Sponsors Link

Asam Urat di Lutut : Penyebab – Gejala – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Penyakit Asam urat merupakan penyakit yang biasa menyerang pada persendian terutama sendi yang  ada di bagian kaki. Salah satu sendi yang bisa saja terserang adalah sendi yang ada pada bagian lutut. Bahaya asam urat di lutut tentu saja akan menjadi sangat mengganggu penderita, karena kemungkinan besar tanda-tanda asam urat akan menyerang.

ads

Penyebab Asam Urat di Lutut

Asam urat pada kaki, khususnya pada bagian lutut sering terjadi karena beberapa penyebab berikut:

  • Penumpukan purin

Purin adalah penyebab paling utama mengapa asam urat bisa menyerang bagian lutut. Penumpukan akibat kelebihan purin yang berasal dari luar tubuh adalah hal yang paling membahayakan. Sebenarnya purin tidak akan berbahaya jika masih dalam kadar normal yang bisa diolah oleh tubuh. Namun kerap kali konsumsi makanan mengandung purin menjadi salah satu penyebab tingginya purin dalam tubuh.

  • Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab lainnya mengapa asam urat bisa terjadi pada lutut. Berat badan yang melebihi batas normal akan semakin membuat kaki merasa kesulitan untuk menopang nya. Ditambah dengan kondisi kolesterol dan lemak dalam tubuh yang mulai menyatu dengan purin dan masuk pada sela persendian bagian lutut.

  • Jarang berolahraga

Anda yang jarang sekali melakukan aktivitas olahraga akan membuat keadaan lutut yang tadinya kaku karena asam urat akan semakin kaku dan tidak bisa digerakkan.

Gejala Asam Urat di Lutut

Setelah mengetahui penyebab asam urat yang terjadi pada sendi lutut, selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi gejala asam urat di lutut.

1. Sendi bagian lutut merasa tidak nyaman

Untuk gejala awal Anda akan merasakan sendi lutut yang tidak nyaman. Kemungkinan besar, Anda belum menyadari bahwa gejala ini adalah awal dari terjadinya asam urat. Sendi bagian lutut akan tidak nyaman dan bisa terjadi kapan saja. Anda akan mengira bahwa ini hanyalah efek dari kelelahan saja. Namun jika terus dibiarkan gejala nya akan semakin berkembang.

2. Sendi bagian lutut mulai terasa nyeri

Setelah mengalami tidak nyaman, gejala selanjutnya Anda akan mulai merasakan nyeri atau ngilu pada bagian sendi. Ini menandakan bahwa purin sudah benar-benar masuk dalam sendi dan kristalnya sudah mulai mengganggu pada persendian. Akibatnya Anda akan merasakan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman.

3. Sendi bagian lutut terasa panas dan seperti terbakar

Jika gejala terus saja dibiarkan dan asam urat tidak segera diatasi, tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami gejala lanjutan yaitu lutut terasa panas dan terbakar. Kondisi ini dipicu karena asam urat sudah mulai masuk pada darah dengan sangat tinggi sehingga rasa panas kerap menyerang dengan tiba-tiba sebagai gejala lanjutan.

Sponsors Link

4. Lutut terasa kaku

Kemudian untuk gejala selanjutnya, Anda akan merasakan kaku pada lutut yang terasa asam urat. Anda tidak dapat menggerakkan lutut dengan baik, dan saat digerakkan bisa saja Anda malah akan merasa kesakitan.

5. Sendi bagian lutut mulai kemerahan

Kondisi lebih parah adalah ditandai dengan memerah nya lutut yang terserang asam urat. Kondisi ini juga diikuti dengan gejala asam urat sebelumnya, yaitu panas pada bagian lutut.

6. Sendi lutut mulai membengkak

Selanjutnya, jika memang asam urat sudah benar-benar parah maka sendi akan mulai membengkak disertai dengan gejala kaku, nyeri, panas dan yang lainnya. Ini adalah kondisi paling mengganggu. Aktivitas yang biasa Anda lakukan mulai terganggu karena lutut Anda yang membengkak.

Tips Mengatasi Asam Urat Pada Lutut

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi asam urat pada lutut:

Sponsors Link

  • Berolahraga

Anda sebaiknya banyak menggerakkan lutut dengan berolahraga fokus pada lutut. Tujuannya adalah agar lutut tidak menjadi kaku.

  • Mengatur asupan makanan

Pengaturan asupan makanan adalah hal yang dianggap sangat penting karena tidak bisa dipungkiri bahwa sumber utama purin yang berlebihan adalah karena makanan yang sembarangan. Sehingga ada baiknya Anda mulai menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat agar kadar asam urat dalam tubuh berkurang.

  • Kosumsi jamu asam urat

Anda juga bisa mengkonsumsi jamu asam urat yang bisa Anda olah sendiri atau Anda dapatkan di toko herbal. Beberapa jamu akan memberikan manfaat untuk menguatkan bagian persendian.

  • Konsumsi suplemen penurun asam urat

Suplemen penurun asam urat juga akan membantu Anda untuk menurunkan kadar asam urat yang berlebihan. Selain suplemen asam urat, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen tambahan yang memiliki manfaat untuk menyehatkan bagian sendi khususnya pada lutut.

Itulah bahaya asam urat di lutut yang perlu Anda ketahui agar bisa terhindar dari serangan asam urat khususnya pada bagian lutut.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab