Sponsors Link

Apakah Asam Urat Penyakit Keturunan?

Sponsors Link

Asam urat merupakan hasil dari penguraian zat purin. Asam urat bisa menumpuk di persendian jika kadar asam urat dalam darah terlalu banyak. Biasanya, efek dari hal tersebut adalah terbentuklah kristal di bagian persendian dan akan menimbulkan bengkak, radang, dan rasa yang amat sangat menyakitkan.

ads

Asam urat yang berlebih bisa disebabkan karena konsumsi makanan yang mengandung banyak zat purin. Selain karna hal tersebut, asam urat yang menumpuk juga bisa disebabkan karena konsumsi alkohol. Sebab jika kita mengkonsumsi alkohol, pembuangan asam urat lewat urin akan berkurang. Sehingga asam urat tersebut akan tetap berada di peredaran darah dan akan menumpuk di persendian, tentu saja hal tersebut bisa mengakibatkan penyakit asam urat.

Setiap kita selesai makan, purin yang ada di dalam makanan akan ikut masuk ke dalam tubuh kita, kemudian hati akan memecahnya menjadi asam urat. Lalu, asam urat tersebut akan diatur oleh ginjal agar tidak terjadi penumpukan dan kemudian akan dikeluarkan lagi dari dalam tubuh dalam bentuk urin dan feses.

Sebenarnya, makhluk hidup sudah mempunyai purin di dalam tubuh manusia. Manusia hanya perlu zat purin sekitar 15% saja dari makanan, karena tubuh manusia sudah menyediakan 85% zat purin yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga jika manusia mengkonsumsi berlebihan makanan yang mengandung zat purin, mereka akan sangat rentan terkena penyakit asam urat.

Jika Anda telah terserang penyakit asam urat, sebaiknya langsung ditangani. Sebab, jika penyakit asam urat tidak langsung ditangani dengan baik, serangan rasa sakitnya akan sering terjadi, dan bahkan penyakit tersebut bisa merusak sendi secara permanen.

Apakah Asam Urat Penyakit Keturunan?

Berikut adalah faktor yang menimbulkan penyakit asam urat :

  • Faktor usia, gender, dan gen

Faktor risiko utama dari penyakit asam urat adalah usia, gender, dan gen. Menurut beberapa pakar, 50% penderita penyakit asam urat memiliki faktor gen turun temurun dari keluarga. Selain itu, penyakit asam urat juga lebih sering menyerang pria, khususnya yang berusia 40 – 50 tahun. Pria juga memiliki risiko terkena penyakit asam urat 4 kali lebih besar dibanding wanita.

  • Obesitas dan pola makan

Pengaturan pola makan memang sangat dibutuhkan, terutama pengaturan pola makan terhadap makanan yang mengandung purin tinggi, seperti beberapa jenis ikan, ragi, dan berbagai jenis daging merah. Selain itu, obesitas juga bisa menjadi penyebab penyakit asam urat.

  • Masalah kesehatan

Menurut beberapa sumber, penyakit asam urat juga bisa disebabkan karena masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi yang tidak diobati, kondisi diabetes, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, dan penyempitan arteri.

Yang Harus Diperhatikan Untuk Mengurangi Kekambuhan Jika Sudah Terkena Asam Urat

  1. Penderita penyakit asam urat harus paling tidak menjaga berat badan karena penyakit asam urat merupakan salah satu gangguan metabolisme.
  2. Jika minum minuman beralkohol berlebihan. Lakukanlah pembatasan pada minuman beralhohol, atau akan lebih baik lagi jika tidak usah mengkonsumsi minuman beralkohol sama sekali.
  3. Banyak minum air mineral

Apakah Penyakit Asam Urat Susah Disembuhkan?

Penyakit asam urat sendiri bisa disembuhkan. Namun, jika penyakit asam urat Anda sudah susah disembuhkan, tentu saja ada penyebabnya. Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena kadar asam urat dalam darah tetap tinggi dan sulit untuk diturunkan, sehingga penyakit asam urat Anda susah untuk disembuhkan. Jika Anda merasa sudah diet purin tapi tetap saja kadar asam urat tidak turun, sebaiknya Anda langsung diperiksa dokter saja. Sebab, bisa saja fungsi ginjal Anda yang mengalami gangguan, sehingga gangguan tersebut akan mengganggu proses pengeluaran asam urat dari dalam tubuh mejadi urin dan feses.

Bagaimana Cara Untuk Mencegah Penyakit Asam Urat?

Pencegahan penyakit asam urat sebenarnya berasal dari diri kita sendiri. Sebab memang kita lah yang mengatur semuanya. Karena, tentu saja semua yang berlebihan pasti akan ada konsekuensinya. Begitu juga dengan penyakit asam urat. Jika kita mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung zat purin tinggi, sudah pasti akan ada konsekuensinya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah penyakit asam urat :

  1. Mengkonsumsi sayuran dan buah yang banyak mengandung air, contohnya semangka, melon, belimbing, nanas, jambu air, dan buah-buahan lain, karena buah yang mengandung banyak air akan sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung sedikit purin.
  2. Mengkonsumsi air mineral 2 sampai 3 liter per hari, karena dengan kita meminum air mineral yang cukup setiap hari, bisa membantu pengeluaran asam urat sehingga dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.
  3. Batasi konsumsi makanan tinggi purin.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab