Sponsors Link

Asam Urat di Paha: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

Sponsors Link

Asam urat  adalah penyakit yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Biasanya asam urat akan disertai dengan tanda-tanda asam urat seperti rasa nyeri atau pun bengkak pada bagian tertentu salah satunya pada bagian paha. Berikut adalah pembahasan mengenai asam urat di paha yang perlu Anda ketahui.

ads

Penyebab Asam Urat di Paha

Asam urat terjadi pada bagian tubuh tertentu pastinya karena disebabkan oleh beberapa hal. Berikut adalah penyebab asam urat di paha:

  • Zat purin yang mulai menumpuk

Penyebab asam urat yang paling utama adalah purin yang terlalu menumpuk dalam tubuh. Penumpukan biasanya akan berasal dari luar tubuh yaitu dari makanan mengandung purin dan minuman penyebab asam urat yang memiliki kandungan purin sangat tinggi. Purin sebenarnya akan selalu diproses oleh ginjal untuk dikeluarkan lewat urin. Namun purin sudah menumpuk, maka kinerja ginjal mulai terhambat sehingga purin malah akan semakin menumpuk, dan mulai tersalur kan pada sekitar paha.

  • Pengkristalan asam urat

Zat purin yang menumpuk kemudian akan disalurkan tubuh pada bagian tubuh tertentu salah satuny adalah paha. Purin yang disalurkan paha akan membentuk kristal asam urat yang jika dibiarkan akan memberikan efek yang semakin buruk untuk kenyamanan paha dan tulang disekitar nya,

  • Adanya peradangan pada sekitar paha

Asam urat pada sekitar paha juga disebabkan karena adanya peradangan akibat asam urat pada titik titik tertentu yang mengakibatkan peradangan. Akibat dari adanya peradangan akan memberikan keluhan pada penderita asam urat.

Gejala Asam Urat di Paha

Akibat beberapa penyebab asam urat di paha, Anda akan mengalami beberapa gejala sebagai berikut:

  • Paha terasa tidak nyaman

Untuk gejala awal asam urat di paha, Anda kemungkinan akan merasakan rasa tidak nyaman pada bagian paha, sendi dan tulang disekitar nya. Rasa tidak nyaman kerap kali membuat Anda kesulitan untuk berjalan. Anda akan mengeluhkan kondisi ini karena sangat mengganggu pada aktivitas yang sedang Anda lakukan.

  • Paha terasa kaku

Jika gejala sebelumnya tidak disadari oleh penderita sebagai salah satu gejala asam urat, kemungkinan gejala akan semakin berkembang. Anda akan merasakan kekakuan pada area paha, Anda mulai kesulitan untuk berjalan dan memilih untuk duduk dan beristirahat. Rasa kaku kerap dinilai akibat kelelahan padahal kaku disebabkan karena asam urat sudah menyerang area paha dan sekitarnya.

  • Paha terasa pegal

Setelah mengalami kaku, Anda akan merasakan pegal pada bagian paha seperti sudah berjalan jauh. Padahal Anda hanya beristirahat saja seharian. Pegal ini akan terasa sangat tidak nyaman.

  • Paha terasa nyeri

Perkembangan gejala jika tidak disadari juga akan mulai menimbulkan rasa nyeri yang sangat hebat pada area paha dan sekitarnya. Rasa nyeri ini kerap juga akan dirasakan ketika Anda mencoba untuk menggerakkan paha Anda. Nyeri kerap kali datang secara tiba-tiba. Jika sudah pada kondisi ini, beberapa orang sudah mulai menyadari bahwa ada gangguan kesehatan pada dirinya. Paha terasa nyeri diakibatkan karena peradangan asam urat yang sudah mulai menyerang, dan juga pengkristalan nya sudah masuk pada area paha dan sendi disekitar nya. Sehingga menyebabkan rasa nyeri berkelanjutan jika tidak segera diatasi.

Sponsors Link

Pengobatan Asam Urat di Paha

Tentu saja jika asam urat sudah menyerang dan Anda sudah mengetahui, yang paling terpenting adalah mengobati asam urat secepat mungkin. Untuk pengobatannya Anda bisa menggunakan obat herbal untuk asam urat atau obat medis untuk asam urat yang sudah di resep kan oleh dokter. Berikut adalah pengobatan yang bisa Anda lakukan:

  • Konsumsi ramuan herbal

Anda bisa mengkonsumsi ramuan herbal yang di racik sendiri salah satunya adalah jahe. Rebusan air jahe jika Anda konsumsi akan membuat bagian yang terasa sakit berkurang sakitnya. Jahe juga bermanfaat untuk melancarkan darah sehingga bisa menurunkan asam urat secara perlahan.

  • Menggunakan obat oles untuk asam urat

Selain mengkonsumsi sesuatu, Anda juga bisa menggunakan obat oles untuk asam urat. Tujuan penggunaan obat oles adalah untuk meringankan rasa sakit disekitar paha akibat asam urat. Anda bisa mendapatkan obat oles di apotek, atau Anda juga bisa membuatnya sendiri dari tumbukan cengkeh dan campuran kapur sirih.

  • Mengkonsumsi obat medis

Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa obat medis untuk asam urat yang biasa di resep kan dokter untuk asam urat. Salah satunya adalah Allupurinol, manfaat dari obat ini adalah untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan mencegah enzim yang bisa mengubah purin menjadi asam urat.

Itulah pembahasan mengenai asam urat di paha yang dapat Anda ketahui agar bisa menghindari resiko terjadinya asam urat di paha.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan