Sponsors Link

Asam Urat di Leher: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya.

Sponsors Link

Pernahkah Anda merasakan leher Anda merasa sangat tegang dan tidak nyaman? Biasanya beberapa orang mengalami kondisi ini dan mengira bahwa rasa sakit itu disebabkan karena kesalahan posisi tidur. Namun tahukah Anda nyeri leher juga bisa disebabkan hal lain yang berhubungan dengan kesehatan. Asam urat di leher bisa menjadi salah satu penyebab leher merasa tidak nyaman.

ads

Penyebab Asam Urat di Leher

Beberapa penyebab asam urat bisa terjadi di leher karena disebabkan beberapa hal berikut:

  • Kelebihan zat purin dalam tubuh

Purin adalah salah satu penyebab utama yang bisa mengakibatkan terjadinya kenaikan asam urat dalam tubuh. Kelebihan ini biasanya disebabkan karena asupan makanan yang terlalu banyak mengandung purin. Mungkin Anda sudah terbiasa dan tidak menyadari bahwa asupan tersebut ternyata mempengaruhi pada penumpukan purin terutama dibagian leher. Purin merupakan zat yang sebenarnya tidak akan berbahaya jika kadarnya masih dalam kondisi normal, namun akan semakin berbahaya saat kadar nya menjadi tinggi. Purin yang menumpuk akan mulai disalurkan oleh darah melalui daerah tertentu salah satunya adalah leher. Sehingga tanda-tanda asam urat mulai menyerang dengan diawali ketidak nyamanan pada leher.

  • Penumpukan lemak

Kegemukan dan terlalu banyak menyimpan lemak juga bisa menjadi salah satu penyebab asam urat di leher. Purin yang menumpuk dan menyatu dengan lemak akan semakin memburuk kondisinya karena pengolahan purin menjadi tidak lancar. Akibatnya lemak akan menyumbat dan menghalangi pengolahan purin dan malah menyebarkannya melalui darah salah satunya pada bagian leher.

  • Konsumsi minuman penyebab asam urat

Beberapa minuman memiliki larangan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat seperti alkohol dan juga soda. Alkohol dan soda pada dasarnya akan memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan, dan juga untuk penderita asam urat. Jika seseorang yang memiliki penyakit asam urat mengkonsumsi alkohol dan soda secara berlebihan maka akan menghambat pada kerja ginjal untuk memproses purin.

Gejala Asam Urat di Leher

Akibat dari penyebab asam urat diatas, kemungkinan Anda akan mengalami beberapa gejala tersebut:

  • Leher terasa tidak nyaman

Anda akan merasakan kondisi leher yang sangat tidak nyaman seperti terasa pegal. Kondisi ini akan mengganggu pada aktivitas Anda.

  • Leher terasa kaku dan tegang

Gejala selanjutnya leher akan terasa sangat kaku dan merasa tegang. Kondisi ini akan benar-benar semakin membuat Anda tidak nyaman dan ingin berbaring terus.

  • Leher mulai terasa nyeri

Jika asam urat pada leher sudah semakin parah, kemungkinan besar Anda akan merasakan nyeri yang menyiksa pada bagian leher. Rasa ngilu membuat Anda tidak bisa menggerakkan leher dengan leluasa.

Sponsors Link

Cara Pengobatan

Untuk mengatasi asam urat di leher, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut:

  • Mengobati dengan obat oles dari belimbing wuluh

Cara mengolah belimbing wuluh untuk asam urat, Anda bisa menjadikannya obat oles untuk dioleskan pada bagian leher yang terasa sakit. Anda tinggal menyiapkan daun belimbing wuluh dan juga kapur sirih. Untuk pengolahan nya Anda bisa menumbuk daun belimbing wuluh kemudian ditambahkan dengan sedikit kapur sirih, selesai. Anda tinggal mengoleskan obat oles dari belimbing wuluh pada bagian leher. Obat ini akan mengurangi rasa tidak nyaman pada leher.

  • Mengobati dengan obat oles dari jahe

Obat oles untuk asam urat di leher selanjutnya adalah menggunakan olahan jahe. Anda bisa menyiapkan 2 bahan yaitu jahe dan cengkeh dengan takaran yang sama, kemudian tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus, selesai. Anda bisa langsung mengoleskannya pada bagian leher yang terasa nyeri.

  • Menggunakan balsam akan mengurangi rasa nyeri

Anda juga bisa mengoleskan balsam atau obat oles lainnya yang tersedia di apotek dan bisa mengatasi rasa nyeri pada bagian leher.

  • Hindari konsumsi makanan mengandung purin

Agar kondisi tidak semakin memburuk sebaiknya Anda juga mulai menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat yang memiliki kandungan purin cukup tinggi. Ini akan membantu Anda untuk mengurangi kadar purin dalam tubuh dan mengurangi asam urat di leher secara perlahan.

Suplemen akan membantu Anda untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara bertahap. Sehingga penumpukan purin yang ada di leher akan semakin menurun dan rasa sakitnya akan semakin berkurang.

Itulah pembahasan mengenai asam urat di leher mengenai penyebab, gejala dan juga cara pengobatan nya. Jika kondisi asam urat semakin meningkat, maka tidak akan hanya pada leher saja. Asam urat juga akan menyerang pada bagian sendi lainnya seperti kaki dan tangan.

, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan