Sponsors Link

Apakah Penderita Asam Urat Boleh Makan Tempe?

Sponsors Link

Tempe merupakan makan yang terbuat dari fermentasi yang berasal dari biji kedelai. Tempe memiliki beberapa kandungan seperti pangna, kalsium, zat besi dan juga vitamin B. Kandungan yang ada dalam tempe sangat bermanfaat untuk dan juga obat antibiotic agar bisa mengatasi adanya infeksi pada tubuh dan juga sebagai antioksidan sebagai pencegah adanya radikal bebas dalam tubuh.

ads

Sudah sangat umum diketahui bahwa seseorang yang memiliki penyakit asam urat akan sangat berpotensi mengalami kenaikan asam urat jika mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin tinggi seperti jeroan, daging merah dan seafood. Purin adalah salah satu zat yang akan menjadi pemicu asam urat naik dan membentuk kristal asam urat. Jika kristal asam urat sudah terbentuk maka akan terus disalurkan darah melalui sela-sela persendian dan mengendap. Jika dalam waktu lama tidak segera diatasi beberapa tanda-tanda asam urat akan mulai muncul, seperti:

  • Nyeri pada persendian

Nyeri pada persendian adalah salah satu tanda awal asam urat sudah mulai mengendap pada persendian dan penkristalan sudah mulai menyerang sendi hingga terasa sakit seperti ditusuk jarum.

  • Jempol kaki terasa nyeri

Gejala selanjutnya biasanya akan dirasakan pada bagian jempol, ini adalah bagian yang paling sering terserang asam urat. Penderita akan merasakan jempol kakinya sangat nyeri dan mengganggu.

  • Bagian sendi terasa seperti terbakar

Jika gejala semakin didiamkan makan akan terus berkembang menjadi sensasi terbakar dan sendi berwarna kemerahan. Ini disebabkan karena peradangan sudah mulai bertambah parah dan tidak segera diatasi saat mengalami gejala awal.

  • Sendi mulai mengalami pembengkakan

Semakin parah kondisi asam urat maka akan semakin parah gejala nya. Persendian yang terserang asam urat bisa menjadi bengkak. Pembengkakan tersebut biasanya diikuti dengan rasa nyeri dan kaku serta akan sangat sulit digerakkan. Gejala asam urat yang masih rendah biasanya hanya akan berselang dalam hitungan menit atau hari, namun jika kondisinya sudah semakin parah, rasa nyeri bisa menyerang dalam waktu lama bisa sampai masuk hitungan bulan atau tahun.

Lalu jika melihat pada gejala diatas, apakah penderita asam urat boleh makan tempe? Apakah tempe akan menyebabkan kenaikan purin dan juga menimbulkan gejala asam urat seperti diatas? Berikut adalah ulasannya.

Bolehkan Penderita Asam Urat Mengkonsumsi Tempe?

Kekhawatiran untuk mengkonsumsi makanan tertentu pasti akan sangat dirasakan oleh para penderita asam urat, apalagi jika penderita sedang melakukan diet rendah purin dan menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat maka ia akan mencari tahu apakah tempe baik untuk dijadikan menu diet atau tidak.

Apakah penderita asam urat boleh makan tempe? Jawabannya adalah boleh. Alasannya karena, selama proses fermentasi pembuatan tempe oleh kacang kedelai akan menghasilkan enzim peptidase dan protease yang mampu menguraikan protein menjadi asam amino. Jika kemudian asam amino semakin meningkat hingga 7,3%-12% maka hal tersebut akan membuat protei yang ada dalam tubuh lebih mudah untuk dicerna dan hasil metabolisme protein yaitu asam urat akan menurun.

Menurut penelitian jika sebagian kandungan purin yang ada dalam tubuh ternyata berubah menjadi senyawa lain maka konsumsi tempe oleh penderita asam urat tidak akan menjadi buruk dan tidak akan memperparah kondisinya, justru sebaliknya. Tempe akan mengubah protein menjadi zat lain yang akan lebih memberikan manfaat untuk tubuh. Sehingga tempe juga bisa masuk pada jenis makanan rendah purin.

Sponsors Link

Tips Mengkonsumsi Tempe Untuk Penderita Asam Urat

Untuk mengolah tempe menjadi menu untuk penderita asam urat, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jika ingin mengolah tempe dengan cara digoreng Anda bisa mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun agar kadar purin dalam tubuh tidak terganggu dengan lemak dari minyak.
  • Anda bisa menjadi tempe sebagai salah satu menu makanan untuk diet rendah purin.
  • Anda bisa menyertakan beberapa sayur untuk asam urat seperti brokoli untuk dicampurkan dengan masakan tempe.

Itulah pembahasan mengenai makanan hasil fermentasi kedelai yaitu tempe untuk penderita asam urat. Bisa disimpulkan bahwa tempe memiliki manfaat yang cukup baik jika dikonsumsi oleh penderita asam urat dan tidak akan membahayakan atau membuat kenaikan purin secara signifikan. Selain tempe beberapa makanan jenis sayur yang sangat baik jika Anda konsumsi saat sedang melakukan diet rendah purin seperti wortel, brokoli, lobak, jagung, sawi, labu kuning, pare, kubis, selada, seledri, dan juga paterseli.

, , ,