Sponsors Link

Apakah Penderita Asam Urat Boleh Makan Sambal?

Sponsors Link

Bagi anda yang menyukai makanan pedas maka tidak akan pernah melewatkan bahan pelengkap makanan yang satu ini, yaitu sambal. Sambal merupakan olahan makanan berupa tomat yang ditambahkan cabai di dalamnya dan dilengkapi dengan bahan pelengkap lainnya. Maka tidak jarang orang-orang menyatakan bukan sambal namanya jika rasanya tidak pedas.

ads

Selain membuat makanan terlihat lezat, terdapat beberapa manfaat dari makanan pedas yang bisa anda rasakan, di antaranya:

  1. Senyawa turmeric pada makanan pedas dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada sendi serta kerusakan tulang.
  2. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa senyawa capsaicin pada cabai dapat membunuh sel kanker dengan menyerang mitokondria tanpa merusak sel-sel yang sehat dan meringankan rasa sakit di mulut.
  3. Meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin A dan C di dalamnya bisa membantu memperkuat dinding pembuluh darah yang membuatnya menjadi elastis dan lebih mampu menyesuaikan diri dengan perbedaan tekanan darah.
  4. Mengkonsumsi makanan pedas dapat mengurangi rasa pilek dan flu.
  5. Membantu membakar kalori lebih cepat.

Apakah penderita asam urat boleh makan sambal? Sebelum membahasnya, ketahui lebih dulu efek apabila mengkonsumsi sambal secara berlebihan berikut ini:

  • Sakit perut dan diare. Tidak jarang banyak juga yang tidak menyukai rasa pedas sambal karena efeknya yang membuat perut sakit bahkan diare. Hal ini terjadi karena adanya iritasi pada organ pencernaan yang menandakan bahwa anda telah makan pedas berlebihan.
  • Sakit perut pada beberapa orang karena rasa pedas mengganggu produksi asam lambung di perut.
  • Mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan juga dapat membuat membuat lambung mengalami peradangan. Peradangan tersebut akan menimbulkan menimbulkan menipisnya lapisan lambung yang akan memicu infeksi seperti penyakit maag.
  • Menyebabkan insomnia

Apakah Penderita Asam Urat Boleh Makan Sambal?

Seperti yang kita ketahui, bahwa penyakit asam urat merupakan penyakit yang disebabkan asupan purin yang terlalu berlebihan sehingga produksi asam urat di dalam tubuh pun melebihi dari batas normal. Jika ginjal tidak menyaring asam urat secara cukup, maka asam urat itu akan membentuk kristal di persendian. Peradangan, kemerahan dan pembengkakan di area persendian tidak dapat dihindari lagi. Serangan asam urat bisa terjadi pada bagian sendi. Umumnya sandi kaki, tangan, ruas jari-jari, bahkan pada asam urat yang stadium akut dapat menyerang persendian lutut serta terbentuknya kristal tofi.

Faktor pola makan yang tidak dijaga dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi purin dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam tubuh. Jenis makanan tersebut seperti makanan kalengan, sarden, daging merah, jeroan dan beberapa jenis makanan dengan zat kimia tambahan. Penderita obesitas juga memiliki potensi untuk memiliki resiko terkenal asam urat dibandingkan dengan yang memiliki berat tubuh ideal. Selain itu, pemicu asam urat juga disebabkan oleh beberapa penyakit yang tidak mendapatkan penanganan dengan baik seperti penyakit ginjal, diabetes mellitus dan kolesterol yang tinggi.

Tidak ada pengaruh signifikan bahwa sambal dapat berbahaya bagi penderita asam urat. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsinya sesekali sebagai tambahan menu dalam makanan sehari-hari anda. Sebagaimana dilansir dalam kompas.com tentang 9 manfaat makanan sehat makanan pedas bahwa cabai juga mengandung endorfin. Endorfin merupakan senyawa yang dapat memberikan rasa tenang dan bahagia. Endorfin juga dapat meredakan nyeri karena mengunci reseptor opioid pada sel saraf sehingga anda tidak bisa merasakan sinyal rasa sakit.

Sponsors Link

Yang harus anda perhatikan adalah efek dari sambal pedas terhadap kesehatan anda yang lain. Seperti sakit perut, maag dan mudah diare. Jika anda mudah sekali mengalami hal tersebut saat makan sambal, maka sebaiknya hindari makanan yang pedas.

Agar sambal yang anda konsumsi juga memiliki nilai daya guna selain memberikan kelezatan, alangkah baiknya anda mengkombinasikannya dengan sayuran atau sumber makanan rendah purin lainnya yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat. Memakan sambal yang tidak terlalu pedas pun dapat menghindari anda dari rasa sakit perut. Berikut ini beberapa pilihan makanan penderita asam urat yang diperbolehkan dikonsumsi:

  • Kentang: Kentang mengandung kalium yang tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan pengeluaran asam urat oleh ginjal. Kalium juga merupakan ion yang memegang peran penting untuk menjaga keseimbangan pH dalam darah.
  • Beras merah: Beras merah termasuk makanan yang kaya akan karbohidrat. Makanan karbohidrat tinggi dan kompleks dianjurkan bagi penderita asam urat.
  • Jeruk nipis: Khasiat jeruk nipis untuk asam urat ini terbukti manjur, yaitu dapat menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh anda. Jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang dapat menurunkan kadar asam urat secara signifikan.

Demikian penjelasan tentang “apakah penderita asam urat boleh makan sambal?”. Semoga bermanfaat.

, , , ,