Sponsors Link

Asam Urat di Pergelangan Kaki : Penyebab – Gejala – Pengobatan – Pencegahan

Sponsors Link

Pada dasarnya, penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian akibat mengendapnya kristal-kristal asam urat di persendian tubuh. Salah satu persendian yang kerap diserang penyakit asam urat adalah sendi  pergelangan kaki. Pada umumnya gejalanya diawali dengan nyeri di bagian sendi pergelangan kaki yang kemudian timbul rasa panas dan pembengkakan lalu menjalar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini membuat penderitanya sulit melakukan aktivitas sehari-hari karena sangat sulit untuk berjalan. Gaya hidup yang tidak sehat adalah salah satu penyebab awal terjadinya penyakit asam urat. Di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang penyebab, gejala, pengobatan dan pencegahan gejala asam urat di pergelangan kaki.

ads

Penyebab Asam urat

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab utama penyakit asam urat. Mengkonsumsi makanan yang mempunyai kadar purin yang tinggi seperti jeroan, makanan laut, dan juga daging merah dapat memicu timbulnya asam urat. Penyakit asam urat juga dapat dipicu oleh konsumsi minuman manis dan juga minuman alkohol secara berlebihan. Orang yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti diuretik dan aspirin juga dapat meningkatkan potensi asam urat. Beberapa orang yang juga sedang menderita penyakit tertentu juga bisa terkena asam urat, karena sistem ekskresi atau pembuangan di tubuhnya sedang tidak optimal.

Selain itu juga obesitas dan juga faktor keturunan genetis juga mempunyai potensi yang tinggi untuk seseorang terkena gejala asam urat. Faktor umur dan jenis kelamin seseorang juga menentukan tingkat resiko asam urat. Orang yang berusia lanjut akan lebih mudah terkena asam urat dibanding orang yang berusia lebih muda. Begitupun pria juga lebih tinggi potensinya terkena asam urat dibandingkan wanita,

Gejala Asam Urat

Gejala asam urat diawali dengan nyeri di beberapa sendi, yang salah satunya adalah pergelangan kaki. Gejala nyeri tersebut akan terasa parah di dua hari pertama, terutama di malam hari. Selain nyeri, pergelangan kaki yang terkena asam urat itupun akan terlihat memerah dan mengalami pembengkakan sehingga membuat sulit berjalan dan akan sangat terasa sakit bila disentuh. Biasanya gejala ini akan muncul hingga 10 hari  tapi dapat muncul lagi setelah 6 atau 12 bulan. Jika asam urat tersebut sudah kronis akan membuat sendi akan rusak secara permanen sehingga tidak bisa bergerak dengan normal. Jika penyakit asam urat ini tidak ditangani lebih lanjut, akan dapat mengakibatkan komplikasi juga ke penyakit lainnya, seperti contohnya batu ginjal.

Pengobatan Asam Urat

Sebagai langkah pertama untuk setidaknya mengurangi nyeri yang terjadi , sebaiknya istirahatkanlah sendi yang yang sakit tersebut dan jangan memaksakan untuk bergerak agar sakitnya tidak semakin parah. Mengompres pada pergelangan kaki atau sendi lainnya yang terkena asam urat juga ampuh mengurangi rasa nyeri yang timbul. Selain itu bisa juga dicoba cara-cara alami untuk mengobati asam urat. Misalnya saja buah ceri yang mengandung magnesium dan potassium yang berfungsi meredakan dan meringankan rasa sakit yang timbul karena asam urat.

Mengkonsumsi jahe juga dapat mengobati atau mengurangi nyeri akibat asam urat dikarenakan jahe terbukti ampuh untuk mengeluarkan tumpukan asam urat yang ada di tubuh dengan cara memperlancar sirkulasi darah. Minum rebusan air daun sirih juga dipercaya dapat, menyembuhkan asam urat karena daun seledri mempunyai banyak zat-zat yang diperlukan tubuh mengatasi nyeri yang timbul akibat asam urat. Dan bila sakit dan nyeri asam urat tersebut masih berlanjut, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan juga mendapat pengobatan lebih lanjut.

Pencegahan Asam urat

Dengan melakukan gaya hidup sehat sesungguhnya kita dapat mengurangi gejala asam urat. Gaya hidup sehat yang bisa kita lakukan antara lain olahraga yang teratur, banyak minum air putih, dan juga menghindari makanan yang mempunyai kandungan zat purin yang tinggi. Makanan tersebut antara lain jeroan, seperti ati dan usus, makanan laut seperti udang dan kepiting, beberapa jenis sayuran seperti bayam, kangkung, dan kembang kol, maupun buah yang berkadar purin tinggi seperti durian. Selain itu kita juga harus mengontrol pola makan kita agar tidak terkena obesitas yang juga meningkatkan resiko terkena asam urat. Menghindari konsumsi alkohol, rokok, dan juga mengurangi minuman yang manis dapat juga menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit asam urat.

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab, gejala dan juga cara untuk mengobati gejala asam urat di pergelangan kaki. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat dapat menghindari kita dari berbagai macam penyakit, tidak hanya asam urat saja. Karena sesungguhnya asam urat dapat menjadi pintu masuk dari timbulnya penyakit-penyakit lainnya. Ingatlah bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Namun, Jika kita sudah melihat adanya gejala asam urat di tubuh kita, ada baiknya untuk konsultasi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat,

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan