Sponsors Link

Asam Urat di Bahu Kanan : Penyebab – Pengobatan – Pencegahan

Sponsors Link

Penyakit asam urat seringkai disebut dengan encok oleh penderitanya, karena memang gejala yang sering dialami saat mengalami asam urat adalah nyeri pada persendian tulang. Seseorang dengan asam urat juga biasanya akan mengalami pembengkakan pada kaki di bagian jempol, yang mana bisa membuat aktivitas menjadi terhambat. Salah satu tanda-tanda asam urat yang pada umumnya dialami adalah nyeri pada bahu, baik kanan maupun kiri. Namun pada artikel kali ini akan dibahas tentang asam urat di bahu kanan yaitu mengenai apa saja penyebabnya, bagaimana pengobatan dan pencegahannya. Simak pembahasannya berikut ini.

ads

Penyebab Asam Urat pada Bahu Kanan

Bahu kanan yang nyeri dan sakit menandakan bahwa ada penumpukan kristal asam urat pada sendi bahu kanan. Kristal asam urat terbentuk karena meningkatnya produksi asam urat tubuh, yang mana disebabkan karena terganggunya proses eksresi asam urat itu sendiri. Kondisi ini tentunya tidak terjadi begitu saja, karena banyak hal yang bisa memicu terjadinya ciri-ciri penyakit asam urat tinggi. Terdapat beberapa hal yang bisa meningkatkan resiko terjadinya asam urat di bahu kanan, seperti berikut ini:

  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan purin, yang mana purin dapat merangsang peningkatan produksi asam urat dalam tubuh.
  • Kurangnya olahraga dapat memperparah kondisi asam urat, karena dapat menurunkan saya tahan tubuh dan menurunkan kekuatan persendian tulang.
  • Faktor genetik juga dipercaya bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami asam urat, sehingga harus diwaspadai dan perlu dilakukan upaya pencegahan sejak dini.
  • Kurang mengkonsumsi air putih atau sering minuman penyebab asam urat tinggi seperti alkohol atau soda yang bisa mengganggu organ ginjal dalam mengeluarkan asam urat dari tubuh.
  • Efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu, baik dari obat itu sendiri atau kombinasi antara obat asam urat dengan obat-obatan lainnya yang bisa memicu atau memperparah kondisi.
  • Memiliki kebiasaan begadang, merokok atau kebiasaan tidak sehat lainnya juga dapat meningkatkan terjadinya asam urat di bahu kanan jika dilakukan terlalu sering.

Pengobatan Asam Urat pada Bahu Kanan

Asam urat seringkali dianggap sepele, padahal asam urat yang parah bisa saja menimbulkan peyakit lainnya yang lebih serius dan lebih berbahaya. Sehingga diperlukan penanganan sedini atau secepat mungkin agar berbagai kemungkinan komplikasi asam urat tinggi yang bahaya dapat dihindari. Penanganan asam urat sendiri bisa dengan pengobatan secara alami maupun secara medis, antara lain:

  • Memeriksakan diri ke dokter agar dapat diketahui seberapa parah asam urat yang diderita, sehingga bisa mendapatkan jenis obat yang tepat untuk dikonsumsi.
  • Mengkonsumsi suplemen asam urat yang dijual di apotek seperti suplemen vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan sendi dan menurunkan kadar asam urat.
  • Cukup istirahat dapat membantu meredakan asam urat di bahu kanan yang akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri , sekaligus dapat mencegahnya menjadi semakin parah.
  • Mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan penderita asam urat, serta menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat.
  • Memperbanyak minum air putih stetiap hari untuk menjaga agar saluran kemih dapat berfungsi dengan baik dalam pembuangan asam urat dari dalam tubuh.
  • Mengompres bahu kanan dengan kompres hangat dan dingin untuk meredakan nyeri atau bengkak, atau menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun atau jahe.

Pencegahan Asam Urat pada Bahu Kanan

Sebaik-baiknya pengobatan asam urat bahu kanan tentunya akan lebih baik lagi jika bisa dicegah. Apalagi sekarang ini banyak kasus tentang anak muda yang sudah mengalami asam urat, tidak jauh berbeda dengan orang dewasa atau lanjut usia. Yang mana sebagian besar kasusnya disebabkan karena kebiasaan dan pola makan yang kurang sehat. Untuk itu, perlu sekali untuk mengetahui bagaimana cara mencegah asam urat sejak dini, seperti di bawah ini:

  • Rutin berolahraga, artinya bisa dengan melakukan olahraga ringan tapi rutin dan teratur. Olahraga bisa menambah daya tahan tubuh juga dapat menguatkan tulang dan persendian, sehingga bisa membantu mencegah meningkatnya kadar asam urat.
  • Mengurangi frekuensi atau bahkan menghilangkan kebiasaan begadang, tidur terlalu larut atau merokok. Karena di samping bisa membahayakan kesehatan juga dapat mengganggu proses metabolisme yang berkaitan dengan detoksifikasi tubuh.
  • Memenuhi asupan air putih harian, beserta mengkonsumsi minuman yang baik untuk asam urat atau kesehatan tulang seperti susu yang kaya akan kandungan kalsium. Di mana kalsium bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang persendian.
  • Menghindari mengkonsumsi makanan tinggi purin harus dihindari penderita asam urat yaitu makanan seperti sayur bayam, bunga kol, daging, jamur, ikan laut dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan tentang asam urat di bahu kanan dari penyebab, pengobatan dan pencegahan. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab