Sponsors Link

Asam Urat Meningkat: Cara Mengatasi dan Penyebabnya

Sponsors Link

Asam urat yang kadarnya mengalami peningkatan atau tinggi di dalam darah akan menyebabkan tubuh kesulitan mengeluarkan asam urat, karena asam urat akan menumpuk dan bisa menganggu kerja dari organ ginjal yang berperan penting dalam proses eksresi asam urat di dalam urin. Peningkatkan asam urat ini juga akan menyebabkan terbentuknya kristal asam urat yang bisa menumpuk di organ lain di dalam tubuh, juga bisa menumpuk di persendian yang akan mengakibatkan penderita mengalami nyeri yang amat sangat. Hal ini tentunya bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi asam urat tinggi yang bahaya bagi tubuh jika tidak dilakukan penanganan yang tepat.

ads

Nah pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi dan penyebab yang bisa mengakibatkan kadar asam urat meningkat dalam tubuh. Dengan begitu bisa diwaspadai sejak dini, sehingga dapat dilakukan penanganan secara cepat. Simak penjelasannya berikut ini ya.

Cara mengatasi peningkatan kadar asam urat

Peningkatan kadar asam urat tentunya akan menyebabkan penderitanya mengalami sakit dan nyeri di seluruh persendian tubuh. Hal ini tentunya akan mengakibatkan aktivitas yang dilakukan menjadi terhambat, karena badan akan tidak nyaman digunakan bergerak. Di samping mengkonsumsi obat obatan dari dokter ataupun obat herbal untuk asam urat tinggi, cara mengatasi kadar asam urat meningkat juga bisa dengan merubah pola hidup dengan yang lebih sehat. Seperti di bawah ini:

  • Melakukan diet sehat untuk asam urat, yaitu dengan menjaga asupan kalori yang dikonsumsi untuk meminimalisir persendian mengalami stress yang akan mengalami nyeri parah jika asam urat meningkat.
  • Menghindari mengkonsumsi minuman yang bisa memicu bertambahnya kadar asam urat semakin tinggi seperti minuman bersoda, alkohol, minuman berenergi ataupun minuman yang mengandung kafein.
  • Menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi dan memiliki kandungan lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut, daging unggas, susu ataupun olahan susu dan lain sebagainya.
  • Berolahraga secara rutin dan teratur yang tidak hanya berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi juga bisa membantu menguatkan persendian yang rentan mengalami gangguan ketika kadar asam urat mengalami peningkatan.
  • Memperbanyak konsumsi air putih minimal memenuhi asupan harian yaitu sebanyak 2 liter dalam sehari, untuk menjaga otot terhidrasi dan bisa membantu memperlancar kerja ginjal dalam mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh melalui urin.
  • Mengkonsumsi makanan penurun asam urat dengan cepat seperti jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks, untuk meminimalisir terjadinya obesitas yang bisa memperparah sakit persendian akibat tingginya kadar asam urat.
  • Menghindari mengkonsumsi makanan instant, makanan kalengan, makanan cepat saji ataupun jenis makanan yang kurang sehat lainnya yang bisa mengakibatkan asam urat bertambah parah sekaligus bisa menyebabkan munculnya gangguan kesehatan lainnya.
  • Mengkonsumsi rempah atau bahan lain yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat meningkat misalnya dengan memanfaatkan jahe, teh hijau, kunyit, cuka apel dan lain sebagainya yang juga dapat meredakan sakit atau nyeri yang dirasakan tubuh.

Penyebab asam urat meningkat dalam tubuh

Meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh tentunya tidak terjadi begitu saja, tanpa ada penyebab yang memicunya. Banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab asam urat tinggi baik dari pola makan yang tidak sehat, kebiasaan yang kurang sehat ataupun lainnya. Secara umum berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan meningkatnya kadar asam urat yang perlu diwaspadai:

Sponsors Link

  • Obesitas menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan peningkatan asam urat, karena di dalam tubuh akan terjadi penumpukan lemak. Hal ini akan mengakibatkan ginjal bekerja sangat keras, sehingga tidak bisa menyaring semua toksin dan zat purin di dalam tubuh dengan baik.
  • Mengkonsumsi pola makan yang tidak sehat, yang mana juga memicu terjadinya asam urat pada anak muda juga menjadi salah satu penyebabnya. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat purin, lemak ataupun jenis makanan yang kurang sehat lainnya.
  • Faktor keturunan di mana terdapat anggota keluarga yang memang menderita asam urat tinggi, juga memiliki riwayat penyakit lainnya seperti ginjal ataupu gangguan organ lainnya.
  • Efek samping dari penggunaan obat tertentu yang dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan terus menerus misalnya obat obatan untuk penyakit darah tinggi, ataupun penyakit kronis lainnya yang diderita.
  • Penyakit asam urat tinggi juga sangat rentan dialami oleh wanita yang memasuki fase menopause, karena akan terjadi ketidakseimbangan hormon dan cenderung akan terjadi produksi asam urat dengan jumlah yang banyak.

Jika kadar asam urat mengalami peningkatan setelah melakukan pemeriksaan, sebaiknya segera ditangani dan diobati agar tidak menyebabkan kondisi yang lebih parah. Demikian informasi mengenai cara mengatasi dan penyebab asam urat meningkat. Semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Pengobatan