Sponsors Link

Apakah Asam Urat Bisa Menyerang Leher dan Kepala?

Sponsors Link

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang jumlah penderitanya terus meningkat di Indonesia. Hal ini didasari oleh sikap acuh masyarakat dalam mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan, tepatnya makanan yang mengandung zat purin seperti ikan hasil laut, jeroan, daging merah, minuman kaya pemanis buatan, ikan, dan lain-lain. Zat purin yang tidak melebihi batas normal sangat bermanfaat bagi tubuh namun jika berlebihan akan tidak mampu dibuang setelah proses metabolisme sehingga menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan zat sisa metabolisme ini akan bertambah banyak menjadi kristal asam urat.

ads

Organ tubuh yang menjadi lokasi penumpukan kristal asam urat antara lain jari-jari kaki, pergelangan kaki, tangan, siku, hingga lutut. Organ tubuh seperti ini memiliki jenis persendian yang menghubungkan antar tulang sehingga menjadi tumpuan gerakan yang biasa dilakukan. Asam urat yang menimbulkan gejala secara jelas seperti pembengkakan atau peradangan hingga perubahan warna kulit di sekitar tubuh tentu menurunkan kepercayaan diri dan menghambat kelancaran aktivitas.

Sama halnya dengan gejala sakit kepala atau leher yang sering menyerang penderita asam urat. Namun, apakah asam urat dalam artian sesungguhnya yakni penumpukan kristal asam urat mungkin terjadi pada organ lain seperti kepala dan leher?

Asam Urat Pada Leher

Pada umumnya, banyak anggapan masyarakat yang merasakan leher sakit berasal dari kesalahan sepele seperti posisi tidur, posisi duduk, atau kebiasaan yang salah selama menggunakan komputer. Hal ini memang benar adanya, tetapi masih banyak orang yang belum tahu bahwa sakit pada leher dapat disebabkan karena asam urat. Namun, asam urat di leher sangat jarang dialami.

Pada leher, selain karena terlalu sering mengonsumsi makanan kaya zat purin, asam urat dapat disebabkan oleh hal-hal yang lebih khusus daripada pada organ lainnya seperti penumpukan lemak dari penderita obesitas. Lemak yang menumpuk bersama purin akan memperparah aliran purin karena tersumbat oleh lemak. Hal ini memungkinkan purin untuk mengalir menuju bagian tubuh tertentu, seperti leher. Daripada mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh, sebaiknya Anda memilih vitamin C yang bagus untuk asam urat karena mudah ditemukan pada berbagai makanan olahan dan hidangan pencuci mulut, seperti permen, jus, puding, maupun irisan buah segar.

Asam urat di leher memiliki berbagai gejala yang mirip dengan asam urat pada organ tubuh lain seperti ketidaknyamanan pada leher seolah terlalu lelah, leher terasa lebih kaku, dan mengalami nyeri yang luar biasa. Munculnya gejala ini akan memaksa Anda untuk berbaring dengan kesulitan untuk menggerakkan leher. Hal ini jelas mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan untuk istirahat tidur karena nyeri yang terus datang berulang.

Untuk meredakan rasa nyeri, Anda dapat menggunakan obat oles untuk asam urat yang juga praktis dibawa kemana-mana, termasuk bekerja dan menghadiri acara tertentu. Untuk aturan makanan, penderita juga hanya terbatas mengonsumsi pilihan makanan penderita asam urat yang agak mudah ditemukan namun varian rasa dan olahannya tidak banyak.

Sponsors Link

Asam Urat Pada Kepala

Penyakit asam urat yang menyebabkan sakit kepala sering diartikan bahwa asam urat tersebut menumpuk di kepala. Nyatanya, hal ini adalah kesalahan sebab sakit kepala disebabkan oleh berbagai hal lain. Sebelum mendiagnosis asam urat, Anda dapat memeriksa kadar asam urat dimana jumlah normalnya ialah berkisar 2.4-6.0 mg/dL (wanita) dan 3.4-7.0 mg/dL (pria). Jika Anda memiliki asam urat tinggi, maka sangat mungkin mengalami sakit kepala namun penyebabnya bukan dari tumpukan asam urat itu sendiri. Untuk mengobati sakit nyeri pada kepala, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang sering dijumpai di pasaran seperti ibuprofen.

Penyebab penderita asam urat yang mengalami rasa sakit di kepala ada beragam, seperti stress akibat asam urat semakin meninggi, stress akibat larangan untuk mengonsumsi makanan dan minuman favorit yang mengandung purin tinggi, seperti kacang pinto untuk asam urat, hingga sakit kepala sebagai efek berkelanjutan dari kristal asam urat yang menumpuk pada organ-organ lain. Kasus asam urat pada kepala sangat tidak biasa terjadi, namun pernah dilaporkan oleh suatu jurnal bahwa ada kasus asam urat yang menumpuk pada tulang mandibula yang terletak di rahang bawah sebagai bagian dari kepala.

Meskipun kasus asam urat pada leher dan kepala sangat jarang, namun hal ini mungkin saja terjadi. Di masa depan, variasi makanan, kebutuhan, dan teknologi akan lebih beragam sehingga mungkin untuk memunculkan penyakit baru maupun tindakan pengobatannya. Tindakan pencegahan yang tepat dan sebaiknya dilakukan ialah menjaga pola hidup sehat seperti berolahraga secara teratur, menjauhi alkohol dan narkoba, mengonsumsi makanan yang sehat, dan tetap beristirahat dengan cukup.

, ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan