Sponsors Link

Apakah Asam Urat Boleh Makan Daging Atau Tidak?

Sponsors Link

Siapa yang tak kenal dengan penyakit asam urat? Asam urat merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang sangat santer kita dengar terutama di Indonesia, biasanya orang-orang yang telah berusia lanjut sering mengaku merasakan asam urat. Dalam dunia medis asam urat ini juga disebut sebagai gout, penyakit yang menyerang sendi dan biasanya disebabkan karena kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tingi. Kemudian banyak sekali pendapat yang mengatakan jika orang yang mengalami asam urat harus pantang makan daging, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi penting mengenai asam urat boleh makan daging? Boleh atau tidaknya simak ulasannnya di bawah ini!

ads

Sebelum membahas lebih lanjut apakah penderita asam urat ini boleh makan daging atau tidak maka kita harus mengetahui apa saja sih makanan dan mungkin minuman apa yang dilarang atau harus dijauhi oleh penderita asam urat. Karena kadar asam urat yang tinggi di dalam darah itu bisa meningkat dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu para penderita asam urat harus memperhatikan apa saja pantangannya. Pantangan bagi penyakit asam urat  apakah daging salah satunya? Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membuat kadar kolesterol Anda jadi naik secara signfikan dan bisa membahayakan kondisi :

  1. Jeroan

Salah satu makanan dari bahan hewani yang disukai oleh masyarakat Indonesia adalah jeroan. Walau mungkin banyak sekali orang yang menyukai jeroan yang diolah menjadi berbagai macam jenis makanan, nyatanya jeroan ini jika berlebihan tak baik bagi kesehatan ya. Terutama bagi orang yang menderita asam urat, jeroan ini bisa menjadi salah satu penyebab asam urat tinggi di usia muda jadi melonjak. Jeroan seperti babat, kikil, hati, usus, otak, dan juga ampela ini punya kandungan zat purin yang cukup tinggi sehingga bisa mengakibatkan kadar asam urat di dalam darah kita jadi meningkat. Selain bisa membuat asam urat menjadi naik, jeroan juga mempengaruhi kolesterol di tubuh. Tentu saja jika kolesterol meningkat akan sama berbahayanya ya!

  1. Daging

Jenis makanan kedua yang harus dihindari oleh para penderita asam urat adalah daging. Memang daging ini merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik bagi manusia karena kaya akan protein tinggi. Namun penderita asam urat sebaiknya tak mengkonsusmi daging ini banyak-banyak karena kebanyakan daging mengandung zat purin serta kandungan kolesterol yang berbahaya bagi tubuh Anda. Selain itu biasanya tak hanya dagingnya saja yang mempengaruhi kadar asam urat, namun cara pengolahannya yang biasanya salah juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Ternyata daging merupakan pantangan makanan asam urat dan diabetes.

  1. Seafood

Selain jeroan dan juga daging, pantangan yang harus dihindari para penderita asam urat adalah makanan sari laut atau yang biasanya sering kita sebut sebagai seafood. Makanan laut atau seafood memang memiliki gizi yang sangat tinggi dan sangat baik untuk pertumbuhan, meningkatkan kecerdasan dan juga daya tahan tubuh seseorang. Namun jika Anda merupakan seorang penderita asam urat maka sebaiknya hindarilah makanan laut yang berlebihan karena mereka juga mengandung purin yang bisa menyebabkan asam urat dan kolesterol jadi kambuh lagi. Seafoof seperti lobester, kerang, ikan tuna, ikan tongkol, ikan teri adalah beberapa jenis seafood yang mengandung purin tinggi. Belum lagi kalau penyajiannya seperti dibumbu mentega atau goreng?

Bolehkah penderita asam urat makan daging?

Mengkonsumsi daging memang baik bagi tubuh, daging adalah salah satu sumber protein hewani yang di dalam kandungannya memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Namun apakah para penderita asam urat masih boleh mengkonsumsi atau makan daging? Bukannya daging sangat baik bagi kesehatan tubuh? Kebanyakan daging mengandung lemak jenuh, contohnya saja daging sapi dan juga daging kambing. Nah lemak jenuh yang terkandung di dalam daging itu bisa menumpuk dalam darah dan menyebabkan kolesterol yang tinggi. Belum juga jika di dalam daging itu terkandung kandungan purin, tentu saja akan membuat asam urat menjadi meningkat dan membuat Anda menjadi kesakitan pada sendi.

Belum lagi jika cara memasak daging itu seperti digoreng, dibakar, dimasak menggunakan bumbu yang berminyak seperti mentega. Kandungan minyak atau santan berlebih yang ada di dalam masakan daging itu bisa memperparah asam urat Anda. Kesimpulannya, jika makan daging sedikit saja dan tidak sering-sering maka tidak masalah. Namun jika sering-sering tentu saja bisa memperparah asam urat Anda. Oleh karena itu sebaiknya kurangilah mengkonsusmi berbagai jenis daging, terutama daging kambing dan sapi. Bagi Anda yang mungkin memiliki riwayat tekena asam urat maka jangan sampai berlebihan konsumsi daging ya!

Sponsors Link

Dari ulasan di atas, penderita asam urat sebenarnya masih boleh mengkonsumsi daging karean daging sendiri merupakan salah satu sumber protein bagi tubuh kita. Namun jangan sampai mengkonsumsi daging berlebihan karena itu bisa membuat kadar asam urat dan kolesterol di dalam darah menjadi meningkat. Jika ingin mengkonsumsi daging perhatikan tips di bawah ini :

  • Perhatikan pengolahannya

Jika ingin mengkonsumsi daging walau mungkin Anda memiliki riwayat penyakit asam urat maka kami menyarankan supaya Anda memperhatikan pengolahan daging tersebut. Jika dagingnya diolah dengan cara digoreng atau diberi santan maka sebaiknya hindari, karena kandungan minyak dan santan yang di dalamnya malah bisa berakibat meningkatkan kolesterol serta asam urat yang tinggi di dalam darah.

  • Konsumsi daging merah

Tips yang kedua adalah konsumsi daging merah saja yaitu daging sapi karena kandungan purin dan lemak jenuh di dalamnya lebih sedikit daripada jenis daging yang lainnya. Namun perhatikan, sebelum mengkonsumsi daging merah buang dulu lemak-lemaknya sehingga tak meningkatkan asam urat. Selain itu konsumsi juga makanan penurun asam urat dengan cepat.

  • Olah daging dengan benar

Jika Anda seorang penderita asam urat namun masih ingin makan dagng dengan baik untuk memennuhi kebutuhan protein tubuh, maka olah daging dengan benar ya. Anda bisa mengkonsumsi daging rebus saja tanpa bumbu apa-apa, atau mungkin hanya diberi garam sedikit. Itu lebih aman ketimbang mengkonsumsi daging berbumbu.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai asam urat boleh makan daging. Sekarang Anda sudah tahu kan fakta yang sebenarnya dan apa yang harus dilakukan? Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan membantu Anda semuanya!

, , ,



Oleh :