Sponsors Link

Kondisi Asam Urat di Betis yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Penyakit asam urat saat ini menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak dialami oleh berbagai macam kalangan. Penyakit asam urat dulunya merupakan jenis penyakit yang banyak diderita oleh kalangan orang dengan umur tua. Mereka yang masih memiliki usia muda juga belakangan ini banyak yang sudah menderita penyakit asam urat terutama karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

ads

Penyakit asam urat terjadi akibat adanya kondisi dimana kadar asam urat di dalam darah melebihi kadar asam urat normal yakni 7.0 mg/dl untuk laki laki dan 6,0 mg/dl untuk perempuan. Peningatan kadar asam urat tersebut dapat menimbulkan kondisi penumpukan kristal asam urat pada beberapa bagian persendian akibat tidak tereksresiknya asam urat. Bentuk kristal asam urat berupa kristal jarum dapat menimbulkan beberapa gejala yakni nyeri dan bisa jadi meningkat menjadi radang serta bengkak.

Kondisi gejala dan serangan asam urat dapat terjadi di berbagai bagian tubuh meskipun secara umum lebih banyak muncul pada daerah persendian kecil seperti jari jari kaki dan jari tangan. Kondisi asam urat di betis meskipun bukan merupakan keadaan yang sering dialami oleh para penderita asam urat namun tetap menjadi keadaan yang sering dipertanyaan di masyarakat. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kondisi penyakti asam urat yang terjadi di betis.

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang terjadi pada daerah persendiaan dan menyebabkan terjadinya radang serta nyeri hebat. Kristal asam urat yang memiliki bentuk jarum akan mengendap di daerah persendian terutama sendi gerak paling kecil seperti jari tangan dan jari kaki. Mengendapnya kristal jarum asam urat tersebut sebagai akibat dari peningkatan kadar asam urat di dalam darah menjadi pemicu munculnya nyeri dan bengkak karena bentuk jarum kristal yang runcing diujungnya. Pengendapan kristal asam urat biasanya akan terjadi secara bertahap serta akan semakin memburuk ketika kadar asam urat di dalam darah tidak dapat diturunkan.

Penyakit asam urat dapat menyebabkan nyeri yang hebat dan peradangan pada beberapa sendi diantaranya seperti jari kaki dan jari tangan, pergelangan kaki, pergelangan tangan, lutut, siku, dan persendian lainnya. Gejala atau tanda tanda asam urat akan lebih terasa ketika memasuki malah hari hal ini dikarenakan kristal asam urat lebih banyak mengendap di daerah persendiaan disaat aliran darah pada saat seseorang mengistirahatkan tubuhnya lebih kecil untuk menjangkau daerah ujung tubuh.

Berkaitan dengan hal tersebut maka, kondisi asam urat di betis merupakan keadaan yang sebenarnya mungkin tidak disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat terutama jika memang belum ada yang memiliki riwayat penyakit tersebut sebelumnya. Nyeri pada betis dapat disebabkan oleh berbagai hal lain dan mungkin bisa jadi bukan asam urat karena pada betis tidak ditemukan persendian yang dominan. Penyebab nyeri pada betis lainnnya yang sering salah diartikan sebagai asam urat diantaranya seperti di bawah ini.

1. Masalah pada otot

Penyebab pertama yang dapat menjadikan betis mengalami sakit atau nyeri sebagai kondisi yang dimungkinkan merupakan keadaan asam urat adalah karena adanya masalah otot. Berikut ini beberapa permasalahan otot yang dapat terjadi di betis.

  •  Nyeri otot

Struktur utama pembentukan betis adalah otot sehingga kemungkinan besar terjadinya rasa nyeri yang cukup hebat tersebut adalah karena nyeri otot. Nyeri otot dapat diatasi denga obat nyeri.

  • Otot tegang atau kram

Penyebab selanjunya yang juga dapat seringkali disalahkan artikan sebagai kondisi sakit betis adalah karena otot yang tegang atau kram. Kram otot banyak terjadi saalh olahraga dan dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti akibat stres yang cukup berat selama olahraga, adanya sobekan pada serabut otot.

  • Masalah otot lainnya

Beberapa masalah otot lainnya yang juga dapat menjadi penyebab terjadinya kondisi nyeri di betis diantaranya Plantar fasciitis atau kondisi tekanan yang terlalu banyak pada otot kecil dan tipis di bawah kaki,  Tendonitis achilles atau pecahnya jaringan ikat yang menghubungkan otot betis dan tumit, Sciatica atau nyeri pinggul akibat gangguan pada saraf sciatica.

2. Masalah lain selain otot

Selain kondisi permasalahan pada otot, ada beberapa keadaan lain yang juga dapat menjadi penyebab betis menjadi nyeri. Beberapa keadaan tersebut diantaranya seperti :

  • Penyempitan pembuluh darah

Kondisi nyeri pada betas selain karen kopi selanjutnya adalah adanya penyempitan pembuluh darah. Kondisi penyempitan pembuluh darah di daerah betis tersebut tentu akan menghalangi aliran darah yang dapat menyebabkan terjadinya nyeri. Kondisi penyempitan pembuluh darah dapat terjadi akibat stres fisik maupun tingginya kadar kolesterol.

  • Cedera atau luka memar

Betis yang mendapatkan stres fisik dan tekanan yang cukup kuat dapat mengalami kondisi cedera maupun luka memar. Keadaan tersebut dapat terjadi karena kondisi kecelakaan yang tentunya akan menyebabkan munculnya rasa nyeri di betis.

  • Neuropatik diabetes

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang salah satunya mengarah pada saraf. Neuropatik merupakan kondisi dimana saraf menjadi rusak dan gejala awalnya adalah munculnya nyeri pada bagian tertentu termasuk betis.

  • Varises

Keadaan lainnya yang juga dapat menjadi penyebab terjadinya nyeri dibetis adalah varises. Varises merupakan kondisi dimana terjadi penonjolan pembuluh darah ketika adanya katup yang rusak.

Itulah beberapa penjelasan mengenai asam urat di betis yang perlu diperhatikan. Kondisi asam urat di daerah betis merupakan keadaan yang mungkin tidak akan terjadi mengingat kristal asam urat akan mengendap di daerah persendian seperti asam urat di tumit, jari kaki, jari tanga, dengkul, dan lain lain. Betis bukan merupakan persendian melainkan lebih berstruktur otot.

, ,



Oleh :
Kategori : Penyebab