Sponsors Link

Apakah Petai Bisa Meningkatkan Asam Urat? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Penyakit asam urat menjadi salah satu penyakit kronis yang banyak diderita di masyarakat. Penyakit yang dulunya lebih banyak menyerang penderita yang sudah memiliki usia tua, belakangan ini banyak terjadi pada mereka yang juga masih dapat dikatakan berumur muda. Penyakit asam urat dapat terjadi ketika kadar asam urat di dalam tubuh meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan kadar asam urat normal yang seharusnya.

ads

Kadar asam urat yang normal tergantung dari jenis kelamin, untuk wanita tidak boleh lebih dari 6,0 mg/dl sedangkan untuk pria tidak boleh lebih dari 7,0 mg/dl. Tingginya kadar asam urat tersebut dapat memicu terjadinya berbagai macam gejala asam urat akibat adanya penumpukan kristal jarum asam urat di daerah persendian. Gejala atau tanda tanda asam urat tersebut diantaranya seperti nyeri yang cukup hebat pada persendian dan peradangan jika memang sudah cukup parah.

Penyakit asam urat banyak terjadi karena disebabkan oleh pola makan yang tidak baik dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat purin tinggi. Karena hal tersebut tentu setiap penderita maupun mereka yang tidak ingin mengalami asam urat tentu perlu memperhatikan setiap makanan yang akan dikosumsinya termasuk petai. Berikut ini penjelasan mengenai jawaban atas pertanyaan apakah petai bisa meningkatkan asam urat dalam penjelasan dibawah ini.

Sebelum menjawab pertanyaan mengenai apakah petai bisa meningkatkan asam urat dan menjadi salah satu makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat maka pembahasan mengenai petai itu sendiri akan diulas lebih dahulu. Petai menjadi salah satu jenis makanan khas yang memiliki banyak pengemar dan banyak suka yang tidak menyukai makanan tersebut. Petai memiliki cita rasa yang khas namun dapat menghasilkan bau yang menurut mereka yang memang tidak menyukainya diangap menyengat dan tidak mengenakkan. Petai memiliki kandungan beberapa nutrisi yang cukup baik dalam kesehatan manusia diantaranya seperti :

  • Gizi makro lengkap, petai memiliki kandungan zat makro yang lengkap yakni karbohidrat, protein, dan lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan tentunya sangat positif bagi setiap aktivitas tubuh. 
  • Kandungan mineral, mineral sangat dibutuhkan bagi tubuh dan adanya kandungan mineral pada petai tentu bermanfaat bagi tubuh dan kesehatannya. Mineral yang terkandungan di dalam petai tersebut adalah magnesium dan kalsium. 
  • Asam amino triptofan,  kandungan yang cukup khas dari petai adalah asam amino triptofan yang memiliki fungsi dalam kesehatan sistem saraf. Senyawa tersebut dapat mencegah dan mengurangi permasalah stres pada seseorang/
  • Kandungan lainnya, petai memiliki kandungan lain seperti sulfur yang baik bagi organ hati untuk membuang racun di dalam tubuh, serta senyawa polisulfida siklik yang membantu mengurangi kerusakan ginjal sehingga baik dalam menjadikan kondisi ginjal lebih sehat.

Jika dilihat dari kandungan yang terdapat didalam petai tersebut maka, petai merupakan salah satu jenis makanan yang baik bagi kesehatan seseorang. Namun ternyata, petai merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan zat purin tinggi di dalamnya. Zat purin inilah yang dapat menyebabkan peninkatan kadar asam urat. Zat purin di dalam tubuh akan mengalami metabolisme oleh enzim xanthin oksidase menjadi asam urat. Semakin banyak mengkonsumsi petai tentu dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat di dalam darah. 

Bagi penderita asam urat, konsumsi petai sebaiknya dihindari karena memang adanya kandungan zat purin yang cukup tinggi tersebut terutama untuk yang kadar asam urat di dalam tubuhnya sedang melebihi kadar asam urat normal. Melalui penjelasan tersebut tentu dapat menjawab pertanyaan mengenai apakah petai bisa meningkatkan asam urat di dalam tubuh dan menjadi salah satu larangan bagi penderita asam urat untuk tidak mengkonsusmsinya.

Petai menjadi salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan ketagihan dan memang sulit untuk tidak mengkonsumsinya bagi mereka yang benar benar sudah menyukai petai. Untuk penderita asam urat yang memang memiliki keinginan untuk dapat mengkonsumsi petai ada beberapa hal yang dapat diperhatikan agar aktivitas memakan petai tersebut tidak memperburuk kondisi penyakit asam urat yang sudah di derita. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait konsumsi petai bagi penderita asam urat tersebut diantaranya seperti :

  • Waktu yang tepat, hal pertama yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi petai bagi pendertia asam urat adalah waktu yang tepat. Gejala penyakit asam urat dapat terjadi ketika kadarnya lebih tinggi dibandingkan kadar normal. Olehkarena itu, dengan mengkonsumsi petai pada waktu tidak mengalami gejala asam urat atau pada saat kadar asam urat yang dimiliki jauh dibawah batas normal akan membantu penderita asam urat tetap dapat mengkonsumsi petai tanpa takut terjadi serangan asam urat.
  • Rebus sebelum dikonsumsi, merebus petai ternyata dapat mengurangi kadar zat purin yang terdapat di dalam sayuran yang biasa digunakan untuk lalapan tersebut. Meskipun penurunannya tidak signifikan yakni hanya 10 – 25 %, petai yang direbus tentu lebih aman bagi penderita asam urat dibandingkan dengan petai mentah atau petai yang digoreng. 
  • Jumlah yang dikonsumsi, hal lain yang juga tentunya perlu diperhatikan penderita asam urat yang ingin mengkonsumsi petai adalah jumlahnya. Penderita asam urat sebaiknya hanya mengkonsumsi beberapa butir petai rebus saja sebagai lalapan untuk menghindari peningkatan kadar asam urat yang terlalu tinggi hingga menimbulkan berbagai macam gejala penyakit asam urat. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai uraian terkait apakah petai bisa meningkatkan asam urat dan memang bisa karena adanya kandungan zat purin yang cukup tinggi pada petai sehingga termasuk ke dalam salah satu pantangan makanan bagi penderita asam urat.

, , ,



Oleh :