Sponsors Link

Asam Urat di Jari Tangan : Gejala – Penyebab – Bahaya – Pengobatan

Sponsors Link

Proses metabolisme dalam tubuh dapat menghasilkan zat sisa sebagai cikal bakal penyakit yang sering dijumpai di kalangan masyarakat, yakni asam urat. Menjadi akibat dari kelebihan zat sisa yang tidak bisa dibuang melalui urin, asam urat juga dapat diartikan menjadi penumpukan zat sisa yang mengkristal pada persendian.

ads

Gejala

Salah satu area persendian yang rentan terserang asam urat ialah jari tangan. Peradangan yang terjadi akan menimbulkan rasa kaku dan perih pada jari tangan serta membengkaknya sendi yang terlihat jelas. Sensasi nyeri dan panas juga timbul ketika beraktivitas baik pagi maupun malam hari hingga mampu membuat jari tidak bisa ditekuk maupun tangan sulit untuk digerakkan. Gejala yang terjadi berulang lalu hilang seketika namun mudah kembali akan menimbulkan rasa tidak nyaman sekaligus menghambat kegiatan Anda.

Gejala lain yang dialami oleh penderita asam urat di jari tangan ialah meningkatnya frekuensi buang air kecil pada malam hari. Banyaknya peningkatan hingga mungkin mencapai 5 kali buang air kecil ini tentu mengganggu istirahat tidur terutama bagi Anda yang lelah setelah menjalani padatnya pekerjaan.

Penyebab

Peradangan pada persendian disebabkan oleh tingginya kadar zat purin yang membentuk kristal asam urat khususnya pada jari tangan. Makanan yang mengandung zat purin ini sering dijumpai dalam sehari-hari, misalnya hasil ikan laut, jeroan, ragi, kacang-kacangan, daging merah, dan lain-lain. Purin yang berperan dalam membentuk kembali sel-sel rusak sejatinya bermanfaat bagi tubuh dalam kadar secukupnya, bukan berlebihan. Sehingga konsumsi zat ini tetap dibolehkan namun harus sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Sementara gangguan dalam buang air kecil juga disebabkan oleh gangguan saluran kemih akibat zat purin yang mengkristal di dalamnya.

Bahaya

Bagi penderita asam urat kronis, maka peradangan akan timbul pada jari tangan dan disertai perubahan warna kulit di sekitarnya menjadi keunguan. Jika pembengkakan terus berlanjut, maka kuku dan kulit di sekitarnya sangat mungkin mengalami gatal, kering, dan pengelupasan. Hal ini pun akan menyebabkan kerusakan permanen atau kerusakan lain pada tulang rawan dan sendi. Khusus pada area jari tangan, munculnya tophi yaitu benjolan berwarna putih atau kuning berupa penumpukan kristal di bawah kulit dapat mengganggu aktivitas yang amat sederhana sekalipun seperti berjabat tangan hingga membawa barang.

Persendian jari tangan yang pertama kali kerap diserang oleh asam urat akan mudah menyebar ke area persendian di dekatnya, seperti siku. Setelah menyerang organ di sekitar tangan, penumpukan asam urat lama kelamaan akan menyebar hingga organ tubuh yang lain, seperti ginjal, yang memicu terbentuknya batu ginjal sehingga menyebabkan kesulitan berkemih.

Pengobatan

Jika penderita asam urat tidak menderita nyeri hingga demam, maka pengobatan bisa cukup dengan membatasi konsumsi purin. Namun untuk meredakan gejala nyeri dan bengkak, penderita dianjurkan untuk beristirahat dari aktivitas apa pun serta mengompres jari tangan dengan air es. Menjaga asupan makanan yang sehat dan meningkatkan konsumsi air putih juga sangat membantu proses keluarnya urin beserta asam urat dari dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual di pasaran seperti ibuprofen, tetapi perlu diingat bahwa jangan sampai memilih obat pereda nyeri yang mampu meningkatkan kadar asam urat.

Sponsors Link

Jika pembengkakan terjadi disertai dengan pengelupasan kulit jari tangan, maka pendarahan yang terjadi setelahnya harus dibersihkan dengan antiseptik dan dibalut perban agar tidak terkena infeksi lanjutan. Khusus bagi jari-jari, pergelangan, dan siku tangan, pengobatan dengan metode titik refleksi cukup populer belakangan ini. Cara ini merupakan pemijatan pada bagian tangan yang tidak bengkak selama 3 hingga 5 menit dan dilakukan selama sedikitnya 3 kali dalam sehari. Jika Anda belum yakin pada titik pemijatan, Anda dapat mendatangi ahli refleksi untuk percobaan pertama kali agar mengetahui titik refleksi yang tepat.

Berbagai cara untuk mengobati asam urat pada tangan melalui obat herbal juga mudah untuk dilakukan, seperti pemanfaatan cocor bebek, daun sirsak, madu, dan lain-lain. Hal ini tentu memiliki efek samping yang relatif lebih sedikit daripada obat atau salep untuk asam urat yang berbahan kimia.

Penyakit asam urat di jari tangan menjadi hal yang harus diperhatikan oleh pria maupun wanita. Tubuh khususnya bagian jari tangan memiliki peranan vital dalam berbagai aktivitas sehari-hari mulai dari kebutuhan dasar seperti makan, menyentuh, mencuci, membawa barang, hingga dalam pekerjaan rutin seperti mengetik, berkebun, menulis, dan lain-lain. Jari tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering menjadi penumpukan kristal asam urat di samping siku, lutut, dan kaki.

Untuk memastikan adanya kristal asam urat, Anda dapat memeriksakannya pada dokter untuk diambil sampel dari sendi yang bersangkutan. Hal ini terbilang penting sebagai langkah pencegahan untuk mendeteksi potensi penyakit asam urat di masa depan.

, , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab