Sponsors Link

Penyebab Asam Urat di Usia 20 Tahun dan Pencegahannya Sejak Dini

Sponsors Link

Selama ini penyakit asam urat cenderung dikaitkan dengan penyakit yang dialami seseorang ketika dewasa atau lanjut usia saja. Padahal asam urat bisa diderita oleh siapa saja bahkan oleh seseorang yang masih muda seperti berusia 20 tahunan. Bahkan saat ini sudah banyak anak muda yang memiliki kadar asam urat tinggi, di mana kejadian asam urat pada anak muda ini bisa disebabkan karena berbagai hal seperti pola hidup dan pola makan yang tidak sehat maupun karena faktor genetik.

ads

Sebenarnya keberadaan asam urat dalam tubuh adalah normal, karena merupakan hasil metabolisme yang nantinya akan diekskresi melalui urin. Namun kadarnya bisa melonjak bila mengkonsumsi makanan dengan zat purin tinggi, di mana zat purin bisa memicu produksi asam urat. Jika hal ini terjadi asam urat bisa mengkristal dan menumpuk di persendian, sehingga bisa menyebabkan nyeri dan ngilu pada persendian atau encok.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja penyebab asam urat di usia 20 tahun beserta dengan bagaimana pencegahannya. Simak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab asam urat pada usia 20 tahun

Ciri-ciri penyakit asam urat tinggi di usia muda sama saja dengan ciri-ciri asam urat pada umumnya, begitu juga dengan resiko kesehatan yang bisa dialami jika asam urat tidak ditangani atau diobati. Penumpukan kristal asam urat dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam gangguan tulang persendian, batu ginjal atau jenis komplikasi lainnya. Sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan agar asam urat tidak sampai menyerang saat usia muda. Namun sebelum itu perlu diketahui beberapa penyebab asam urat di usia 20 tahun, seperti berikut ini:

1. Pola makan tidak sehat

Memiliki pola makan tidak sehat dengan kurangnya memperhatikan makananan yang dikonsumsi, seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung purin bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab asam urat tinggi di usia muda karena kandungan purinnya misalnya daging, jeroan, bayam, kembang kol, jamur atau lainnya yang harus dihindari.

2. Kurang berolahraga

Kurangnya olahraga bisa membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Resiko asam urat juga akan semakin meningkat jika kurang berolahraga, karena dapat menyebabkan metabolisme tubuh menjadi tidak lancar. Di samping itu, kurangnya olahraga juga bisa menjadi salah satu penyebab asam urat sering kambuh dengan memperparah gejala asam urat yang dialami seperti rasa sakit pada persendian bisa semakin parah sampai bisa mengganggu segala jenis aktivitas yang dilakukan.

3. Mengalami obesitas

Asam urat di usia 20 tahun juga dapat disebabkan karena seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Metabolisme pada orang dengan berat badan berlebih akan lebih sulit karena bercampur dengan lemak. Hal ini akan menyebabkan terganggunya fungsi organ ginjal, yang akan membuat terhambatnya proses ekskresi atau pengeluaran asam urat dari dalam tubuh. Sehingga asam urat akan menumpuk di dalam tubuh dan akan memperparah kondisinya.

4. Efek samping obat-obatan

Di samping karena konsumsi makanan atau minuman penyebab asam urat tinggi, konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menimbulkan asam urat di usia muda. Munculnya asam urat dan memperparah sakit persendian bisa menjadi salah satu efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu, baik penggunaan tunggal maupun penggunaan obat-obatan secara bersamaan. 

5. Kebiasaan yang tidak sehat

Munculnya asam urat di usia 20 tahun juga bisa diperparah dengan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol atau sering begadang. Selain kebiasaan tersebut bisa mengganggu proses metabolisme tubuh, alkohol juga dapat memicu munculnya asam urat di organ hati dan bisa menyebabkan penderitanya mengalami komplikasi kesehatan yang lebih serius.

Pencegahan asam urat sejak dini

Setelah mengetahui beberapa penyebab asam urat saat berusia 20 an di atas, tentunya harus diketahui juga bagaimana cara mencegah asam urat sejak dini. Di bawah ini adalah beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan:

  • Menghindari jenis makanan dengan kandungan zat purin yang bisa menaikkan kadar asam urat di dalam tubuh.
  • Menghindari konsumsi alkohol, minuman bersoda dan jenis makanan lainnya yang tidak sehat.
  • Memperbanyak minum air putih untuk melancarkan fungsi organ ginjal dalam membuang asam urat.
  • Berolahraga secara teratur, cukup dengan olahraga ringan tapi rutin dapat mencegah sekaligus menjadi cara menurunkan asam urat di usia muda.
  • Mengkonsumsi makanan atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta yang mengandung zat yang bisa menurunkan asam urat.
  • Jika mengkonsumsi obat sebaiknya selalu dalam pengawasan dokter atau sesuai dosis yang dianjurkan, agar dapat terkontrol.

Demikian pembahasan mengenai apa saja penyebab asam urat di usia 20 tahun dan bagaimana cara pencegahannya. Semoga bermanfaat.

, ,



Oleh :
Kategori : Penyebab