Sponsors Link

Penyebab Dan Gejala Asam Urat Di Telapak tangan

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh orang dengan usia lanjut meskipun sekarang ini kondisi asam urat dapat terjadi pada setiap lini usia karena gaya hidup yang tidak sehat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin. Kandungan zat purin tersebut dapat menjadi salah satu bahan di dalam tubuh yang akan dimetaboliseme oleh enzim xanthin oksidase menjadi asam urat sehingga jika kadarnya tinggi makan kadar asam urat di dalam darah juga akan tinggi.

ads

Peningkatan kadar asam urat melebihi kadar asam urat normal yakni 6,0 mg/dl untuk wanita dan 7,0 mg/dl untuk wanita dapat menyebabkan terjadinya penumpukan asam urat pada beberapa bagian tubuh terutama dipersendian. Salah satu bagian persendian yang dapat mengalami masalah penumpukan asam urat tersebut adalah telapak tangan. Penumpukan asam urat pada telapak tangan perlu dicegah dengan baik dan benar melalui beberapa cara.

Kondisi asam urat di telapak tangan akan menimbulkan kondisi gejala yang sama seperti asam urat pada umumnya yakni pembengkakan dan nyeri hebat. Penumpukan kristal asam urat berbentuk jarum pada telapak tanganlah yang menyebabkan munculnya gejala umum tersebut. Kondisi asam urat di daerah telapak tangan perlu dipelajari terlebih dahulu dengan baik dan benar terkait penyebab dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Penyebab Asam Urat Di Telapak Tangan

Penyebab asam urat di telapak tangan sebenarnya hampir sama dengan kondisi asam urat di daerah persendian lainnya. Penyakit asam urat pada daerah telapak tangan dapat terjadi dipersendian yang berada pada telapak tangan tersebut. Penumpukan asam urat pada sendi sendi di telapak tangan terjadi akibat adanya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang melebihi kadar normalnya. Asam urat yang berlebih tersebut tidak dapat tereksresi dengan baik oleh ginjal sehingga melalui sistem peredaran darah dapat menumpuk pada beberapa bagian persendian. Kondisi penumpukan asam urat akibat peningkatan kadarnya tersebut akan menimbulkan berbagai macam gejala diantaranya seperti :

  • Nyeri pada telapak tangan, nyeri pada telapak tangan dapat menjadi pertanda pertama terjadinya kondisi asam urat terutama ketika nyeri hebat tersebut lebih sering terjadi di malam hari dan tidak disebabkan oleh cedera fisik tertentu atau penyebab lainnya yang sudah cukup jelas seperti luka, terbentur, dan lain sebagainya.
  • Nyeri yang berkepanjangan, kondisi gejala lainnya dari asam urat di telapak tangan adalah nyeri yang berkepanjangan dan sulit untuk sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat obatan anti nyeri.
  • Munculnya peradangan, selain kondisi nyer, peradangan juga dapat terlihat pada telapak tangan maupun jari jari tangan bagi penderita asam urat tinggi sebagai salah satu gejalanya. Peradangan tersebut akan terlihat dengan adanya kondisi kulit yang memerah terutama di daerah persendian.
  • Jari jari yang Bengkak, gejala yang dapat menunjukan bahwa kondisi penyakit asam urat pada daerah telapak tangan sudah sangat buruk adalah ketika terjadinya bengkak di daerah jari jari tangan.

Kondisi gejala yang disebutkan diatas tersebut tentu dapat menganggu aktivitas penderitanya dan dapat muncul karena bentuk dari kristal asam urat yang menyerupai jarum. Bentuk jarum tersebut akan menyebabkan nyeri di daerah persendian yang lama kelamaan dapat berkembang menjadi peradangan. Kondisi tingginya kadar asam urat pada seseoarang dapat terjadi akibat beberapa kondisi penyebab asam urat diantaranya seperti :

  •  Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu terjadinya berbagai macam jenis penyakit termasuk di dalamnya penyakit asam urat. Mengkonsumsi alkohol, merokok, tidak rajin berolahraga dan menjaga berat badan, serta kurang menjaga kebersihan tubuh menjadi pemicu utama terjadinya kondisi penyakit asam urat yang saat ini tidak hanya diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia namun juga mereka yang dapat dikatakan masih relatif muda.

  • Konsumsi makanan secara sembarangan

Penyebab lain yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat di dalam darah adalah karena konsumsi makanan yang sembarangan dan tidak diperhatikan dengan baik. Makanan dengan kandungan zat purin tinggi dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kadar asam urat karena zat purin tersebut dapat dimetabolisme oleh enzim xanthin oksidase di dalam tubuh menjadi asam urat.

  • Kondisi permasalahan pada metabolisme tubuh

Asam urat merupakan salah satu senyawa yang secara alami akan diproduksi oleh tubuh. Enzim yang bertanggung jawab dalam memetabolisme pembentukan asam urat disebut xanthin oksidase. Adanya permasalah pada xanthin oksidase maupun pada proses metabolisme yang berhubungan dengan pembentukan asam urat di dalam tubuh tentu dapat memicu kondisi kadar asam urat yang tidak normal termasuk terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam darah.

  • Penyakit Kolesterol

Kondisi lainnya yang juga dapat memicu atau menjadi penyabab peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang menyebabkan terjadinya penyakit tersebut pada telapak tangan adalah kolesterol. Kolesterol merupakan kondisi dimana tubuh memiliki kadar lemak jahat yang terlalu berlebihan. Penyakit kolesterol dan asam urat seringkali berhubungan menjadi penyebab satu sama lain karena dapat dipicu oleh permasalahan yang sama yakni terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan mengandung lemak tinggi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kondisi gejala dan penyebab asam urat pada telapak tangan yang perlu diperhatikan dengan baik. Untuk mengatasi kondisi penyakit dan gejala asam urat yang terjadi di telapak tangan maka dapat diatasi dengan cara yang sama seperti pada pengobatan asam urat lainnya baik secara traditional maupun medis.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab