Sponsors Link

3 Cara Mengatasi Asam Urat di Punggung Terampuh

Sponsors Link

Asam urat merupakan salah satu senyawa atau zat yang diproduksi oleh tubuh melalui proses pembentukan asam urat dengan mekanisme tertentu. Adanya pembentukan asam urat secara alami di dalam tubuh tersebut tentu miliki beberapa peran dan fungsi asam urat tertentu diantaranya seperti bertindak sebagai antioksidan dan neuroprotektif, mobilisasi progenitor endotel, dan berperan dalam sistem imun aditif ketika kadar asam urat di dalam darah dalam jumlah yang normal dan tidak terjadi peningkatan.

ads

Adanya peningkatan kadar asam urat di dalam darah diatas kadar normalnya dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat. Dikatakan terjadinya peningkatan kadar asam urat tersebut ketika nilai asam urat di dalam darah berada diatas kadar normalnya yakni diatas 6,0 mg/dl untuk perempuan dan 7,0 mg/dl untuk laki laki. Peningkatan asam urat atau penyakit asam urat tersebut dapat terjadi pada masyarakat terutama dengan usia yang lebih tua meskipun saat ini juga ditemui penderita asam urat dengan usia yang masih muda.

Peningkatan asam urat di dalam tubuh tersebut dapat menyebabkan terjadinya gejala dan asam urat berupa pembengkakan dan nyeri yang sangat hebat tergantung dari tinggi rendahnya kadar asam urat dan kondisi fisik penderitanya. Penyakit asam urat banyak terjadi pada beberapa bagian sendi terutama di sendi gerak meskipun adanya penumpukan asam urat tersebut dapat berada di berbagai bagian tubuh lain. Dalam penjelasan kali ini, akan diulas mengenai asam urat di punggung melalui uraian di bawah ini.

Asam urat dapat menyebabkan berbagai macam gejala dan terutama terjadi pada tulang tulang persendian. Adanya rasa nyeri yang cukup hebat di daerah punggung merupakan kondisi yang dapat disebabkan oleh banyak hal diantaranya seperti low back pain, nyeri pada persendian, nyeri pada otot otot di punggung, adanya riwayat cedera, pemakaian hak tinggi yang terlalu sering pada wanita, rheumatoid arthritis, dan tidak menutup kemungkinan juga dapat disebabkan oleh asam urat.

Kondisi asam urat di punggung merupakan keadaan yang memang sangat jarang terjadi tapi mungkin dapat disebabkan oleh adanya penumpukan asam urat pada tulang tulang persendian di daerah punggung. Penumpukan kristal asam urat di punggung menjadi salah satu kondisi yang memang lebih jarang dirasakan dibandingkan penumpukan asam urat di daerah jempol kaki maupun tangan dan kemungkinan terjadi akibat sudah terlalu tingginya kadar asam urat melebihi ambang batas normalnya.

Seperti dalam penjelasan diatas, kondisi asam urat yang terjadi pada punggung seperti terasanya nyeri yang hebat dan bahkan dapat semakin parah dengan munculnya peradangan atau bengkak merupakan kondisi yang terjadi akibat tingginya kadar asam urat yang sudah berbeda jauh dari ambang batasnya. Kondisi asam urat di punggung perlu untuk segera diatasi agar tidak menyebabkan dampak yang lebih buruk dengan adanya penumpukan kristal asam urat tersebut. Untuk mengatasi kondisi asam urat tersebut, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan.

  • Memastikan sakit punggung disebabkan oleh asam urat

Cara pertama yang perlu diperhatikan ketika mengalami sakit punggung dan diindikasikan sebagai asam urat adalah memastikan terlebih dahulu apakah kondisi sakit punggung yang dirasakan tersebut memang benar sebagai keadaan yang disebabkan oleh asam urat. Hal ini dikarenakan, sakit punggung pada beberapa orang dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi yang disebutkan di atas.

  • Menggunakan obat-obatan

Penggunaan obat obatan medis perlu dilakukan untuk mengatasi kondisi asam urat yang sudah terjadi. Dalam pemilihannya, ada beberapa jenis obat yang direkomendasikan oleh dokter untuk digunakan dalam mengatasi asam urat yakni obat penurun kadar asam urat seperti allopurinol dan probenecid untuk asam urat, serta obat yang digunakan untuk meredakan gejala seperti obat anti nyeri dan anti inflamasi contohnya natrium diklofenak, asam mefenamat, piroksicam, dan lain sebagainya.

  • Mencegah kondisi asam urat kambuh kembali

Langkah selanjutnya ketika asam urat di daerah punggung dapat diatasi maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mencegah kondisi peningkatan asam urat tersebut kembali terjadi. Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah kambuhnya asam urat. Cara mencegah asam urat kambuh adalah dengan mengatur pola makan dan memiliki jenis makanan yang tidak menyebabkan peningkatan asam urat terutama yang banyak mengandung zat purin serta menjalani pola hidup yang sehat seperti berolahraga, menjaga waktu istirahat, dan menghindari alkohol serta rokok.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kondisi asam urat yang terjadi pada daerah punggung dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi keadaan tersebut. Kondisi asam urat yang terjadi di punggung memang sangat jarang dialami oleh penderita asam urat namun tetap memiliki kemungkinan terutama ketika penumpukan asam urat sudah jauh lebih tinggi dari kadar normalnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan