Sponsors Link

Jenis Jenis Asam Urat Kronis Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan tingginya kadar asam urat di dalam darah. Asam urat disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam tubuh sehingga  kadar asam urat pun juga tinggi. Purin tersebut akan diubah menjadi asam urat oleh enzim xantin oksidase yang dalam keadaan normal, purin dan asam urat dalam darah sangat berfungsi untuk me-metabolisme tubuh anda. Namun sebaliknya, jika sudah melebihi batas normal, asam urat akan menjadi penyakit.

ads

Asam urat sering terjadi pada pria dewasa yang berumur lebih dari 30  tahun ke atas. Untuk para wanita, asam urat terjadi umumnya saat mereka sudah menopause. Kadar asam urat normal untuk pria berkisar 3,4 – 7 mg/dL dan untuk wanita berkisar 2,4 – 5,7 mg/dL.

Peningkatan asam urat  juga bisa disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan, serta dapat pula disebabkan oleh penyakit komplikasi lainnya seperti kegemukan dan anemia hemolitik. Beberapa makanan yang mengandung purin tinggi yang menjadi faktor pemicu tingginya kadar asam urat dalam darah adalah seperti makanan kaleng; sarden dan komet, makanan laut; udang dan kepiting, jeroan; hati dan babat serta minuman beralkohol. Kadar purin yang tinggi yang menyebabkan asam urat dalam naik namun tidak diimbangi dengan pengeluaran asam urat secara sempurna inilah yang akan menyebabkan penyakit asam urat.

Diantara gejala-gejala asam urat yang sering anda ketahui adalah adanya serangan rasa nyeri pada sebagian sendi terutama pada ibu jari. Selain itu, rasa bengkak dan kemerahan di area sekitar sendi juga ikut terlihat. Pada bagian asam urat yang sudah akut muncul benjolan-benjolan yang itu adalah kristal asam urat yang mengendap dan kemudian disebut dengan tofi.

Lalu seperti apakah asam urat yang kronis? Sebelum anda mengetahui asam urat stadium yang kronis tersebut, alangkah baiknya anda mengetahui empat jenis tahapan asam urat menjadi kronis.

  1. Hiperusemia Asimptomatik

Keadaan ini terjadi karena kadar asam urat yang tinggi mencapai 9 – 10 mg/dL namun masih belum menunjukkan gejala. Jika penderita tidak mengalami peningkatan asam urat lebih lanjut, maka tidak akan berdampak pada asam urat akut.

  1. Asam urat Asthritis Akut

Adanya rasa nyeri pada persendian disertai dengan peradangan, rasa panas, dan kemerahan. Rasa sakit biasa menyerang secara tak terduga di malam hari namun bisa sembuh dalam waktu yang singkat. Penderita biasanya tidak akan dapat berjalan dan disertai gejala sistemik berupa demam, menggigil dan merasa lelah.

Serangan akut ini bisa sampai beberapa minggu. Bila tidak diobati, rasa nyeri akan menyebar ke beberapa sendi yang lain dan tidak sembuh dalam hanya beberapa jam atau beberapa hari.

  1. Asam Urat Interkritikal

Pada masa ini, penderita akan jarang merasakan sakit nyeri pada sendi namun akan ditemukan benjolan kristal asam urat atau biasa yang disebut tofi. Benjolan tofi tersebut sering muncul di helik daun telinga, jaringan sendi terutama pada siku dan lutut. Dengan adanya gejala ini, maka masih adanya peradangan berlanjut yang harus tetap mendapatkan penanganan dan pengobatan.

Sponsors Link

  1. Asam Urat Kronis

Asam kronis muncul karena penderita yang jarang mengkontrol asam urat atau mengobati asam urat secara  tidak teratur. Dalam keadaan kronis, muncul banyak tofi di daerah cuping telinga, tendon, olecranon dan jari tangan. Tofi ini tidak menimbulkan nyeri namun dapat menghambat pergerakan sendi serta menyebabkan deformitas pada tangan dan kaki.

Pemeriksaan radiografi pada sendi yang terserang dapat menunjukkan ada tidaknya perkembangan penyakit asam urat. Pada awalnya sendi tampak tidak simetris karena adanya pembengkakan. Kemudian adanya perubahan struktur tulang dan pada asam urat yang kronis terdapat temuan tofi yang banyak. Jika menggunakan CT-Scan maka akan tampak gambaran deposit tofi yang luas terutama pada sendi metatarsal dan tendon Achilles.

Sponsors Link

Prinsip dari penanganan asam kronis adalah menurunkan asam  urat dalam darah dan mencegah kekambuhan. Pada tahap ini penderita akan diberikan obat-obat klinis seperti;

  • Allopurinol yaitu obat yang dapat menurunkan kadar asam urat dengan cara mencegah perubahan purin dari makanan menjadi asam urat. Pengobatan ini tidak diperuntukkan bagi memiliki riwayat permasalahan fungsi ginjal dan kerusakan hati.
  • Kolkisin yaitu obat yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada penyakit asam urat.
  • Probenesi yaitu melancarkan proses pengeluaran asam urat melalui ginjal dan 10% memiliki efek samping seperti mual dan muntah.

Asam urat tidak dapat disembuhkan namun dapat diobati dan dikontrol. Pada asam urat yang kronis, pengobatan dokter adalah lebih efektif untuk menurunkan asam urat. Namun anda boleh juga mengkonsumsi obat-obat herbal yang sudah terbukti dapat menurunkan kadar asam urat. Seperti mengkonsumsi daun kersen dan temulawak.

Anda juga harus menghindari makanan yang mengandung purin tinggi maupun sedang. Sehingga produksi asam urat pun tidak semakin bertambah. Anda dapat mengganti konsumsi makanan anda dengan makanan rendah purin seperti wortel, nanas dan makanan yang mengandung karbohidrat. Tidak lupa pula, anda harus rajin mengkonsumsi air putih untuk melancarkan sistem eskresi pengeluaran asam urat melalui urinisasi.

Semoga bermanfaat.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan