Sponsors Link

Asam Urat Normal : Kadar, Cara Cek, Bahaya dan Cara Menjaganya

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang terbentuk akibat proses penguraian purin yang berasal dari luar tubuh. Produksi purin yang terlalu berlebihan dan ginjal tidak mampu mengolahnya maka inilah yang akan mengakibatkan seseorang mengalami peradangan pada bagian sendi nya. Berikut adalah pembahasan untuk mengembalikan kadar asam urat normal dalam tubuh.

ads

Kadar Asam Urat Normal Pada Tubuh

Asam urat sebenarnya tidak akan berbahaya selama kadarnya masih dalam batas wajar, berikut adalah kadar asam urat yang masuk dalam kategori normal:

  1. Pada pria yang sudah dewasa kadar normalnya sekitar 2 mg/dL sampai 7,5 mg/dL.
  2. Pada perempuan dewasa kadar normal asam urat nya antara 2 mg/dL sampai 6,5 mg/dL.
  3. Pada laki-laki dengan usia diatas 40 tahun kadar normal asam urat nya antara 2 mg/dL sampai 8,5 mg/dL.
  4. Terakhir untuk kadar normal wanita diatas 40 tahun adalah 2 mg/dL sampai 8 mg/dL.
  5. Pada anak-anak kadar normal untuk asam urat antara 2,0 mg/dL sampai 5,5 mg/dL.

Bagaimana cara mengetahui kadar asam urat dalam tubuh?

Untuk mengetahui kadar asam urat dalam tubuh, Anda bisa melakukan tes darah di rumah sakit. Tes darah juga biasa dikenal sebagai pengukur serum asam urat. Tes ini akan sangat membantu Anda untuk bisa melihat seberapa baik kondisi tubuh seseorang saat memproduksi dan membuang kelebihan asam urat dalam tubuh. Asam urat adalah unsur kimia yang diproduksi saat tubuh mulai mencerna makanan yang memiliki kandungan senyawa organik atau dikenal juga dengan nama purin.

Makanan yang terlalu banyak memiliki kandungan purin seperti jeroan, daging merah dan banyak lagi. Normalnya kelebihan purin yang masuk dalam tubuh akan dilarutkan dalam darah kemudian disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urin. Namun beberapa orang akan mengalami masalah yang terlalu tinggi karena purin yang masuk terlalu berlebihan sehingga ginjal tidak dapat menyaring dan membuangnya dengan baik. Terlalu banyak asam urat atau disebut juga hyperuricemia disebabkan karena akumulasi asam urat yang ada dalam tubuh.

Tujuan melakukan tes asam urat:

  • Untuk melihat apakah seseorang terkena penyakit asam urat parah atau tidak
  • Untuk melihat kondisi ginjal
  • Mendiagnosa jika kemungkinan ada batu ginjal asam urat

Bahaya Asam Urat Rendah

Lalu, bagaimana jika ternyata setelah mengetahui bahwa kadar asam urat dalam tubuh ternyata sangat rendah? Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Mengalami keracunan tembaga: Asam urat rendah salah satunya adalah bisa dikarenakan keracunan tembaga. Tentu saja hal ini sangat membahayakan untuk tubuh.
  • Overdosis obat asam urat: Obat penurun kadar asam urat dalam tubuh jika dikonsumsi melebihi batas normal bukannya akan mengembalikan kembali kadar asam urat sesuai dengan kadar normal tubuh malah akan semakin menekan nya hingga mengalami asam urat yang rendah.
  • Hipertiroidisme: Kondisi ini merupakan salah satu keadaan dimana sangat rendahnya kadar hormon tiroksin dalam tubuh.

Bahaya Asam Urat Tinggi

Sedangkan bahaya asam urat tinggi tentunya sudah banyak diketahui. Asam urat yang terlalu tinggi akan memberikan banyak masalah untuk persendian dan juga kesehatan.

Sponsors Link

1. Nyeri pada sendi

Nyeri pada bagian sendi adalah bahaya yang paling awal akan didapatkan oleh seseorang yang mengalami kadar asam urat terlalu tinggi. Nyeri disebabkan karena ada penumpukan kristal asam urat pada sela-sela sendi.

2. Sendi mengalami pembengkakan

Jika kondisinya sudah parah dan asam urat sudah mulai meradang maka akan muncul tanda-tanda asam urat yang sangat mengganggu seperti pembengkakan. Kondisi ini akan membuat bagian sendi terasa kaku bahkan tidak bisa digerakkan.

3. Menurunnya fungsi ginjal

Ginjal adalah organ paling utama yang yang akan berhubungan dengan asam urat, karena ekresi purin akan dilakukan oleh ginjal. Jika penumpukan purin sudah melebihi batas normal maka akan mempengaruhi pada fungsi ginjal yang semakin menurun.

4. Timbulnya batu asam urat

Batu asam urat adalah bagian dari masalah ginjal. Batu ini terbentuk akibat pengkristalan asam urat yang mulai menumpuk pada bagian kandung kemih. Jika kondisi asam urat sudah sangat tinggi, batu asam urat akan semakin membesar dan kemungkinan akan sulit untuk dikeluarkan.

Tips Menjaga Asam Urat Tetap Normal

Untuk menjaga agar terhindar dari gangguan kesehatan yang berhubungan dengan asam urat, sebaiknya Anda melakukan beberapa tips berikut:

Sponsors Link

1. Melakukan pemeriksaan

Sebaiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa asam urat yang ada dalam tubuh masih dalam kondisi normal. Jika memang kadarnya rendah atau tinggi Anda bisa berkonsultasi pada dokter untuk segera menanganinya agar tidak semakin membahayakan.

2.  Melakukan diet rendah purin

Anda juga sebaiknya mengatur pola makanan dan menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat. Pengaturan ini bisa dilakukan dengan diet rendah purin dalam beberapa saat. Namun jika diet ini terus dilakukan dan Anda sudah terbiasa itu akan lebih baik.

3. Konsumsi sayuran mengandung purin

Sayuran mengandung purin tidaklah bermasalah jika memang dikonsumsi dalam porsi yang normal dan tidak terlalu sering. Karena jika dibandingkan dengan daging, purin yang terkandung dalam sayuran tidak terlalu memberi masalah.

4. Konsumsi air secukupnya

Anda juga sebaiknya mengkonsumsi air paling tidak 3 liter per hari, ini akan sangat membatu ginjal untuk mengeluarkan purin lewat urin.

Itulah cara mengembalikan kadar asam urat normal yang bisa Anda ketahui dan Anda lakukan untuk membuat asam urat dalam keadaan yang stabil.

, ,
Oleh :
Kategori : Penyebab