Sponsors Link

Asam Urat Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Asam urat sampai saat ini masih sering dikaitkan dengan penyakit yang hanya dialami oleh seseorang yang telah berusia dewasa atau lanjut usia. Padahal sekarang ini banyak sekali kasus asam urat pada anak muda dan terus meningkat kejadiannya. Salah satu penyebab paling utama hal ini adalah masih banyak orang yang kurangnya kepedulian akan makanan yang dikonsumsi dan masih banyak juga yang memiliki gaya hidup kurang sehat. Pertanyaannya adalah apakah penyakit asam urat bisa sebabkan kematian? Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai hal tersebut lebih jauh.

ads

Hubungan asam urat dengan kematian

Pada dasarnya kematian merupakan akibat paling fatal ketika seseorang mengalami penyakit, termasuk penyakit asam urat. Namun asam urat sendiri tidak akan secara langsung mengakibatkan kematian, apalagi jika kasusnya belum parah dapat ditangani dan diobati dengan mudah. Yang bisa menjadi berbahaya adalah ketika kadar asam urat dalam tubuh sangat tinggi dan menyebabkan berbagai macam komplikasi asam urat tinggi. Komplikasi inilah yang nantinya bisa membuat seseorang berisiko mengalami kematian, terlebih lagi jika tidak segera ditangani dengan baik. Jadi, apakah asam urat bisa sebabkan kematian? Jawabannya adalah ya, namun tidak secara langsung.

Komplikasi akibat asam urat

Tingginya kadar asam urat di dalam tubuh akan menyebabkan terbentuknya kristal asam urat, yang bisa mengendap di persendian, organ ginjal dan lain sebagainya. Hal ini dapat menyebabkan munculnya nyeri persendian tulang, juga dapat menyebabkan batu ginjal sehingga proses eksresi asam urat dari tubuh menjadi terhambat. Di samping itu bahaya asam urat tinggi juga dapat mengakibatkan munculnya beberapa komplikasi atau gangguan kesehatan, yang mana akan memungkinkan asam urat bisa sebabkan kematian secara tidak langsung. Berikut adalah beberapa komplikasi kesehatan yang bisa terjadi:

1. Gagal ginjal

Hubungan asam urat dengan ginjal sangatlah lekat, karena dapat menyebabkan batu ginjal dan gagal ginjal. Adanya batu ginjal bisa mengganggu fungsi ginjal, baik fungsinya secara umum maupun fungsinya dalam mengeluarkan asam urat melalui urin. Lama kelamaan hal ini akan menyebabkan melemahnya organ ginjal dalam menjalankan tugasnya, sehingga pada akhirnya akan memicu terjadinya kerusakan ginjal yang mana berbahaya.

2. Jantung koroner

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu komplikasi yang terjadi jika ciri-ciri penyakit asam urat tinggi dibiarkan terus menerus dan tidak segera diobati. Kristal asam urat yang menumpuk bisa mengganggu aliran pembuluh darah, yang mana akan berakibat ke organ jantung dalam bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini akan menyebabkan jantung bekerja berkali-kali lebih berat dari biasanya, yang jika berlangsung dalam jangka waktu tertentu akan mengakibatkan jantung koroner.

3. Diabetes

Pada dasarnya penyakit asam urat dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami diabetes tipe 2, terutama pada kaum wanita. Asam urat yang tersebar dalam aliran darah dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi terhambat, sehingga hal ini juga akan mengakibatkan penumpukan gula dalam tubuh. Kondisi ini harus segera diobati karena diabetes sendiri sudah merupakan penyakit yang bisa berakibat fatal, apalagi jika disertai dengan asam urat.

4. Asidosis metabolik

Akibat asam urat meningkat drastis dapat mengganggu organ ginjal, yang tidak hanya akan mengganggu pengeluaran asam urat dari dalam tubuh namun juga akan mengganggu pengeluaran asam dari tubuh. Di mana asidosis metabolik ini adalah kondisi di mana terjadinya ketidaksimbangan antara asam dan basa dalam tubuh, sehingga akan terjadi komplikasi pada saluran pernafasan dan bisa berakibat sangat fatal jika tidak segera ditangani.

5. Obesitas

Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas bisa menjadi salah satu faktor penyebab asam urat tinggi dalam tubuh. Lemak dalam tubuh bisa mengganggu proses metabolisme tubuh juga dapat menyebabkan melemahnya fungsi dari organ di dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Untuk mengatasi kondisi ini, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan merubah pola makan dan kebiasaan yang tidak sehat.

6. Arteriosklerosis

Kristal asam urat yang mengendap di pembuluh darah tidak hanya mengganggu fungsi jantung, namun juga dapat menyebabkan ateriosklerosis. Di mana gangguan ini disebabkan karena arteri mengalami penyempitan akibat endapan kristal asam urat. Kondisi ini akan menyebabkan gejala seperti jantung berdebar, nyeri hingga sesak nafas. Jika tidak ditangani dengan tepat, hal ini bisa saja menyebabkan kematian pada penderitanya.

Jadi kesimpulan yang bisa diambil dari pembahasan di atas adalah asam urat bisa sebabkan kematian secara tidak langsung, yaitu ketika kadar asam urat sangat tinggi dan menyebabkan berbagai macam komplikasi. Kuncinya adalah selalu segera melakukan pengobatan, penanganan dan pencegahan agar jangan sampai terlambat atau semakin parah. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab