Sponsors Link

Hubungan Asam Urat dan Diabetes yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit asam urat dan diabetes adalah penyakit yang dapat dikatakan saling berhubungan. Bahaya asam urat yang tinggi dapat menyebabkan diabetes pun sebaliknya. Asam urat disebabkan oleh penumpukan zat purin yang mengkristal sehingga menyebabkan sakit atau nyeri pada bagian persendian. Sedangkan diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kandungan gula dalam darah yang terlalu tinggi dan terjadi ketika hormon insulin yang diproduksi pankreas tidak tercukupi untuk mengubah glukosa dari makanan.

ads

Komplikasi asam urat dapat menimbulkan diabetes yang mana terjadi karena pola makan ataupun diabetes jangka panjang yang merusak fungsi ginjal sehingga mengganggu pembuangan asam urat. Biasanya, kedua penyakit dipengaruhi oleh makanan. Konsumsi makanan yang tidak disarankan untuk penderita diabetes juga tidak disarankan untuk penderita asam urat sehingga penderita harus menerima pantangan jika tidak mau mendapat risiko terhadap kedua penyakit tersebut.

Pantangan makanan bagi penderita asam urat dan diabetes adalah berupa makanan yang mengandung gula dan purin yang tinggi. Contohnya jeroan sapi, minuman bersoda, alkohol, makanan kaleng, makanan bersantan dan digoreng. Oleh karena itu, penderita diabetes dan asam urat harus bisa membatasi diri terhadap makanan tersebut. Penderita komplikasi diabetes dan asam urat umumnya berusia 30-40 tahun, yang mana laki-laki lebih berpotensi mengidap komplikasi ini dibandingkan dengan perempuan.

Hubungan Asam Urat dan Diabetes

Biasanya pasien diabetes dan asam urat memiliki kesamaan awal yaitu pada pola makan yang buruk, kurang beraktivitas fisik (olahraga), dan kegemukan (obesitas). Pasien yang awalnya menderita diabetes dapat terkena asam urat juga karena kerusakan ginjal (nefropati diabetes), sehingga menimbulkan kadar asam urat dalam tubuh bertambah.

Penelitian yang dilakukan asisten profesor Rheumatology Stanford University, Eswar Krisnan, menyatakan bahwa kandungan asam urat tinggi dalam darah berpotensi menimbulkan diabetes hingga 20 persen. Hal tersebut disebabkan oleh sindrom resistansi insulin yang ada di asam urat dalam darah. Ini berkaitan dengan sirkulasi darah yang buruk mempunyai peran besar yang membuat komplikasi antara diabetes dan asam urat. Penumpukan asam urat dalam darah akan mengganggu sirkulasi darah yang berpotensi menimbulkan penumpukan gula sehingga menyebabkan komplikasi antara asam urat dan diabetes.

Menurut Dr. Hyon Choi, dokter spesialis alergi dan imunologi Rumah Sakit Umum Massachusetts, perempuan yang memiliki penyakit asam urat memiliki resiko terserang diabetes lebih banyak yaitu 71% dibanding perempuan yang tidak terkena penyakit asam urat. Sedangkan, laki-laki dengan penyakit asam urat memiliki risiko 22 % untuk terkena diabetes dibanding laki-laki yang tidak memiliki penyakit asam urat.

Perlu diperhatikan jika asam urat sudah berpengaruh pada pembuangan urin yang meningkat namun dalam jumlah sedikit, mudah lapar sehingga sering makan, dan sakit pada persendian menyebabkan susah bergerak karena hal tersebut dapat menyebabkan diabetes.

Bahaya Komplikasi Asam Urat dan Diabetes

Asam urat jika tidak diobati akan berbahaya karena dapat menimbulkan diabetes. Berikut beberapa resiko komplikasi diabetes dan asam urat:

  • Rusaknya hubungan asam urat dengan ginjal, karena ginjal adalah organ utama yang akan membuang kelebihan senyawa buruk dalam tubuh. Namun, jika senyawa buruk tersebut berlebihan maka akan sulit dibuang dan ada senyawa yang tertinggal sehingga menyebabkan permasalahan lain dalam tubuh.
  • Komplikasi diabetes dan asam urat ini pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan juga dapat menyebabkan penyakit batu ginjal.
  • Tentunya, komplikasi penyakit antara diabetes dan asam urat akan menyebabkan tidur tidak nyaman, sulit beraktivitas, dan juga stres akibat depresi terkena penyakit.
  • Penderita juga akan merasakan nyeri atau sakit secara tiba-tiba yang dapat menyebabkan cedera karena tekanan secara fisik ataupun kimiawi.
  • Komplikasi diabetes dan asam urat juga dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan yang keluar berlebihan. Hal tersebut dapat mengakibatkan sirkulasi perifer gagal karena volume darah turun secara drastis. Jika tidak cepat diobati, kegagalan sirkulasi tersebut dapat menyebabkan kematian akibat aliran darah ke otak yang tidak sempurna.
  • Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan asam urat tinggi meningkatkan risiko kematian sebanyak 42 persen.
Sponsors Link

Selain diabetes, asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain, seperti:

  • Gagal ginjal
  • Penyakit jantung koroner
  • Deformitas sendi
  • Gangguan fisik
  • Asidosis metabolik
  • Hipertensi
  • Rematik
  • Kolestrol
  • Arteriosklerosis

Tips mencegah asam urat dan diabetes, bisa dengan cara:

  • Memulai pola hidup sehat dengan makan makanan sehat dan bergizi, hindari kebiasaan buruk, dll
  • Istirahat yang cukup
  • Menerapkan diet rendah purin dan rendah gula
  • Hindari alkohol, karena alkohol mengandung gula dan zat purin yang tinggi
  • Olahraga juga penting dilakukan untuk mencegah komplikasi diabetes dan asam urat

Demikian penjelasan untuk komplikasi penyakit diabetes dan asam urat. Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan selalu.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab