Sponsors Link

Apakah Durian Menyebabkan Asam Urat Tinggi? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Meningkatnya budaya konsumtif disertai pola hidup yang kurang sehat pada masyarakat salah satunya dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan seperti asam urat, kolesterol, diabetes dan lain sebagainya. Di mana bahaya asam urat dan kolesterol maupun penyakit lainnya tidak bisa dianggap remeh, apalagi jika tertumpuk secara terus menerus tanpa dilakukan pengananan.

ads

Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai penyakit asam urat, yang mana kondisi ini dapat mempengaruhi munculnya gangguan pada persendian tulang. Penanganan paling mudah untuk penderita asam urat adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Salah satu makanan yang dipercaya dapat memperparah asam urat dan harus dihindari adalah buah durian. Apakah durian menyebabkan asam urat? Simak penjelasannya berikut ini.

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena adanya penumpukan zat purin yang berasal dari sisa metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Kenaikan zat purin ini dapat mengganggu aliran darah yang mana dapat mengubah asam urat menjadi kristal asam urat. Sehingga akibat asam urat meningkat drastis di dalam tubuh paling umum adalah dapat menyebabkan penumpukan kristal asam urat di persendian, yang mana akan membuat persendian nyeri yang amat sangat jika dibiarkan saja.

Di samping buah durian memiliki kandungan vitamin, asam folat dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan, buah durian juga menjadi salah satu makanan yang mengandung zat purin. Yang mana jika buah durian dikonsumsi akan menyebabkan peningkatan kadar zat purin dalam tubuh, sehingga penyakit asam urat akan semakin parah dan tidak terkendali.

Kandungan zat purin inilah yang menjadi penyebab utama buah durian menjadi salah satu buah penyebab asam urat tinggi yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Apalagi jika buah durian jika dikonsumsi secara berlebihan, tidak hanya menyebabkan gangguan persendian akibat penumpukan kristal asam urat tapi juga dapat mengakibatkan komplikasi. Buah durian dapat meningkatkan kadar kolesterol, gula darah dan lainnya. Jadi apakah durian menyebabkan asam urat atau tidak, adalah karena secara tidak langsung zat purin dalam durian dapat meningkatkan produksi asam urat di dalam tubuh.

Setelah mengetahui kandungan durian yang dapat pemicu asam urat tinggi semakin parah, berikut ini merupakan beberapa penjelasan mengenai efek samping buah durian terhadap penderita asam urat lebih lanjut, yaitu:

  • Menghambat aliran pembuluh darah yang mana dapat berpengaruh pada gangguan organ ginjal, di mana ginjal merupakan organ yang bertugas mengeluarkan zat purin dari dalam tubuh melalui urin. Hal ini tentunya akan menyebabkan rusaknya fungsi ginjal dan mengakibatkan zat purin tidak bisa dikeluarkan dan menumpuk dalam tubuh.
  • Menjadi salah satu makanan penyebab asam urat tinggi yang wajib dihindari, secara tidak langsung mengkonsumsi buah durian secara berlebihan juga akan memperparah nyeri sendi yang dialami oleh penderita asam urat.
  • Terhambatnya aliran darah dalam tubuh juga akan menyebabkan gangguan tekanan darah tinggi atau hipertensi pada penderita, yang nantinya bisa mengarah ke jenis penyakit yang lebih serius seperti jantung atau stroke.
  • Jika asam urat yang tinggi ikut menumpuk pada organ ginjal, dapat memicu pembentukan batu ginjal. Di mana jika batu ginjal semakin membesar akan mengakibatkan ginjal membengkak dan dapat memunculkan resiko kelainan pada organ ginjal.
  • Di samping dapat menjadi penyebab asam urat sering kambuh dan kadarnya meningkat, bisa memicu penderita asam urat terserang penyakit lain seperti diabetes atau kolesterol karena di dalam buah durian juga tinggi akan kandungan gula dan kolesterol jahat.
  • Semakin menumpuknya kristal asam urat pada sendi dan tulang, jika tidak segera dilakukan penanganan maupun pengobatan bisa menyebabkan masalah tulang yang lebih serius bahkan dapat mengakibatkan kelumpuhan dan berakibat fatal.

Beberapa efek samping di atas tentunya akan terjadi jika buah durian dimakan secara berlebihan tanpa aturan. Sebaiknya buah durian dihindari jauh-jauh atau konsumsi sedikit saja agar tidak menyebabkan berbagai komplikasi di atas. Setelah mengetahui tentang efek makan durian bagi penderita asam urat di atas, sebaiknya mengkonsumsi makanan atau minuman lain yang lebih aman atau tidak mengandung zat purin dan bisa membantu menurunkan kadar asam urat.

Misalnya saja dengan mengkonsumsi buah nanas, buah alpukat, buah pisang, buah jeruk dan buah strawberry yang lebih bermanfaat untuk asam urat. Pastikan juga selalu mengecek kadar asam urat secara teratur dan rutin, untuk menghindari dan mencegah kondisi yang lebih buruk akibat asam urat yang tinggi. Demikian penjelasan mengenai apakah durian menyebabkan asam urat atau tidak. Semoga bermanfaat.

, ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan