Sponsors Link

Apakah Penderita Asam Urat Boleh Makan Jengkol?

Sponsors Link

Walau memiliki bau yang tidak sedap atau menyengat, jengkol masih menjadi nomor 1 di lidah masyarakat Indonesia. Rasanya yang khas dan bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan membuat jengkol disukai masyarakat Indonesia. Walau jengkol terkenal dengan kelezatannya, tapi apakah jengkol aman untuk orang yang menderita asam urat? Mengingat para penderita asam urat ini memiliki banyak sekali pantangan makanan karena jika salah makan itu bisa menaikkan kadar asam urat dalam darah mereka dan bisa membuat gejala asam urat seperti nyeri sendi dan pembengkakan terjadi. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas informasi mengenai penderita asam urat boleh makan jengkol atau tidak? Jika penasaran, simak ulasannya di bawah ini!

ads
  1. Bahaya konsumsi jengkol untuk kesehatan

Jengkol memang makanan yang enak, banyak sekali masyarakat atau bahkan kita sendiri merupakan maniak jengkol. Rasanya tidak lengkap jika tidak menyantap jengkol ketika kita sedang makan. Namun walau rasanya enak, ternyata jengkol ini juga menyimpan bahaya. Jengkol menyimpan bahaya bagi beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Supaya Anda tahu dan bisa melakukan antisipasi, berikut kami berikan informasi mengenai bahaya konsumsi jengkol untuk kesehatan terutama untuk penderita asam urat :

  • Asam urat

Jika Anda memiliki asam urat maka kami menyarankan supaya Anda tidak mengkonsumsi jengkol. Mengapa? Karena jengkol ini cukup berbahaya dan bisa menyebabkan asam urat Anda menjadi kambuh. Para ahli medis menyarankan supaya para penderita asam urat menjauhi jengkol jika tidak ingin merasakan akibatnya. Jengkol ini bisa menyebabkan pengkristalan asam urat di dalam sendi, sehingga akan membuat penderita asam urat menjadi kesakitan dan asam uratnya menjadi semakin parah. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin asam urat Anda kambuh maka hindari jengkol dari sekarang.

  • Bau mulut

Tak hanya bisa menyebabkan asam urat Anda menjadi kambuh saja, namun jengkol ini juga ternyata bisa menyebabkan kita memiliki bau mulut. Siapa yang ingin memiliki bau mulut? Tentu saja tidak ada bukan? Sebenarnya mayoritas masyarakat Indonesia sudah mengetahui secara jelas jika konsumsi jengkol bisa menyebabkan kita menjadi bau mulut. Bahkan walau mungkin Anda sudah menggosok gigi atau mengkonsumsi makanan penyegar lainnya pun, baunya masih ada. Bau yang dihasilkan oleh jengkol, menurut penelitian disebabkan oleh kandungan asam amino dan jyga sulfur. Asam amino yang pecah itulah yang menyebabkan bau tak sedap. Oleh karena itu jika tak ingin bau mulut maka jangan sering-sering makan jengkol ya, apalagi jika Anda memiliki asam urat.

  • Gagal ginjal

Jangan anggap remeh jengkol karena jengkol ternyata bisa menyebabkan beberapa bahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain bisa menyebabkan asam urat menjadi kambuh dan semakin parah, menyebabkan bau mulut yang tak kunjung hilang. Ternyata jengkol jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan pada ginjal. Menurut beberapa penelitian, jengkol ini bisa menyebabkan gagal ginjal ringan hingga gagal ginjal akut.

Jika Anda mengalami gagal ginjal maka beberapa gejala yang akan Anda rasakan adalah muncul darah dalam urin, urin kurang dari 400 ml per hari, muntah, mual, dan nyeri. Oleh karena itu jangan mengkonsumsi jengkol berlebihan karena efeknya bisa sampai menyebabkan masalah pada ginjal Anda. Jika memang sudah mengalami gejala itu maka cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter saja. Ketahui juga gejala kolesterol dan asam urat tinggi.

  1. Apakah asam urat boleh makan jengkol?

Sekarang kembali ke pertanyaan utama, apakah penderita asam urat boleh makan jengkol? Kita semua tahu jika jengkol memiliki efek samping yaitu bisa menyebabkan asam urat menjadi kambuh. Namun tidak masalah jika Anda ingin mengkonsumsi jengkol, dengan catatan tidak boleh berlebihan dan juga tidak boleh terlalu sering. Jika Anda adalah seorang penderita asam urat maka kami sarankan supaya Anda mengkonsumsi jengkol sebulan sekali saja dan dengan porsi yang sedikit dan tidak berlebihan.

Setidaknya mengkonsumsi jengkol untuk mengobati rasa ingin Anda terhadap jengkol. Dan misalnya setelah Anda mengkonsumsi jengkol lalu ada beberapa gejala asam urat kambuh seperti misalnya nyeri di sendi yang sangat parah (bahkan digerakkan saja terasa sangat sakit), pembengkakan dan sendi yang memerah maka segera hubungi dokter sehingga bisa mengetahui kondisi apa yang Anda alami. Apakah asam urat Anda mungkin saja kambuh dan berubah menjadi parah? Jangan biarkan begitu saja jika Anda mengalami gejala-gejala kambuhnya asam urat karena itu bisa berakibat fatal. Sebisa mungkin hindari zat purin.

Sponsors Link

  1. Tips menghindari asam urat kambuh

Asam urat memang salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi orang yang usianya sudah lanjut. Walau begitu masih banyak sekali masyarakat yang tidak sadar akan pentingnya menghindari asam urat. Dan baru melakukan tindakan ketika sudah mengalami sakitnya asam urat. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting mengenai tips menghindari asam urat kambuh. Berikut adalah tips pentingnya :

Jika Anda ingin bebas dari asam urat dan tidak ingin asam urat menjadi kambuh maka saran kami adalah hindari makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. Hindari makan berlebihan jengkol, hindari makan jeroan, hindari makanan laut, beberapa jenis sayuran seperti kacang polong dan jamur, minuman yang beralkohol, dan juga gula. Dengan menghindari beberapa makanan itu maka kita bisa terhindar dari kambuhnya asam urat.

  • Mengubah pola hidup

Jika ingin terhindar dari sakitnya asam urat maka kami sarankan supaya Anda mulai mengubah pola hidup Anda. Mulailah untuk memiliki pola hidup yang sehat sehingga asam urat tidak akan kambuh lagi. Rajin olahraga setiap hari sehingga Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat, selain itu sebisa mungkin hindari merokok. Anda bisa mengkonsumsi jus sayur penurun asam urat.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai topik asam urat boleh makan jengkol atau tidak? Sekarang Anda sudah paham dan mengerti bukan apa saja bahaya dari jengkol jika dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kami berharap Anda bisa mengkonsumsi makanan apapun dengan bijak sehingga tidak membuat penyakit Anda kambuh. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi Anda!

, , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab