Sponsors Link

Bagaimana agar Asam Urat bisa Sembuh dengan Cepat?

Sponsors Link

Asam urat memang merupakan salah satu penyakit yang bisa dibilang meresahkan karena rasa sakitnya itu sendiri. Asam urat biasa menyerang persendian. Jika kadar asam urat dalam darah tinggi (bisa disebut hiperuresemia), maka asam urat akan terus menerus menumpuk di persendian, dan terjadilah penyakit asam urat.

ads

Terjadinya peningkatan asam urat sendiri bisa disebabkan karena banyak hal, salah satunya yaitu karena konsumsi yang berlebihan dari bahan makanan yang mengandung zat purin. Nah, jika Anda ingin kadar asam urat tidak berlebih, Anda harus juga mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh. Paling tidak, Anda harus mencari makanan yang memiliki kadar purin rendah agar kadar asam urat tidak tinggi.

Kenapa harus mencari bahan makanan rendah purin agar asam urat bisa sembuh dengan cepat?

Karena, saat kita mengkonsumsi makanan, purin akan ikut berpindah ke dalam tubuh kita. Kemudian, hati akan memecah purin menjadi asam urat yang dapat dikeluarkan lagi dari dalam tubuh.

Setiap Anda selesai mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, purin yang sudah diubah menjadi asam urat akan dikeluarkan lagi dari dalam tubuh agar tidak terjadi penumpukan. Dalam keadaan normal, proses pembuangan asam urat tersebut diatur oleh ginjal dan akan dikeluarkan lagi dari dalam tubuh dalam bentuk urin dan feses.

Penyakit asam urat yang susah sembuh salah satu penyebabnya adalah tentu saja karena kadar asam urat tinggi yang sulit turun. Jika Anda merasa sudah diet purin tapi tetap saja kadar asam urat tidak turun, sebaiknya Anda langsung menuju rumah sakit agar Anda diperiksa dokter. Bisa saja, fungsi ginjal Anda mengalami gangguan, sehingga hal tersebut yang mengganggu proses pengeluaran asam urat dari dalam tubuh mejadi urin dan feses.

Pemeriksaan memang sangat penting untuk dilakukan, sebab dengan adanya pemeriksaan, Anda bisa melihat apakah ada persendian yang mengalami kerusakan karena kadar asam urat yang menumpuk atau tidak. Dengan adanya pemeriksaan, Anda bisa mengetahui apakah kondisi tersebut masih bisa diperbaiki atau tidak.

Apa saja jenis obat asam urat di apotik?

Jika Anda sudah periksa ke dokter, biasanya dokter akan memberikan resep obat-obatan yang mempunyai beberapa fungsi sekaligus, seperti untuk mengurangi peradangan, untuk mengurangi kadar kristal dalam sendi, dan untuk mengurangi rasa sakitnya.

Jika Anda belum terkena penyakit asam urat dan baru ada gejalanya, dokter akan memberikan resep obat untuk dikonsumsi jangka panjang, obat tersebut berguna untuk mengurangi kadar asam urat perlahan-lahan. Berikut adalah beberapa jenis-jenis obat asam urat :

  • Obat untuk Mengurangi Radang

Obat untuk mengurangi radang terutama pada sendi, misalnya naproxen, indometasin (NSAID), dan prednisone (sejenis kortikosteroid). Untuk obat Indometasin dan naproxen sendiri biasanya diminum, sedangkan untuk prednisone ada 2 jenis, yaitu ada yang diminum dan ada yang disuntikkan.

  • Obat untuk Memberhentikan Produksi Asam Urat dalam Tubuh

Obat untuk menyetop produksi asam urat dalam tubuh sebelum bermetabolisme, misalnya Allopurinol. Allopurinol adalah obat untuk pengobatan jangka panjang. Namun, efek samping obat ini adalah jika diminum berlebihan, bisa menjadikan kerusakan fungsi hati.

  • Obat untuk Mengurangi Kadar Asam Urat dalam Darah

Obat yang berfungsi untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah misalnya sulfynpirazone dan probenesid. Kedua obat tersebut bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah, obat ini bekerja dengan cara membuat semakin banyak asam urat yang keluar lewat urin.

Kebiasaan apa yang harus dilakukan untuk mengimbangi konsumsi obat, agar asam urat bisa sembuh cepat?

Jika Anda menginginkan penyakit asam urat cepat sembuh, jangan mengandalkan obat saja. Anda juga harus melakukan gaya hidup yang sehat agar asam urat tidak kambuh lagi. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menghindari makanan yang mengandung banyak purin.

Beberapa makanan yang mengandung banyak zat purin adalah ayam, telur, daging merah, hidangan laut (seperti udang dan kepiting), jeroan, otak, dll. Anda juga menghindari minuman beralkohol karena alkohol akan meningkatkan resiko terkena asam urat.

Selain itu, Anda juga harus banyak minum air putih dan banyak makan buah yang mengandung air, serta mengkonsumsi protein non hewani, seperti jamur, terong, kedelai, dll. Anda juga harus menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal. Dengan melakukan beberapa hal di atas, Anda tak perlu tergantung pada obat-obatan lagi.

Bisakah mencegah penyakit asam urat?

Bisa, Anda bisa mencegah penyakit asam urat. Cara mencegahnya adalah dengan tidak berlebihan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin. Konsumsilah makanan tersebut secukupnya, hal ini berguna agar kadar zat purin dalam tubuh tidak bertambah. Selain itu, mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air juga sangat penting.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan