Sponsors Link

Kadar Asam Urat Normal Pria Dewasa Yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Asam urat menjadi salah satu senyawa yang secara alami terbentuk di dalam tubuh dalam proses metabolisme tertentu. Pembentukan asam urat di dalam tubuh terkait dengan aktivitas enzim xanthin oksidase yang dapat bertindak untuk merubahan zat purin menjadi senyawa asam urat. Sebagai senyawa atau bahan yang terbentuk secara alami di dalam tubuh tentu asam urat memiliki peran yang dapat mendukung setiap proses yang terjadi pada tubuh juga diantaranya sebagai neuroprotektif, antioksidan, sinyal tanda kondisi yang tidak normal pada tubuh, dan lain sebagainya.

ads

Peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang tidak sesuai dengan kadar asam urat normal dapat menyebabkan terjadinya permasalahan kesehatan yakni hiperuricemia ketika kadarnya lebih tinggi dari normal dan hipouricemia ketika kadar asam urat dalam jumlah yang lebih rendah. Permasalahan terkait asam urat yang sering terjadi di masyarakat adalah kondisi tingginya kadar asam urat yang memang dikenal dengan sebutan penyakit asam urat.

Kondisi penyakit asam urat tersebut dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat berbentuk jarum di daerha persendian. Gejala gejala seperti nyeri hebat dan pembengkakan tersebut perlu dicegah terjadi. Sebagai salah satu upaya pencegahan terjadinya kondisi penyakit dan gejala asam urat maka perlu diketahui terlebih dahulu berapakah kadar asam urat yang normal tersebut. Berikut ini penjelasan mengenia asam urat normal pria dewasa dan cara menjaganya selalu dalam keadaan normal.

Asam urat di dalam tubuh dapat terbentuk secara berkesinambungan yang akhirnya akan dieksresi keluar tubuh ketika memang jumlahnya di dalam darah berlebihan. Kadar asam urat yang normal bagi wanita dan pria tentu memiliki perbedaan. Kadar asam urat normal pria dewasa ada pada kisaran 3.4 mg/dl hingga 7,0 mg/dl. Nilai kadar asam urat normal tersebut dalam setiap metode pengecekan biasanya ada beberapa perbedaan tergantung dari bias yang dihasilkan oleh alat dan juga metode yang digunakan.

Kadar asam urat normal sebagai bagian dari hal yang harus dipahami oleh setiap pria agar tidak menderita penyakit asam urat tersebut dapat diketahui dalam proses uji darah yang dapat dilakukan di laboratorium maupun rumah sakit. Pengujian kadar asam urat sekarang ini jauh lebih mudah dengan menggunakan kit penguji yang mudah digunakan dan dapat dimiliki sendiri ataupun dicek lewat apotek dan beberapa instansi kesehatan meskipun akurasinya lebih jelek dibandingkan dengan uji laboratorium yang lebih kompleks.

Mengetahui kadar asam urat normal pria dewasa saja tidak akan membantu dalam mencegah terjadinya penyakit asam urat akibat tingginya kadar zat tersebut di dalam darah. Untuk dapat mencegah kondisi penyakit asam urat maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan sehingga salah satu penyakit kronis yang dapat kambung dengan terus ketika memang kadar asam urat meningkat tersebut tidak terjadi adalah melalui beberapa usaha yang disebutkan di bawah ini.

  • Menjaga pola makan

Pola makan yang salah atau tidak memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya menjadi salah satu kondisi yang dapat memicu terjadinya masalah penyakit asam urat. Pola makan yang salah tersebut menjadi salah satu pemicu utama kenapa seseorang dengan usia yang relatif lebih mudah sudah dapat mengidap penyakit asam urat. Untuk menjaga agar pria dewasa tidak mengalami penyakit asam urat maka memastikan setiap makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang menyehatkan adalah hal yang wajib didukung dengan pemastian jumlah yang tepat dalam mengkonsumsi makanan agar tidak berlebihan.

  • Menjalani gaya hidup sehat

Konsumsi alkohol, merokok, tidak berolahraga menjadi salah satu bentuk gaya hidup tidak sehat yang sekarang ini banyak terjadi di masyarakat. Kondisi gaya hidup yang tidak sehat tersebut dapat menjadi salah satu penyebab sesorang mengalami berbagai macam penyakit yang salah satunya adalah penyakit asam urat. Untuk itu, menjalani pola hidup sehat dengan tidak merokok, tidak minum alkohol, dan melakukan olah raga secara teratur dapat membantu sesorang memiliki kondisi kesehatan tubuh yang terjaga dan terbebas dari berbagai macam masalah kesehatan termasuk asam urat.

  • Menghindari makanan dengan kandungan zat purin tinggi

Cara mencegah asam urat agar tidak tinggi dan memicu terjadinya kondisi penyakit hiperurisemia yang paling utama adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber penyebab tingginya asam urat di dalam tubuh. Makanan yang dimaksut tersebut adalah jenis makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Beberapa makanan yang diindikasikan memiliki kandungan purin tinggi dan harus dihindari oleh setiap orang sebagai upaya pencegahan penyakit asam urat termasuk bagi mereka juga yang sudah menjadi penderitan asam urat diantaranya seperti daging merah, jerohan, kerang, udang, kepiting, ikan sarden, ikan makarel, kacang kacangan, tahu tempe, beberapa jenis sayuran,dan lain sebagainya.

  • Mengkonsumsi makanan yang membantu menjaga kadar asam urat

Langkah selanjutnya yang juga diperlukan dalam mengatasi dan mencegah agar penyakit asam urat tidak terjadi adalah dengan mengkonsumsi makan yang dapat menurunkan maupun menjaga kadar normal asam urat di dalam darah. Makanan tersebut utamanya harus dikonsumsi oleh mereka yang sudah menjadi penderita penyakit asam urat. Beberapa makanan yang dimaksud tersebut diantaranya seperti buah buahan yakni jeruk, melon, apel, sayuran sayuran yakni brokoli, kembang kol dan kubis, serta beberapa jenis makanan lainnya.

Itulah penjelasan mengenai kondisi kadar asam urat normal pria dewasa yang perlu diperhatikan serta beberapa cara yang dapat diupayakan untuk mencegah terjadinya penyakit akibat peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh secara optimal.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan