Sponsors Link

Apakah Nangka Bagus Untuk Asam Urat Tinggi Atau Malah Berbahaya?

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit dengan tipe kronis yang dapat terjadi sepanjang waktu ketika kondisi permasalahan kesehatan tersebut sudah terjadi. Mengingat penyakit asam urat tersebut sebagai salah satu penyakit yang dapat muncul dan kambuh kembali maka agar tidak muncul serangan asam urat yang dapat menyebabkan beberapa gejala atau ciri ciri penyakit asam urat tinggi tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan yang salah satunya adalah mengatur pola makan serta jenis jenis makanan yang dapat dikonsumsi.

ads

Meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh tentu dapat disebabkan oleh beberapa hal yang satu diantaranya adalah karena konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Purin yang terkandung di dalam makanan dan dikonsumsi tubuh maka dapat dimetabolisme menjadi asam urat. Dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung purin tersebut maka kadar asam urat di dalam darah akan meningkat dan ginjal tidak mampu secara langsung menekskresinya yang menyebabkan terjadinya penumpukan asam urat.

Penumpukan asam urat berbentuk kristal jarum tersebut menjadi salah satu hal yang perlu dihindari karena memicu terjadinya tanda tanda asam urat seperti nyeri dan pembengkakan. Selain makanan yang harus dihindari, beberapa jenis makanan tertentu terkadang dapat digunakan untuk membantu mengatasi penyakit asam urat baik menurunkan kadarnya maupun mengatasi gejala yang ada. Dalam artikel berikut ini, pakarasamurat.com akan menjelaskan mengenai jawaban atas pertanyaan apakah nangka bagus untuk asam urat atau tidak.

Buah nangka merupakan salah satu jenis buah dengan rasa khas yang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat nangka untuk tubuh tersebut diantaranya seperti dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

  • Kaya nutrisi untuk melawan sel kanker

Kandungan isoflavon, fitonutrien, lignan, dan saponin di dalam buah nangka merupakan beberapa nutrisi yang dapat melawan sel sel jahat kanker sehingga mengurangi resiko terjadinya kanker di dalam tubuh. Kandungan nutrisi tersebut berkerja mencegah berkembangnya sel kanker dengan cara menangkal masuknya radikal bebas kedalam tubuh.

  • Pelindung sel DNA dari kerusakan

Selain berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang merupakan penyebab kanker, nangka juga dapat membantu melindungi kerusakan yang terjadi pada sel DNA. Getah dan serat yang dimiliki oleh buah nangka dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan tubuh.

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin yang tinggi pada buah nangka dapat digunakan sebagai salah satu buah yang mampu memiliki manfaat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah mengalami sakit.

Dibalik beberapa manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh diatas, buah nangka ternyata termasuk dalam buah pantangan asam urat yang sebaiknya dihindari oleh para penderita asam urat. Kandungan purin di dalam buah nangka dapat menyebabkan meningkatknya kadar asam urat di dalam darah sehingga menimbulkan gejala asam urat dan penumpukan asam urat di dalam sendi. Peningkatan kadar asam urat di dalam darah tersebut muncul karena purin yang terkandung di dalam nangka akan dimetabolisme menjadi asam urat sebagai produk metabolit akhir.

Menjawab pertanyaan apakah nangka bagus untuk asam urat ? sejauh ini sebaiknya dihindari dan memang tidak bagus untuk asam urat. Akan tetapi, meskipun nangka tidak bagus untuk asam urat, bagi penderita yang benar benar menginginkannya untuk dikonsumsi tetap dapat makan buah tersebut namun dalam jumlah yang sedikit dan sebaiknya pada saat kondisi asam urat dalam nilai atau kadar yang dibawah normal sehingga meskipun ada peningkatan masih tidak menimbulkan gejala nyeri.

Bukan hanya buah nangka yang memiliki kandungan rasa manis namun nangka muda yang biasanya dimasak menjadi sayur nangka juga sebaiknya dihindari bagi penderia asam urat karena termasuk buah penyebab asam urat. Sebagai penderita asam urat dan beberapa penyakit kronis lain seperti kolesterol dan diabetes selain melakukan upaya pengobatan menggunakan obat yang sudah diresepkan oleh dokter sesuai kondisi diagnosisnya, untuk membantu mengatasi kondisi asam urat dan mencegahnya agar tidak kembali kambuh maka juga harus diimbangi dengan pola makan yang baik.

Pengaturan pola makan yang baik bagi penderita penyakit asam urat terutama dalam hal pemilihan jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena efek buruknya terhadap penderita asam urat seperti buah nangka yang dijelaskan dalam jawaban apakah nangka bagus untuk asam urat. Selain menghindari beberapa makanan yang memiliki kandungan purin tinggi ataupun kandungan alkohol yang tinggi, penderita asam urat juga sebaiknya mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat digunakan sebagai pengobatan alami.

Beberapa buah yang baik untuk asam urat diantaranya seperti duku, buah bit untuk asam urat, buah zuriat, buah takoka, dan lain sebagainya. Buah yang disebutkan tersebut dapat membantu mengatasi penyakit asam urat baik untuk menurunkan kadar asam urat secara alami maupun mengatasi gejala yang muncul akibat peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh.

 

, , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan