Sponsors Link

Mekanisme – Dosis – Efek Samping Asam Mefenamat untuk Asam Urat

Sponsors Link

Asam urat merupakan salah satu senyawa yang terbentuk di dalam tubuh melalui proses tertentu yang dijelaskan dalam proses pembentukan asam urat. Asam urat sebagai senyawa yang secara normal diproduksi oleh tubuh tersebut tentu memiliki beberapa fungsi dan peran karena semua senyawa yang pastinya terbentuk di dalam tubuh memiliki hal tersebut. Beberapa fungsi asam urat diantaranya seperti mobilisasi progenitor sel endotel, bertindak sebagai neuroprotektif dan antioksidan.

ads

Dibalik fungsinya tersebut, asam urat harus selalu dalam kadar yang normal yakni 6,0 mg/dl untuk wanita dan 7,0 mg/dl untuk pria agar tidak muncul permasalahan atau penyakit asam urat. Kondisi penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat di dalam tubuh meningkat dan jauh lebih tinggi dari kadar normalnya akan menyebabkan munculnya beberapa gejala asam urat yang cukup mengganggu dan menyakitkan bagi penderitanya seperti nyeri dan bengkak di beberapa persendian terutama di sendi gerak.

Adanya rasa sakit yang muncul pada penderita asam urat tentu harus ada upaya untuk mengatasi kondisi tersebut dengan sebelumnya memastikan bahwa keadaan yang dirasakan memang benar sebagai kondisi penyakit asam urat melalui beberapa cara yang salah satunya adalah dengan menggunakan obat obatan tertentu. Salah satu jenis obat yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam mengatasi kondisi gejala dari penyakit asam urat adalah asam mefenamat. Berikut ini penjelasan mengenai obat asam mefenamat untuk asam urat tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

Asam mefenamat merupakan jenis obat yang termasuk dalam golongan obat anti inflamasi non steorid atau yang disingkat dengan istilah NSAID. Sebagai obat yang masuk dalam kategori NSAID maka fungsi dari Asam Mefenamat tentu bertindak sebagai anti inflamasi dan anti nyeri yang dapat meredakan nyeri ringan hingga menengah. Penggunaan Asam Mefenamat bagi penderita asam urat berfungsi untuk membantu mengatasi gejala nyeri yang muncul pada persendian akibat penumpukan kristal asam urat.

Seperti dalam penjelasan diatas, Asam Mefenamat hanya digunakan sebagai obat resep yang dapat membantu mengatasi atau meredakan nyeri yang muncul dari adanya peningkatan kadar asam urat sehingga dalam penggunaan obat tersebut harus dikombinasi dengan jenis obat asam urat ampuh di apotik yang dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Selain digunakan untuk menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat, asam mefenamat dalam beberapa merek dagang seperti Mefinal, Ponstan, Lapistan, Datan, Dogesic, dan lain sebagainya, juga sering digunakan sebagai untuk membantu mengatasi nyeri haid.

Mekanisme Kerja Asam Mefenamat untuk Asam Urat

Mekanisme kerja dalam mengatasi munculnya nyeri pada penderita asam urat melalui hambatan terhadap salah satu enzim di dalam tubuh yakni enzim siklooksigenase atau yang dikenal dengan sebutan COX. Hambatan terhadap enzim COX tersebut tidak spesifik jadi bisa enzim COX -1 maupun enzim COX-2. Enzim siklooksigenase tersebut berperan dalam proses pembentukan prostlaglandin sebagai pemicu munculnya rasa nyeri ketika tubuh mengalami kondisi luka. Hambatan enzim pembentuk prostlaglandin akan menjadikan hasil produksi prostlaglandin menjadi sedikit dan rasa nyeri pun dapat ditekan.

Dosis dan Cara Penggunaan

Sebagai obat yang bisa didapatkan dengan resep dokter tersebut tentu penggunaan dan dosisnya tidak boleh sembarangan karena dapat menyebabkan munculnya beberapa efek samping. Dosis obat Asam Mefenamat secara umum adalah 3 kali sehari sebanyak 500 mg sekali minum. Dosis tersebut dapat berubah sesuai dengan rekomendasi dokter tergantung dari tingkat keparahan dari penyakit atau rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita asam urat.

Hambatan non spesifik pada enzim COX-1 dan COX-2 menjadikan Asam Mefenamat harus dikonsumsi dengan benar karena dapat menyebabkan efek samping rasa sakit di lambung. Hal ini menyebabkan cara penggunaan Asam Mefenamat sebaiknya dikonsumsi setelah adanya makanan yang melapisi lambung. Bagi ibu hamil, Asam Mefenamat termasuk dalam kategori C yang sebaiknya dikonsumsi atas indikasi yang tepat serta sesuai dengan anjuran dari dokter terutama ada kehamilan trimester akhir.

Efek Samping Asam Mefenamat

Setiap jenis obat apapun tentu memiliki efek samping yang perlu diperhatikan dan harus dihindari agar manfaat yang dihasilkan tidak berubah menjadi kondisi yang berdampak buruk. Efek samping yang dimiliki oleh obat Asam Mefenamat tersebut diantaranya seperti :

  • Efek samping ringan seperti pusing, nyeri ulu hati, sakit perut, mual dan muntah.
  • Efek samping serius seperti diare, muntah darah, berak darah, penglihatan kabur, ruam kulit, sakit tenggorokan, demam, gatal dan bengkak.
  • Resiko infark miokardial dan stroke pada penggunaan obat Asam Mefenamat jangka panjang.
  • Gangguan pada organ hati sehingga sangat tidak dianjurkan penggunaannya bagi penderita gagal hari maupun gagal ginjal.
  • Anemia, ulserasi, perforasi lambung, hingga sindrom stevens-jonshon.

Itulah beberapa penjelasan mengenai obat Asam Mefenamat dari segi fungsi, mekanisme, dosis, cara penggunaan, dan efek samping yang perlu diperhatikan dengan baik terutama bagi penderita penyakit asam urat yang menggunakan obat tersebut dalam jangka panjang. Penggunaan Asam Mefenamat sebaiknya dalam pengawasan dan rekomendasi penuh dari dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan