Sponsors Link

Asam Urat Pada Anak Muda: Gejala, Penyebab dan Pencegahannya

Sponsors Link

Sudah menjadi salah satu rahasia umum, bahwa asam urat sangat erat kaitannya dengan usia. Karena kebanyakan penderita penyakit asam urat biasanya berumur diatas 40-50 tahun. Namun, hal tersebut nampaknya sudah tidak berlaku untuk saat ini. Karena pada kenyataannya tidak sedikit mereka yang masih berusia muda sudah terserang asam urat. Penyebabnya adalah karena terjadi penumpukan purin dalam tubuh yang melampaui kadar asam urat yang normal.

ads

Berikut ini beberapa gejala yang terjadi bila kadar asam urat Anda tinggi:

  1. Sakit yang terjadi pada bagian jempol. Ini merupakan salah satu gejala utama asam urat. Dalam istilah medis dinamakan podagra. Rasa sakit pada bagian jempol dapat hilang setelah berselang beberapa hari, atau bisa saja dalam hitungan jam sudah hilang.
  2. Rasa sakit yang berkelanjutan. Jika rasa nyeri pada jempol tidak kunjung sembuh. Maka artinya penumpukan asam urat sudah semakin parah. Bahkan tidak hanya pada jempol, rasa sakit lama kelamaan akan mulai menyebar pada jari lainnya.
  3. Terjadi pembengkakan pada daerah persendian
  4. Rasa nyeri akan datang dengan tiba-tiba pada pertengahan malam atau saat bangun tidur
  5. Sendi mulai terasa sangat panas.
  6. Sendi juga akan mengalami rasa kaku sehingga akan sangat sulit untuk menggerakan bagian tubuh yang mengalami sakit.
  7. Lama kelamaan akan timbul rasa merah dan sendi mulai mengalami bengkak.

Penyebab Asam Urat pada Anak Muda

Gaya hidup yang tidak dijaga menjadi hal utama penyebab mengapa anak muda mengalami penyakit asam urat. Berikut ini penyebab asam urat tinggi pada anak muda yang perlu diwaspadai dan dihindari:

1. Mengonsumsi makanan yang kandungannya buruk untuk tubuh

Salah satu yang dapat mengakibatkan asam urat terjadi pada usia muda adalah karena terlalu seringnya mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan purin sangat tinggi dan berlebihan. Sehingga saat purin mulai masuk ke dalam tubuh dalam kadar yang sangat tinggi, maka asam urat akan ikut naik, akibatnya purin tidak dapat  dikeluarkan melalui saluran urin. Sehingga hal ini mengakibatkan adanya penumpukan purin yang masuk pada bagian sela persendian.

Berikut adalah beberapa makanan penyebab asam urat yang mengandung purin tinggi:

  • Jeroan: Alangkah baiknya Anda tidak sering makan jeroan sebab kandungan purin pada jeroan cukup tinggi dan akan membuat kadar purin dalam tubuh semakin meningkat.
  • Daging: Kandungan purin yang terdapat di dalam daging sebenarnya tidak terlalu tinggi. Sehingga Anda masih dapat mengonsumsinya, namun masih dalam batasan yang normal, sekitar 170 gram dalam sehari.
  • Seafood atau makanan laut: Banyak sekali anak remaja atau anak muda yang sangat menyukai dan gemar mengkonsumsi makanan laut. Sebaiknya mulai sekarang ini, Anda harus coba membatasi mengkonsumsi makanan laut. Atau jika bisa Anda tidak perlu memakannya, sebab seafood atau makanan laut mempunyai kandungan purin yang sangat tinggi dan membahayakan pada tubuh jika berlebihan. Beberapa jenis makanan laut yang memiliki kandungan purinnya tinggi seperti kerang, ikan, asin, sarden, makarel, teri, lobster, kepiting, udang. (Baca juga: Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat)
  • Sayuran: Tentu saja tidak semua sayuran memiliki kandungan purin cukup tinggi, namun ada beberapa sayuran yang kandungannya tinggi, diantaranya seperti: bayam, kembang kol, asparagus, jamur dan juga kacang polong. Namun berdasarkan penelitian, jika Anda mengonsumsi sayuran dengan kandungan purin cukup tinggi tidaklah menjadi masalah bagi yang memiliki asam urat. Hanya saja Anda perlu melakukan pencegahan agar Anda tidak terserang asam urat atau agar gejala tidak sering kambuh. Sehingga sebaiknya Anda bisa membatasi sayuran yang memiliki kandungan (Baca juga: Sayur yang Dilarang untuk Asam Urat)
  • Gula: Walaupun pada gula kadar purinnya tida terlalu tinggi. Tetapi tetap saja Anda harus selalu membatasi diri Anda sendiri saat akan mengkonsumsi gula. (Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat)

Tidak memakan makanan yang dilarang untuk penderita asam urat akan sangat membantu agar dapat menurunkan tingginya kadar asam urat yang ada di dalam darah. Asam urat memang tidak akan mudah untuk disembuhkan jika hanya menjauhi dengan makanan saja. Namun hal ini dapat menurunkan resiko asam urat untuk semakin tinggi kadar asam uratnya dalam tubuh Anda. Baca juga: Buah untuk Asam Urat.

2. Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan

Tidak terlalu banyak orang yang tahu, jika ternyata obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu faktor penyebab yang dapat memicu terjadinya asam urat. Pada faktanya, orang yang mempunyai berat badan terlalu berlebihan akan mendapatkan 4 kali resiko terkena asam urat jika dibandingkan dengan mereka yang mempunyai berat badan masih dalam batasan normal. Asam urat yang disebabkan karena berat badan berlebih dapat mengakibatkan adanya penumpukan purin pada bagian sendi. Sehingga ketika jumlahnya semakin bertambah akan menyebabkan bengkak dan rasa nyeri yang sangat mengganggu.

Bagi mereka yang mempunyai berat badan tidak normal atau lebih juga akan mengganggu pada metabolisme purin dalam tubuh. Proses metabolisme purin akan sangat sulit dilakukan karena purin sudah tercampur dengan banyaknya. Hal ini bisa semakin sangat parah saat penderita asam urat jarang sekali minum air putih, maka akan terjadi suatu penyumbatan.  Lemak yang berlebihan bisa menjadi salah satu penghambat pada  kerja ginjal yang tidak akan maksimal.

Sponsors Link

3. Terlalu sering mengonsumsi minuman mengandung alkohol

Alkohol merupakan salah satu yang bisa memicu terjadinya asam urat, dan untuk kemungkinannya bisa mencapai 99%. Salah satu minuman yang memiliki kandungan alkohol yaitu bir. Bir merupakan minuman beralkohol dengan kandungan purin cukup tinggi. Purin ini ada karena proses fermentasi dari alkohol itu sendiri. Selain itu, mengkonsumsi alkohol terlalu berlebihan juga dapat mempengaruhi pada produksi keton, yaitu salah satu kimia yang dapat mengakibatkan bau napas menjadi sangat asam, dan juga efeknya akan berakhir sama pada bagian organ ginjal.

4. Sering mengonsumsi minuman yang mengandung soda

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa soda merupakan minuman yang mempunyai rasa enak serta menyegarkan. Namun kenyataannya sesuatu yang akan terasa nikmat tidak akan selalu baik untuk kesehatan. Karena faktanya mengkonsumsi soda secara berlebihan akan memicu terjadi asam urat. Soda memiliki kandungan purin sangat tinggi yang akan mengakibatkan terjadi kerusakan pada persendian. Akibatnya bagian sendiri akan mengalami rasa lini, nyeri, bengkak bahkan bisa saja akan sulit digerakan. Tidak hanya itu saja, peradangan yang terjadi juga dapat menyebabkan rusaknya sendi dan tulang secara permanen, bahkan bisa mengarah pada kelumpuhan.

Selain itu, soda juga akan sangat beresiko memicu munculnya penyakit lain lain, seperti gangguan ginjal karena adanya penumpukan pada purin yang diakibatkan oleh soda dan tidak dapat dikelola dengan baik dalam ginjal, dan fungsinya menjadi buruk serta tidak normal. Penyakit lainnya yang dapat diakibatkan karena mengkonsumsi soda, seperti adanya penyempitan pada pembuluh darah. Kondisi ini akan mengakibatkan adanya penghambatan darah yang akan menuju jantung dan otak. Baca juga: Pengobatan Asam Urat.

5. Tidak suka bergerak atau jarang berolahraga

Penyebab selanjutnya yang akan mengakibatkan terjadi asam urat saat usia masih mudah yaitu jarang bergerak dan jarang berolahraga. Potensi peningkatan asam urat dapat terjadi karena proses metabolisme dalam tubuh tidak berjalan dengan baik. Ini disebabkan Anda kurang melakukan pergerakan dan tidak pernah olahraga. Sehingga ada baiknya mulai sekarang, Anda membiasakan untuk berolaraga. Jangan yang terlalu berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan saja. Baca juga: Olahraga Untuk Menurunkan Asam Urat.

Sponsors Link

6. Dipicu oleh efek samping penggunaan obat tertentu

Bagi mereka yang memiliki resep obat tertentu dan sering mengonsumsinya, bisa jadi hal tersebut yang menjadi pemicu terkena asam urat saat usia Anda masih muda. Sebab beberapa obat terkadang tanpa disadari ternyata mempunyai efek samping yang bisa mengakibatkan terjadinya peningkatan kadar asam urat. Sehingga sebaiknya Anda saat akan mengonsumsi obat, berkonsultasi pada dokter akan efek sampingnya. Baca juga: Bahaya Asam Urat.

Itulah beberapa penyebab yang bisa memicu asam urat pada anak muda. Sudah pasti Anda tidak ingin menjadi salah satu penderita asam urat ketika di usia muda. Sebelum asam urat benar-benar terjadi pada Anda, hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan tindakan pencegahan.

Pencegahan Penyakit Asam Urat di Usia Muda

Daripada mengobati, lebih baik mencegah. Berikut adalah beberapa cara mencegah asam urat sejak dini yang perlu dijalankan:

  1. Menghindari makanan yang memiliki kandungan purin sangat tinggi. Untuk memulainya Anda bisa mulai membuat list makanan apa saja yang mengandung purin tinggi dan makanan apa saja yang dapat Anda konsumsi dengan aman.
  2. Mulai hindari dan kurangi minuman yang mengandung alkohol dan soda, Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi air putih. Karena dengan banyak meminum air putih akan bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda sendiri.
  3. Kontrol berat badan Anda. Jika dinilai sangat berlebihan, segeralah melakukan diet sehat.
  4. Terus bergerak dan rutin berolahraga, salah satu penyebab asam urat adalah jarang bergerak dan olahraga. Anda bisa menyempatkan untuk berjalan kaki atau lari santai selama 10 menit dalam sehari. Atau Anda juga bisa melakukan olah raga didalam rumah.
  5. Konsumsi buah yang memiliki kandungan antioksidan, penurun asam urat bisa juga dengan cara mengkonsumsi buah yang terdapat kandungan antioksidan tinggi. Seperti seperti strawberry dan buah manggis.
  6. Mulai menjaga pola makan agar Anda tidak mengalami masalah kegemukan, selain olah raga tentu saja Anda harus tetap menjaga pola makan. Hindari makanan yang terdapat kandungan lemak berlebih dan sangat berbahaya bagi tubuh Anda.

Itulah beberapa informasi mengenai asam urat pada anak muda. Di atas juga terdapat informasi yang berhubungan dengan pencegahan asam urat, untuk itu Anda bisa melakukan pencegahan sebelum terlambat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab