Sponsors Link

Apakah Air Kelapa Menyebabkan Asam Urat?

Sponsors Link

Air kelapa adalah salah satu minuman yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia, selain memiliki kesegaran dan juga manis saat akan meminumnya, nyatanya air kelapa juga memberikan manfaat cukup banyak. Pada umumnya air kelapa sangat dikenal karena dapat mengatasi dehidrasi. Lalu bagaimana jika seseorang yang memiliki penyakit asam urat mengkonsumsi kelapa? Apakah air kelapa menyebabkan Asam Urat? Tentu saja rasa khawatir akan muncul mengingat ada beberapa minuman penyebab asam urat yang menjadi larangan bagi penderita asam urat. Sebelum membahas mengenai pengaruh air kelapa untuk asam urat, sebaiknya Anda mengetahui  beberapa kandungan yang terdapat dalam air kelapa.

ads

Berikut adalah kandungan yang terdapat pada 240 gram buah kelapa:

  1. 46 kalori
  2. 2 gram protein
  3. 6 gram gula
  4. 253 mg sodium
  5. 9 gram karbohidrat
  6. 3 gram serat

Kandungan mineral yang ada pada buah kelapa:

  1. fosfor
  2. zat besi
  3. zinc
  4. potasium 600 mg
  5. magnesium
  6. kalsium
  7. mangan
  8. selenium
  9. folat
  10. asam pantotenat
  11. kolin
  12. betaine
  13. tembaga

Kandungan vitamin yang terdapat pada buah kelapa:

  1. Vitamin A
  2. B6
  3. B12
  4. Vitamin E
  5. Vitamin K
  6. thiamin
  7. riboflavin
  8. niacin
  9. Vitamin C
  10. Vitamin D

Air Kelapa Untuk Asam Urat

Melihat dari kandungan diatas, Anda sudah bisa melihat dan menilai bahwa air kelapa akan cukup baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Manfaat yang bisa didapatkan adalah bisa memperbaiki fungsi ginjal.

Tahukah Anda? Bahwa asam urat juga sangat erat kaitan nya dengan organ ginjal. Karena saat asam urat mempengaruhi pada penurunan fungsi ginjal, maka sistem ekresi manusia akan terganggu begitu pun dengan pengeluaran purin dalam tubuh akan sangat terhambat. Purin adalah pemicu asam urat yang paling utama, penumpukan nya akan menjadi sangat berbahaya untuk kesehatan. Peradangan akibat penumpukan purin kerap kali dirasakan sebagai salah satu tanda-tanda asam urat yang cukup mengganggu. Jika ion elektrolit dalam tubuh meningkat dan juga menjaga hidrasi tubuh serta asupan potassium yang merupakan salah satu zat diuretic maka Anda bisa membuat tubuh terus mencuci dan membersihkan kandungan asam urat yang ada di dalam darah melalui ginjal kemudian akan dikeluarkan melalui urin. Zat diuretic merupakan zat yang akan mendorong tubuh untuk bisa buang air kecil tanpa ada gangguan.

Permasalahan pada ginjal akibat batu ginjal asam urat juga akan semakin menurun karena air kelapa bisa melarutkan batu ginjal asam urat disebabkan kandungan kalium yang memiliki peran kunci untuk proses alkali urin serta mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal asam urat.

Sponsors Link

Selain bisa mengatasi permasalahan pada ginjal. Air kelapa juga sangat efektif menurunkan berat badan yang merupakan salah satu penyebab asam urat menjadi tinggi. Air kelapa adalah minuman yang tidak memiliki kandungan kimia sehingga berperan sangat alami untuk menurunkan berat badan. Air kelapa sudah digunakan sejak lama dan diseluruh dunia untuk melakukan diet dengan hasil yang cukup positif. Saat Anda minum air kelapa, Anda akan merasa kenyang dan perut akan terasa sangat penuh dan Anda bisa menunda rasa lapar dalam waktu yang cukup lama.

Tips Konsumsi Air Kelapa

Jelas sekali manfaat air kelapa bisa meningkatkan kesehatan. Agar air kelapa efektif mengatasi asam urat dan baik untuk kesehatan sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Anda bisa mengkonsumsi air kelapa 1 sampai 2 gelas pada pagi hari atau siang hari (untuk orang dewasa).
  • Sebaiknya Anda jangan memberikan anak bayi atau balita air kelapa terlalu banyak.
  • Jangan konsumsi air kelapa pada malam hari sebelum Anda akan tidur, karena cairan air kelapa sangat mudah diserap oleh tubuh dan dikhawatirkan bisa mengakibatkan terjadinya penimbunan glukosa.
  • Air kelapa mempunyai kandungan kalori sehingga ada baiknya Anda tidak konsumsi air kelapa setiap hari dengan berlebihan.
  • Dengan minum banyak air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari ditambah dengan 2 gelas air kelapa pada pagi hari setelah Anda makan malam maka akan menambah asupan potassium yang ada dalam tubuh.

Itulah manfaat kelapa dan tips konsumsi air kelapa untuk asam urat. Sehingga jika muncul pertanyaan “Apakah air kelapa menyebabkan asam urat?” tentu saja tidak. Air kelapa justru menjadi obat herbal untuk asam urat. Penurunan asam urat dengan air kepala bisa bekerja dengan efekti, sehingga Anda bisa memanfaatkan konsumsi air kelapa dengan rutin.

, , ,