Sponsors Link

Apakah Asam Urat Bisa Menyebabkan Kematian?

Sponsors Link

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh zat purin dalam tubuh. Pada dasarnya zat purin tidak berbahaya asalkan kadarnya masih dalam batas yang normal. Namun pengaruh dari asupan makanan dan minuman penyebab asam urat yang memiliki kandungan purin cukup tinggi lah yang menjadi pemicu asam urat semakit meningkat. Purin yang tersimpan melebihi kadar normal seharusnya bisa dikeluarkan oleh ginjal, namun dalam kondisi ini ginjal juga sudah mengalami penurunan fungsi karena penumpukan purin yang terlalu tinggi.

ads

Tahun 2015 lalu ada pemberitaan bahwa seorang anak dinyatakan meninggal karena asam urat. Apakah benar asam urat bisa menyebabkan kematian? Berikut adalah penjelasannya.

Pemicu Kematian Pada Asam Urat

Benarkah asam urat menyebabkan kematian? Hal ini tentunya sangat penting untuk dijawab, apa lagi untuk Anda yang memiliki asam urat tinggi. Menurut penelitian medis nyatanya asam urat tinggi tidak menyebabkan kematian sekali. Namun secara tidak langsung, komplikasi penyakit yang disebabkan asam urat lah yang akan menyebabkan kematian. Berikut adalah beberapa komplikasi penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada penderita asam urat:

  • Jantung koroner

Jantung koroner adalah penyakit yang diakibat oleh adanya penyumbatan secara parsial yang terjadi pada aliran darah yang akan menuju jantung. Penderita asam urat yang mempunyai kadar asam urat sangat tinggi akan mempunyai peluang tinggi untuk terserang jantung koroner dan resiko nya 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak punya asam urat. Penumpukan asam urat yang ada pada pembuluh darah bisa berdampak pada kesulitan jantung saat akan memompa darah ke seluruh jaringan dan juga organ yang ada dalam tubuh.  Oleh karena itu jantung akan berdetak semakin cepat dan semakin keras karena melakukan aktivitas kerja yang terlalu berat. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama maka akan mengakibatkan timbulnya penyakit jantung koroner karena kelelahan yang terjadi pada arteri koronia jantung. Arteri koronia jantung adalah bagian yang akan membawa makan untuk jantung. Inilah yang akan menyebabkan kematian pada penderita asam urat. Untuk mengatasi penyakit jantung Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan sehat, olahraga dengan teratur, mengurangi kondisi stres dan juga berhenti merorok, mengkonsumsi obat medis asam urat.

  • Gagal ginjal

Komplikasi penyakit asam urat selanjutnya yang bisa mengakibatkan kematian adalah gagal ginjal. Asam urat tinggi akan memicu seseorang mengalami masalah pada ginjalnya. Selain akan terbentuk batu ginjal asam urat juga akan mengakibatkan terjadinya gagal ginjal. Hal ini disebabkan karena asam urat yang terlalu tinggi akan memicu kerusakan pada ginjal. Gagal ginjal karena penyakit asam urat disebabkan adanya penumpukan dan juga endapan asam urat pada ginjal atau batu ginjal. Sehingga jika kondisi ini terus berlangsung maka akan mempengaruhi pada fungsi ginjal yanf semakin melemah. Ginjal adalag salurang pembuangan purin yang paling utama sehingga jika mengalami kerusakan maka asam urat juga akan semakin parah dan akan memicu terjadinta kematian

Mencegah Asam Urat Agar Tidak Berujung Kematian

Diatas sudah dijelaskan bahwa asam urat menyebabkan kematian karena adanya komplikasi penyakit tertentu. Lalu bagaimana cara mencegah asam urat agar tidak menyebabkan kematian?

  • Menurunkan kadar purin dalam tubuh

Tentu saja hal yang paling utama harus Anda lakukan adalah dengan mengurangi kadar purin agar tidak memicu komplikasi yang lebih parah. Anda sebaiknya menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda bisa coba melakukan diet rendah purin untuk jangka waktu tertentu, Anda bisa mengatur menu harian dan menjauhi makanan dengan kandungan purin tinggi. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen penurun asam urat yang tersedia di apotek. Atau jika Anda sudah berkonsultasi pada dokter biasa nya Anda akan diberikan obat medis asam urat seperti Allupurinol untuk pencegahan kenaikan asam urat.

Sponsors Link

  • Minum air minimal 2 liter sehari

Untuk meningkatkan fungsi ginjal menjadi lebih baik lagi sebaiknya Anda membiasakan diri untuk konsumsi air minimal 2 liter per hari. Anda bisa membaginya menjadi beberapa waktu, misalnya saat bangun tidur Anda konsumsi 2 gelas, dan seterusnya. Air akan membantu membersihkan dan meningkatkan kembali fungsi ginjal.

  • Hindari makanan berlemak dan kolesterol

Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol sehingga akan menyebabkan kegemukan dan memicu lebih tinggi kenaikan asam urat dan juga komplikasi penyakit jantung kororner. Selain itu untuk penderira jantung koroner yang disebabkan karena asam urat juga biasanya akan diberikan obat untuk mengencerkan darah sehingga tidak terjadi penggumpalan.

Bisa disimpulkan bahwa jika muncul pertanyaan “Apakah asam urat bisa menyebabkan kematian?” Jawabannya adalah bisa, namun tidak secara langsung, melainkan karena komplikasi penyakit yang disebabkan oleh asam urat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab