Sponsors Link

Apakah Kopi dapat Menyebabkan Asam Urat Tinggi?

Sponsors Link

Asam urat atau gout merupakan salah satu penyakit yang muncul akibat dari tingginya kadar zat purin dalam tubuh. Sebagaimana kita ketahui, penderita asam urat disarankan untuk menjaga asupan gizi yang masuk dalam tubuh kita dan menghindari mengkonsumsi makanan maupun minuman penyebab asam urat salah satunya adalah kopi.

ads

Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak digemari oleh masyarakat, bahkan saat ini banyak didirikan warung-warung kopi karena banyaknya penikmat kopi terutama dikalangan remaja. Namun, tahukah anda bahwa selain memiliki rasa yang nikmat, minum kopi tak baik untuk kesehatan terutama untuk Anda yang saat ini menderita asam urat sehingga timbul beberapa pertanyaan-pertanyaan mengenai apakah kopi dapat menyebabkan asam urat? dan bolehkah penderita asam urat minum kopi?

Kopi memang kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun bagi penderita asam urat tidak diperbolehkan mengkonsumsi kopi karena kopi mengandung kafein yang menjadi pemicu asam urat tinggi. Kandungan kafein yang ada dalam kopi berpengaruh pada zat purin dalam darah sehingga mengakibatkan meningkatnya kadar purin dalam tubuh apabila dikonsumsi secara rutin sehingga akan membuat kondisi asam urat semakin parah atau kronis. Berikut ini akan diulas  beberapa bahaya akibat mengkonsumsi kopi secara berlebihan untuk penderita asam urat:

1. Fungsi ginjal mengalami gangguan

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat mengganggu kinerja funsi ginjal sehingga ginjal tidak berfungsi dengan baik yang pada akhirnya memicu pengendapan asam urat di dalam ginjal. Kadar asam urat yang menumpuk dalam tubuh memicu terserangnya penyakit ginjal.

2. Lemak menumpuk secara berlebihan

Kadar lemak yang tinggi di dalam kafein bisa mengganggu proses pengeluaran kadar asam urat dalam tubuh. Hal itu mengakibatkan penumpukan zat asam urat di sekitar persendian dan menyebabkan  rasa nyeri, pembengkakan, dan kemerahan menjadi semakin parah.

3. Rusaknya persendian dan jaringan tulang rawan

Kafein pada kopi apabila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan rusaknya persendian dan jaringan tulang rawan . Hal ini tentu akan menyebabkan penyakit asam urat menjadi semakin parah dan juga dapat bisa memicu timbulnya benjolan di sekitar persendian yang tentu akan mengganggu pergerakan penderita asam urat.

4. Terjadinya Peradangan sendi

Kafein pada kopi yang berlebihan juga akan menyebabkan terjadinya pembengkakan atau peradangan dalam sendi dalam tubuh yang ditandai  benjolan yang ada di sekitar sendi. Keadaan ini biasanya terjadi pada penderita asam urat kronis.

5. Terjadinya Penyempitan pada pembuluh darah

Kafein dalam kopi juga dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. Kandungan kafein di dalam kopi juga bisa membuat purin berubah menjadi kristal tajam yang menghambat laju jalan darah menuju pembuluh darah sehingga memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini tentu berbahaya bagi tekanan darahnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, sebenarnya mengkonsumsi kopi itu diperbolehkan terutama bagi seseorang yang memiliki penyakit asam urat karena kopi dapat menurunkan kadar asam urat dan kopi mungkin juga dapat mencegah terjadinya asam urat pada orang yang belum memiliki penyakit ini.

Sponsors Link

Namun, perlu diingat, konsumsi sesuai jumlah atau takaran yang wajar atau tidak berlebihan. Akan tetapi, permasalahan yang sebenarnya mengeni kopi terletak pada kandungan kafein yang ada dalam kopi. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengkonsumsi kopi yang benar agar tidak berbahaya bagi penderita asam urat. Berikut ini akan diulas beberapa cara mengkonsumsi kopi yang benar:

Cara mengkonsumsi kopi yang benar bagi penderita asam urat

  • Cobalah untuk mengkonsumsi kopi dengan tidak menambahkan gula dan krim susu tinggi lemak. Dan disarankan untuk menghindari sumber kafein yang tidak sehat.
  • Konsumsilah kopi minimal satu gelas perhari.
  • Disarankan untuk mengkonsumsi kopi hitam karena mengandung antioksidan dan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh
  • Untuk menurunkan tingginya kadar purin dalam tubuh, sebaiknya konsumsi kopi jenis arabika karena jenis kopi tersebut mengandung zat purin yang rendah

Nah, itulah ulasan mengenai kopi dapat menyebabkan asam urat yang wajib anda ketahui. Selain kopi, ada juga makanan penyebab asam urat yang wajib kalian hindari. Usahakan untuk tetap menjaga kadar asam urat normal dalam tubuh kalian. Hal itu berlaku bagi seseorang yang sudah memiliki penyakit asam urat maupun yang belum memilikinya.

Bagi seseorang yang belum memiliki penyakit asam urat, kalian wajib untuk menghindari ataupun mencegah timbulnya penyakit asam urat dalam tubuh yakni dengan tetap menjaga kesehatan dan disarankan untuk menghindari makanan ataupun minuman yang dipercaya menjadi penyebab timbulnya penyakit asam urat.

, ,