Sponsors Link

Penyebab Penderita Asam Urat Kesemutan dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Kesemutan merupakan kondisi yang seringkali menjadi suatu tanda atau gejala adanya gangguan kesehatan yang sedang dialami, termasuk asam urat. Kadar asam urat sendiri yang normal pada wanita adalah 1,4-6mg/dl, sedangkan kadar asam urat normal pada pria adalah 3,4-7mg/dl. Jika setelah pemeriksaan kadar asam urat melebihi batas normal tersebut, pada umumnya akan terdapat keluhan kesemutan di jempol tangan ataupun area lainnya. Karena kesemutan merupakan salah satu tanda atau ciri-ciri penyakit asam urat tinggi, yang bisa saja terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama atau tidak kunjung menghilang. Kadar asam urat yang tinggi di dalam darah biasanya juga akan berhubungan dengan kolesterol tinggi, sehingga ketika melakukan pemeriksaan bisanya akan dilakukan untuk mengecek keduanya.

ads

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja penyebab dan bagaimana mengatasi kondisi asam urat kesemutan. Simak pembahasannya di bawah ini ya.

Penyebab munculnya kesemutan

Secara alami tubuh manusia menghasilkan asam urat, namun terdapat faktor-faktor tertentu yang bisa menjadi penyebab asam urat tinggi. Misalnya saja mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin, menyebabkan produksi asam urat meningkat dan mengakibatkan penumpukan di persendian tulang. Di mana kondisi ini akan membuat penderitanya mengalami ngilu dan nyeri yang amat sangat, yang juga terkadang bisa diiringi dengan kejadian kesemutan ataupun kebas jika kadarnya tinggi. Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi penyebab asam urat kesemutan, seperti berikut ini:

  • Terjadinya peningkatan produksi asam urat darah, sehingga proses pengeluarannya dari dalam tubuh tidak optimal yang kemudian akan menyebabkan penumpukan kristal asam urat di otot dan persendian.
  • Kurangnya konsumsi air putih, yang mana tidak hanya menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan asam urat. Namun juga otot mengalami dehidrasi, sehingga otot lebih rentan mengalami gangguan seperti kesemutan.
  • Menjadi suatu gejala dari penyakit rematik, yang mana terkadang tanda-tanda asam urat yang dialami mirip dengan tanda rematik. Yang keduanya juga bisa menyebabkan kondisi seperti ngilu dan nyeri pada persendian tulang.
  • Terjadi penekanan pada syaraf dengan jangka waktu yang cukup lama. Contohnya adalah seperti ketika terlalu lama duduk dengan cara bersila, tidur dengan bagian kaki atau tangan menekuk dan lain sebagainya.
  • Mengalami gangguan pada pembuluh darah, di mana pada area pembuluh darah tertentu terjadi kekurangan suplai darah. Sehingga di area tersebut akan mengalami kesemutan ataupun efek kebas.
  • Menjadi salah satu efek samping obat asam urat, yang bisa terjadi ketika obat tidak dikonsumsi sesuai anjuran ataupun tergantung dari kondisi tubuh. Selain kesemutan juga ada efek samping lain yang bisa muncul seperti mual, gangguan pencernaan, demam dan lain sebagainya.

Cara mengatasi kesemutan yang dialami

Untuk mengatasi asam urat kesemutan yang dialami tidak jauh berbeda dengan cara pengobatan asam urat baik secara alami maupun secara medis. Karena dengan menurunnya kadar asam urat, sudah pasti akan meredakan frekuensi ataupun keparahan dari kesemutan yang dialami. Beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesemutan antara lain:

  • Mengkonsumsi air putih yang banyak atau setidaknya memenuhi asupan harian yaitu minimal 2 liter per hari. Di mana air putih akan mencegah otot mengalami dehidrasi, juga bisa membantu melancarkan kerja ginjal dalam mengeluarkan asam urat yang menumpuk di dalam tubuh.
  • Menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti daging, ayam, seafood, jeroan, kaldu daging ataupun olahan daging yang lainnya. Yang mana zat purin bisa meningkatkan produksi asam urat.
  • Mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi makanan kaleng juga bisa membantu mengatasi asam urat kesemutan, yang mana juga bisa menyebabkan komplikasi lain karena kandungan pengawet di dalamnya.
  • Mengurangi konsumsi sayur-sayuran yang banyak mengandung purin, yang biasanya sayuran ini akan berwarna hijau gelap. Contohnya seperti bayam, daun pepaya, daun melinjo, daun katuk, asparagus, kangkung dan lain sebahainya.
  • Di samping membatasi konsumsi makanan ang harus dihindari penderita asam urat, juga perlu menghindari konsumsi minuman yang kurang sehat. Seperti contohnya minum alkohol, minuman berenergi, minuman berkafein atau minuman bersoda.
  • Rajin berolagraga untuk membantu meminimalisir terjadinya kesemutan ataupun gangguan otot dan persendian lainnya karena asam urat, juga bisa sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mengkonsumsi obat obatan untuk menurunkan kadar asam urat seperti alopurinol ataupun colchicine, yang harus dikonsumsi sesuai dengan aturan penggunaan atau sesuai dengan resep dokter.
  • Mengkonsumsi obat pereda nyeri yang berfungsi untuk mengatasi gangguan nyeri pada otot dan persendian, juga bisa mengatasi pegal linu akibat asam urat.

Demikian pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi asam urat kesemutan, semoga bermanfaat.

,



Oleh :
Kategori : Penyebab