Sponsors Link

Asam Urat Pada Tangan : Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Penyakit asam urat atau biasa disebut dengan gout merupakan salah satu kondisi yang bisa mengakibatkan gejala nyeri sangat hebat, bahkan akan mulai bengkak, dan menimbulkan rasa panas pada sekitar persendian. Walaupun semua bagian sendi pada tubuh memiliki peluang untuk terkena asam urat. Namun, yang biasanya sering terserang adalah tangan, pergelangan kaki, jari kaki dan juga bagian lutut.

ads

Biasanya jika dilihat pada faktor jenis kelamin, laki-laki adalah yang paling rawan untuk terkena penyakit asam urat jika dibandingkan dengan wanita. Apalagi bagi mereka yang usianya sudah melewati 30 tahun. Untuk wanita asam urat pada umumnya akan menyerang saat mereka tela menopause. Oleh sebab itu, serangan penyakit ini biasanya akan sangat berkembang saat memasuki jam-jam pertama. Gejala yang timbul seperti rasa sakit pada sendi biasanya akan berlangsung hingga 3 atau 10 hari.

Penyebab Asam Urat pada Tangan

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab asam urat pada tangan:

1. Kristal purin dalam tubuh akibat konsumsi makanan dan minuman mengandung purin

Gejala nyeri dan juga pembengkakan yang terjadi pada penderita asam urat disebabkan karena adanya tusukan oleh Kristal yang tajam pada bagian sendi. Kristal ini terbentuk karena adanya penumpukan zat asam urat. Seseorang yang bisanya menyukai konsumsi makanan yang mengandung purin seperti jeroan, daging merah, hidangan laut dan yang lainnya biasanya akan mudah terserang asam urat dan peningkatan kadar asam urat akan semakin tidak terkontrol. Selain itu bagi mereka yang sangat yang gemar mengonsumsi minuman mengandung alkohol juga akan sangat berisiko tinggi untuk terkena penyakit asam urat.

2. Adanya faktor genetik

Selain karena purin, asam urat juga bisa disebabkan karena adanya faktor keturunan. Menurut penelitian dalam dunia medis, jika orang tuanya mempunyai penyakit asam urat maka kemungkinan besar ia akan menurunkan penyakit tersebut pada anaknya. Namun, hal ini masih tetap dapat dihindari selama Anda menjaga kadar purin tubuh agar tetap stabil dan normal.

3. Terlalu banyak lemak di dalam tubuh

Terlalu banyak lemak dalam tubuh yang menyebabkan seseorang terkena obesitas juga akan menyebabkan seseorang terkena asam urat. Lemak yang ada didalam tubuh akan semakin menumpuk dan masuk pada bagian terpenting tubuh. Pada akhirnya kelebihan lemak tersebut akan menghalangi pada pengolahan purin yang akan dikeluarkan ginjal melalui saluran urin. Akibatnya kerja ginjal akan semakin terganggu oleh lemak-lemak tersebut dan purin pun akan tercampur dengan lemak hingga sulit untuk diolah dengan baik. Itulah yang menyebabkan rata-rata penderita obesitas juga mendapatkan asam urat. Hal ini sebenarnya dapat dihindari selama Anda menjaga pada berat badan Anda agar tetap ideal dan sehat.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman mengandung soda

Penyebab selanjutnya adalah karena sangat menyukai minuman bersoda. Beberapa dampak negatif mengkonsumsi soda bagi penderita asam urat diantaranya adalah dapat mengakibatkan gangguan fungsi ginjal, kerusakan sendi dan penyempitan pembuluh darah yang dapat berefek pada kinerja jantung Anda.

Gejala Asam Urat pada Tangan

Adanya gejala asam urat tentunya akan sangat memudahkan agar dapat mengenali penyakit yang sedang Anda. Berikut adalah beberapa gejala asam urat pada tangan yang dapat Anda ketahui dan waspadai:

Sponsors Link

  1. Bagian sendi tangan akan sering terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan bahkan bisa sampai membengkak dan terlihat berwarna kemerahan yang artinya asam urat sudah meradang pada bagian tangan.
  2. Bagian sendi tangan terutama dibagian jari-jarinya akan merasa sakit saat tengah malam atau tiba-tiba.
  3. Nyeri pada bagian jari tangan akan terjadi secara berulang
  4. Anda juga akan merasa pegal yang tidak teratasi pada bagian jari tangan
  5. Yang akan mengalami rasa sakit biasanya disekitar jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan dan juga bagian siku.
  6. Jika sudah semakin parah, Anda akan kesulitan untuk menggerakan bagian tangan Anda.

Semua gejala yang timbul haruslah segera diatasi. Sebab jika tidak segera ada penanganan yang tepat dan cepat akan menyebabkan adanya gejala asam urat yang semakin menjadi parah. Anda juga sebaiknya  menggunakan pengobatan yang sesuai untuk mengobati asam urat.

Cara Pengobatan Asam Urat pada Tangan Secara Alami

Berikut ini adalah pengobatan asam urat tinggi di tangan dengan cara yang alami, tidak semua cara alami akan cocok untuk Anda. Sehingga Anda bisa memilih salah satunya.

1. Menggunakan cuka apel dan sari madu

Cuka sari apel adalah salah satu obat alternatif yang cukup bermanfaat dan dinilai manjur. Cuka sari apel mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan dapat mencegah terjadinya peradangan termasuk salah satunya peradangan disebabkan karena asam urat yang cukup tinggi terjadi di dalam tubuh. Untuk mengkonsumsinya Anda dapat minum segelas air hangat yang telah dicampurkan menggunakan 1 sendok cuka sari apel dan juga 1 sendok madu. Bahan alami ini bisa mengatasi asam urat tinggi karena adanya kandungan nutrisi yang dinilai sangat baik untuk tubuh Anda.

ads

2. Mencampurkan baking soda

Jika Anda tidak mempunyai riwayat penyakit karena tekanan darah tinggi maka Anda dapat menggunakan baking soda sebagai obat alternatif mengobati asam urat. Baking soda bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Setelah diminum dengan rutin pada tiap harinya maka dengan perlahan Anda dapat menghilangkan asam urat yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya adalah dengan cara Anda harus mencampurkan 1 sendok teh baking soda pada air hangat. Anda dapat melakukan terapi baking soda untuk asam urat ini selama 14 hari berturut-turut dan dapat minum tiga hingga empat kali dalam sehari. Cukup banyak orang yang sudah sembuh dengan mencoba perawatan ini.

3. Meminum air jahe

Jahe merupakan salah satu obat dari tumbuhan yang sangat alami untuk dapat mengatasi terjadinya masalah pada peradangan di dalam tubuh. Peradangan akibat asam urat sering menyebabkan rasa sakit pada daerah persendian. Jahe tidak hanya mampu menyembuhkan asam urat namun jahe juga mampu membuat kondisi tubuh menjadi hangat. Cara mengobati asam urat dengan jahe adalah campurkan 1 potong jahe di dalam air panas. Lalu Anda bisa merebusnya atau Anda juga dapat langsung meminumnya.

4. Meminum jus lemon

Berbagai jenis buah yang mempunyai kandungan vitamin C dinilai sangatlah baik untuk dapat menurunkan resiko peradangan disebabkan adanya asam urat yang tinggi. Salah satu buah yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat yaitu jus lemon. Manfaat lemon untuk asam urat tidak hanya memiliki kandungan vitamin C saja, namun juga memiliki senyawa yang dapat menyembuhkan jaringan yang rusak disebabkan asam urat tinggi. Untuk mengkonsumsi lemon agar asam urat teratasi adalah dengan cara membuat jus lemon yang murni tanpa adanya tambahan gula sedikit pun. Untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit maag maka haruslah waspada jika kambuh karena telah minum jus lemon.

Cara Pencegahan Asan urat pada Tangan

  1. Kurangilah makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi agar terhindar dari berat badan yang berlebihan. Karena tidak hanya akan membuat kesehatan terganggu, lemak dan kalori tinggi juga akan menyebabkan keadaan sendi menjadi terganggu.
  2. Konsumsilah buah-buahan, sayuran dan makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat yang komplek dan lebih tinggi agar terhindar dari obesitas.
  3. Sebaiknya Anda mulai menghindari bahan makanan dan minuman yang terdapat pemanis buatan seperti minuman kaleng, soda dan yang lainnya.
  4. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya karena mengkonsumsi air putih diyakini dapat mencegah terjadinya asam urat yang menumpuk pada jaringan tubuh.
  5. Hindarilah semua makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh, seperti produk unggas, daging merah, susu dan yang lainnya. Anda boleh mengkonsumsi tapi jangan terlalu sering.
  6. Anda boleh mengkonsumsi makanan dan sayuran yang mengandung purin namun tidak boleh berlebihan dan harus dibatasi.
  7. Hindarilah jenis makanan seperti jeroan. Karena jeroan memiliki kandungan purin yang sangat tinggi dan mengakibatkan adanya serangan asam urat yang terus berulang.
  8. Sebaiknya mulai sekarang Anda menghindari makanan laut karena terdapat kandungan purin yang cukup tinggi.
  9. Hindari juga jenis minuman yang terdapat kandungan alkoholnya. Sebab, alkohol dapat mengakibatkan adanya peningkatan asam urat yang terjadi pada tubuh.
  10. Ada baiknya Anda mulai mengurangi konsumsi kopi dengan berlebihan karena dapat memicu terjadinya asam urat.

Itulah beberapa informasi mengenai asam urat pada tangan. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai bahaya asam urat tinggi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab