sedang mengalami peradangan akibat asam urat akan menyulitkan bergerak, hal itu bisa terjadi dalam jangka waktu sebentar atau beberapa hari. Jika mulai terasa sakit segera minum obat dan rutin berkonsultasi dengan dokter.

Bagi yang sering mengalami sakit di persendian atau pegal linu sebaiknya tidak minum obat sembarangan sebelum memeriksakan diri ke dokter. Karena tidak semua sakit di persendian akibat kadar asam urat yang tinggi. Ada baiknya sekali-sekali Anda melakukan general check up untuk mengetahui kesehatan organ tubuh. Apalagi jika usia sudah melewati 35 tahun dan mulai sering terasa ada gangguan kesehatan yang berulang. Penyakit asam urat saat ini tidak hanya menyerang usia manula, anak muda usia tiga puluhan pun mulai banyak yang terserang penyakit tersebut. Hal itu disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, diantaranya:

  1. Sering tidur larut malam, sehingga lama-lama bisa menyebabkan insomnia
  2. Merokok
  3. Minum-minuman beralkohol
  4. Sering mengonsumsi obat penenang atau obat tidur
  5. Kurang asupan serat dan air putih
  6. Sering mengonsumsi junk food atau makanan instan
  7. Kurang olahraga
  8. Stress
  9. Obesitas, dan lain sebagainya.

Apakah setiap sakit di persendian penyebabnya karena asam urat? Tentu saja tidak. Untuk memastikannya Anda harus berkonsultasi dengan dokter dan melakukan tes darah di laboratorium sesuai anjuran dokter. Rasa sakit tersebut tidak hanya menyerang salah satu persendian, bisa juga di beberapa bagian sendi. Itu sebabnya jika sudah terindikasi penyakit tersebut segera diet purin. Apa saja yang harus dilakukan agar penyakit tersebut tidak mudah kambuh atau hilang sama sekali?

  1. Diet Purin

Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung purin, mulailah rutin mengonsumsi makanan sehat. Disiplin dalam diet purin jika tidak disertai tekad yang kuat sering membuat Anda lupa. Jika mulai tergoda dengan makanan berpurin tinggi, sebaiknya ingatlah saat rasa sakit menyerang. Dengan mengingat hal tersebut, godaan dari makanan tersebut lama-lama akan hilang. Tanamkan pula bahwa makanan berpurin tinggi tidak selalu nikmat di lidah. Sebaliknya tanamkan dalam pikiran bahwa makanan dengan sumber purin rendah adalah yang paling sehat Anda konsumsi.

  1. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih jauh lebih baik daripada air yang mengandung rasa manis. Terapi air putih sangat dianjurkan, yaitu minum air putih sebanyak dua liter per hari, akan membantu tubuh Anda mengeluarkan racun-racun yang membahayakan kesehatan tubuh. Termasuk membantu mengeluarkan zat purin yang berlebih agar tidak menumpuk di dalam persendian.

  1. Hindari Stress

Tuntutan kerja yang tinggi, persaingan hidup yang semakin keras membuat kita stress menghadapinya. Banyak orang berusaha menghindari stress dengan cara yang salah, seperti: merokok, bergaul hingga larut malam, atau mengonsumsi obat penenang. Cara menghindari stress yang mudah adalah dengan melakukan olahraga dan lebih mendekatkan pada Tuhan. Jika rohani tenang maka jasmani pun tentram. Olahraga adalah salah satu cara menyibukkan diri yang menyehatkan. Lakukanlah olahraga yang disukai agar tubuh lebih bugar dan pikiran lebih jernih dalam menghadapi tekanan hidup yang menghampiri. Selain itu, dengan berolahraga menyebabkan kita banyak mengonsumsi air putih karena banyaknya keringat yang dikeluarkan.

Banyak cara untuk menyehatkan tubuh, tidak hanya agar terhindar dari penyakit asam urat tetapi juga penyakit lainnya. Salah satunya adalah penyakit kulit. Apakah asam urat ada hubungannya dengan gangguan kesehatan kulit? Pada beberapa kasus saat asam urat meninggi terasa gatal di bagian tubuh yang terjadi peradangan. Selain gatal juga terjadinya pengelupasan di kulit. Gangguan kulit lainnya adalah timbul kemerahan seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi. Biasanya menyerang kaki terutama bagian jempol, tidak menutup kemungkinan menyerang daerah sendi lainnya.

Untuk menjaga agar tidak berlanjut menjadi penyakit kulit lain yang mengganggu, sebaiknya hindari makanan berikut, selain sumber purin tinggi juga bisa menyebabkan alergi:

  1. Jeroan sapi dan kambing
  2. Berbagai jenis Seafood: udang, cumi-cumi, kerang, kepiting.
  3. Daging sapi beserta olahannya, seperti abon dan dendeng
  4. Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden)
  5. Kacang-kacangan
  6. Sayuran tertentu untuk penderita sama urat: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
  7. Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kesehatan akan terasa begitu mahal jika organ tubuh kita mulai terserang penyakit. Oleh sebab itu menerapkan pola hidup sehat jauh lebih menyehatkan tubuh dan kantong.

, ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan