Sponsors Link

Asam Urat di Pinggang: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Sponsors Link

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena penumpukan kadar purin dalam tubuh yang terlalu berlebihan. Tanda-tanda asam urat biasanya akan diikuti dengan rasa nyeri pada bagian tertentu. Salah satu bagian yang terserang bisa saja asam urat di pinggang. Benarkah asam urat bisa menyerang bagian pinggang? Berikut adalah pembahasan nya.

ads

Penyebab

Sebenarnya nyeri pada pinggang buka gejala langsung karena asam urat, namun nyeri pada pinggang adalah pengaruh dari penyakit asam urat. Berikut adalah penyebab dan pengaruh asam urat pada pinggang:

  • Peradangan pada sendi

Asam urat yang menyerang bagian pingga bawah. Ini disebabkan adanya peradangan akibat asam urat pada bagian tulang belakang, sehingga mengakibatkan timbulnya rasa nyeri. Selain itu juga mulai terjadi penyempitan pada sum-sum tulang belakang. Peradangan pada sendi diakibatkan asam urat, akan dipengaruhi langsung oleh purin. Zat purin adalah penyebab asam urat yang paling utama, saat kadarnya semakin tinggi maka purin akan memicu asam urat untuk kemudian membentuk kristal-kristal asam urat, inilah yang mengakibatkan adanya peradangan karena asam urat.

  • Penyakit ginjal yang dipengaruhi asam urat

Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang sangat dipengaruhi oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh dan akan membuat masalah pada pinggang. Jika kadar asam urat sudah semakin tinggi maka akan mulai membentuk batu ginjal asam urat dan menyebabkan rasa nyeri pada area pinggang. Asam urat juga bisa menyebabkan seseorang mendapatkan infeksi ginjal dan mulai timbul keluhan mual dan sulit buang air kecil. Sehingga penurunan fungsi ginjal karena asam urat benar-benar mempengaruhi pada keluhan asam urat di pinggang.

Gejala

Jika asam urat sudah mempengaruhi kesehatan tulang dan juga ginjal, beberapa gejala yang akan didapat adalah sebagai berikut:

  • Nyeri pada bagian pinggang

Anda akan merasakan nyeri pada bagian pinggang, ini bisa disebabkan karena peradangan atau ada gangguan pada kesehatan ginjal. Nyeri kemungkinan besar akan semakin parah jika kadar asam urat dalam tubuh semakin meningkat.

  • Pinggang terasa kaku

Tulang pada area pinggang juga akan terasa sangat kaku. Anda akan mulai sulit menggerakkan bagian pinggang dan tidak bisa bergerak dengan leluasa. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu pada aktivitas Anda. Banyak sekali hal bisa terhambat karena nyeri pinggang, Anda akan mudah merasa lelah dan hanya ingin beristirahat dalam waktu yang lama.

  • Gejala yang timbul secara tiba-tiba

Anda juga tidak akan bisa mengontrol gejala nyeri atau ngilu yang menyerang pinggang. Rasa nyeri bisa menyerang kapan saja. Bisa saat Anda sedang bekerja, atau saat Anda sedang istirahat.

Cara Mengobati Asam Urat di Pinggang

Jika Anda memiliki keluhan pada pinggang karena penyakit asam urat, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat. Namun untuk lebih membantu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Konsumsi air putih

Konsumsi air putih akan sangat bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Air yang masuk dalam tubuh akan membantu untuk membersihkan ginjal dari penumpukan batu asam urat, sehingga fungsi ginjal akan semakin membaik.

Sponsors Link

  • Membuat obat herbal untuk batu asam urat

Jika batu asam urat yang menyebabkan Anda merasa nyeri pinggang, Anda bisa mengkonsumsi obat herbal untuk asam urat yang terbuat dari daun kelor. Obat ini sangatlah aman untuk dikonsumsi dan sudah dipercaya bisa menghancurkan batu ginjal asam urat karena manfaatnya untuk mengatur keseimbangan koloid dan kristaloid dan juga bisa mengembalikan fungsi ginjal kembali baik.

  • Konsumsi rujak polo

Obat herbal untuk asam urat selanjutnya yang bisa membantu Anda mengurangi keluhan pada pinggang dan menghilangkan batu asam urat adalah rujak polo. Jika ekstrak tujak polo dicampurkan pada air lalu dibuat ramuan sehat makan akan mengurangi resiko pembentukan asam urat pada ginjal semakin lebih parah. Selain itu, karena batu asam urat sudah bisa diatasi, maka metabolisme purin oleh ginjal akan kembali lancar dan purin sedikit demi sedikit akan berkurang.

  • Konsumsi tanaman ajwain

Masih masuk dalam obat herbal jenis tanaman. Ajwain merupakan tanaman yang mempunyai kandungan atioksidan sangat tinggi sehingga akan mencegah adanya peradangan serta pembentukan batu asam urat pada ginjal. Sama halnya dengan rujak polo, Anda bisa konsumsi ajwain dengan cara direbus dan meminum air rebusan nya.

Itulah asam urat di pinggang yang dapat Anda ketahui.Tinggi kadar asam urat memang sangat mempengaruhi pada kesehatan, terutama kesehatan organ ginjal.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan