Sponsors Link

Apakah Penderita Asam Urat Boleh Makan Jamur?

Sponsors Link

Terdapat berbagai jenis jamur, mulai dari jamur tiram hingga jamur kuping. Selain itu, jamur pun dapat diolah menjadai berbagai jenis makanan bahkan minuman yang menggugah selera. Bagi Anda penderita asam urat, mungkin Anda juga tergoda dengan kelezatan yang dihadirkan oleh berbagai olahan jamur. Lalu, apakah penderita asam urat boleh makan jamur.

ads

Baca juga bolehkah mengonsumsi bayam merah untuk asam urat dan bolehkah penderita asam urat makan emping?

Jenis-jenis Jamur yang Dapat Dikonsumsi

Meskipun ada berbagai jenis jamur, tetapi tidak semuanya dapat dikonsumsi. Setidaknya ada 8 jamur yang dapat dimakan. Delapan jenis jamur tersebut adalah:

  • Jamur Kuping

Jamur kuping merupakan jenis jamur yang paling familiar. Jamur ini bertekstur renyah dan terbagi menjadi tiga macam, yakni jamur kuping hitam, putih, dan merah.

  • Jamur Tiram

Jamur tiram biasanya diolah menjadi jamur crispy atau dimasukkan ke dalam sup. Jamur ini bentuknya seperti cangkang kerang dan bagian atasnya memiliki cekungan di tengah. Jamur ini paling mudah ditemui dibandingkan jenis lainnya.

  • Jamur Enoki

Jamur ini dikenal dengan jamur musim dingin karena banyak dijumpai di negara-negara yang memiliki musim salju. Jamur ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan jamur lainnya.

  • Jamur Kancing

Jamur kancing berbentuk bulat mirip kancing pakaian. Jamur ini bertekstur gurih dan mudah diolah. Jamur mirip kancing ini biasanya berwarna putih, cream, hingga cokelat.

  • Jamur Merang

Jamur merang termasuk jamur yang dapat dibudidaya dengan mudah. Jamur ini bertekstur lembut dan rasanya manis. Jamur ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Penting bagi Anda untuk mengetahui hubungan asam urat dan diabetes dan menu makanan untuk penderita diabetes, kolesterol, dan asam urat.

  • Jamur Shitake

Jamur shitake sangat terkenal di negeri sakura. Jamur ini meskipun banyak dikonsumsi dan dibudidayakan di Jepang, tetapi ternyata Tiongkok adalah negara pertama yang membudidayakannya. Jamur ini dapat dikonsumsi sebagai campuran sup miso atau pendamping tempura.

  • Jamur Truffle

Jamur truffle ialah jamur yang memiliki harga paling mahal diantara jamur lainnya yang dapat dikonsumsi. Jamur ini biasanya disajikan di restoran-restoran bintang lima. Jamur truffle tumbuh menempel di akar pohon.

  • Jamur Matsutake

Jamur matsutake adalah jamur termahal di Jepang. Jamur ini biasanya tumbuh di hutan pinus dan hanya dapat dipanen pada saat musim gugur. Jenis jamur ini tergolong makanan yang sangat mahal dan mewah di Jepang.

Kandungan Nutrisi Jamur

Kandungan nutrisi pada jamur tergantung pada jenisnya, tetapi secara umum jamur termasuk jenis makanan yang rendah kalori, sodium, bebas lemak, dan kolesterol. Jamur juga mengandung vitamin, mineral, serat, dan protein. Jamur pun mengandung nutrisi yang dapat mencegah penyakit, seperti:

  • Protein

Dalam 70 gram jamur terkandung protein sekitar 2,2 gram. Jumlah ini memang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan sumber protein lain, seperti daging dan telur. Namun, protein yang terkandung dalam jamur dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Sponsors Link

  • Vitamin B

Jamur mengandung vitamin B, seperti niacin (B3), riboflavin (B2), dan asam pantotenat (B5). Kombinasi dari ketiga vitamin B tersebut dapat membantu mempertahankan kesehatan jantung.

  • Antioksidan

Jamur kayak akan antioksidan, yakni selenium. Antioksidan ini dapat memperlambat penuaan dini. Selain itu, antioksidan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Kalium

Kalium baik untuk kesehatan otot, jantung, dan membantu ginjal menyaring darah. Kalium juga dapat mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan menormalkan detak jantung.

Jamur Bagi Penderita Asam Urat

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, jamur memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Selanjutnya, apakah asam urat boleh makan jamur. Hal ini dapat dijawab dengan melihat kandungan purin yang ada di dalam jamur.

Menurut AcuMedico, ada sekitar 92 – 17 gram purin per 100 gram jamur. Oleh karena itu, jamur dapat dikatakan sebagai jenis makanan yang cukup berbahaya untuk penderita asam urat. Konsumsi jamur dalam jumlah berlebihan dapat membuat kadar purin meningkat.

Purin adalah hasil metabolisme tubuh terhadap protein yang dapat membentuk kristal asam urat dalam darah. Kristal tersebut akan terdeposit pada sendi dan menyebabkan persendian menjadi bengkak dan nyeri. Tumpukan kristal asam urat tersebut dapat menumpuk pada persendian ataupun ginjal/saluran kencing. Jadi, penyakit asam urat dapat berupa batu ginjal dan peradangan pada sendi.

Inilah penjelasan mengenai apakah penderita asam urat boleh makan jamur. Jaga selalu kesehatan Anda dan konsumsilah makanan dan minuman untuk penderita asam urat serta minuman untuk asam urat. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

,
Oleh :