Sponsors Link

Asam Urat Tidak Bisa Jalan: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Asam urat atau gout merupakan salah satu penyakit yang kini banyak dialami oleh masyarakat, di mana penyakit ini akan membuat tubuh terasa nyeri dan sakit terutama pada persendian yang terdapat penumpukan kristal asam urat. Pada umumnya sakit persendian akibat asam urat ini akan dialami pada area kaki ataupun tangan, namun juga bisa dialami pada sendi lainnya di seluruh tubuh. Jika yang diserang adalah sendi kaki, maka ciri-ciri asam urat di kaki yang bisa muncul berupa nyeri, bengkak, kesemutan dan lain sebagainya. Tidak jarang juga asam urat pada kaki ini akan menyebabkan penderitanya kesusahan untuk berjalan, sehingga akan menyebabkan terganggunya segala aktivitas yang sedang atau akan dilakukan.

ads

Jika hal ini sampai terjadi tentunya harus segera mendapatkan penanganan, sehingga aktivitas dapat kembali normal dan dapat dicegah berbagai kemungkinan komplikasi lainnya yang lebih serius. Nah, pada artikel ini akan dibahas tentang apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi asam urat tidak bisa jalan. Simak pembahasannya di bawah ini yuk.

Apa penyebabnya?

Gejala asam urat pada kaki biasanya akan diawali dengan munculnya nyeri yang akan disertai dengan kemunculan bengkak dan kemerahan, di mana hal ini diakibatkan karena adanya peradangan pada jaringan di sekitar persendian. Penumpukan kristal asam urat di kaki ini bisa terjadi di mana saja seperti di ibu jari kaki atau di ruas jari kaki, lutut maupun pergelangan kaki. Kondisi asam urat tidak bisa jalan dapat disebabkan dan diperparah oleh beberapa hal, seperti berikut ini:

  • Obesitas, yang mana akan mempengaruhi kelancaran pengeluaran asam urat dalam tubuh. Penyakit asam urat bisa semakin parah karena ginjal akan mengalami kesulitan dalam mengeluarkan asam urat karena bercampur dengan toksin juga lemak yang menumpuk dalam tubuh.
  • Obesitas juga akan memperparah nyeri yang dirasakan pada kaki, karena akan menahan beban tubuh yang berat. Sehingga tidak hanya nyeri, namun pembengkakan juga peradangan yang dialami juga tidak akan kunjung reda.
  • Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan zat purin bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah, karena akan memicu produksi asam urat menjadi lebih banyak lagi.
  • Asam urat tidak bisa jalan juga bisa lebih parah jika penderitanya memakai alas kaki atau sepatu yang tidak nyaman. Bisa dikarenakan kesempitan, bantalan yang keras atau jenis sepatu seperti high heels yang dapat memicu terjadinya gangguan maupun kontraksi pada jaringan otot di area kaki.
  • Faktor usia juga bisa menyebabkan parahnya sakit yang dialami pada kaki, terutama pada lansia atau wanita yang memasuki masa menopause. Di mana keduanya lebih rentan mengalami pengeroposan tulang dan memperparah sakit pada kaki, sehingga sangat diperlukan cara mengatasi asam urat di kaki secepat mungkin.
  • Kurangnya melakukan olahraga memang bisa menyebabkan sakit sendi yang dialami terasa sangat sakit, namun olahraga yang terlalu keras terutama pada bagian kaki juga menjadi salah satu penyebab kaki mengalami sakit yang amat sangat ketika menderita asam urat.

Bagaimana cara mengatasinya?

Asam urat tidak bisa jalan bukan berarti tidak bisa ditangani atau diobati, karena dapat diredakan sakitnya baik dengan pengobatan dokter maupun diatasi dengan penanganan sendiri di rumah. Untuk mengendalikannya dan mengatasinya agar tidak semakin parah bisa dilakukan beberapa hal berikut ini:

Sponsors Link

  • Mengompres pada bagian kaki yang nyeri dan bengkak bisa menjadi pertolongan pertama pada asam urat, yang berfungsi untuk membantu meredakan peradangan yang terjadi dan merilekskan sendi yang mengalami nyeri.
  • Mengkonsumsi obat obatan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah seperti colchicine ataupun allupurinol, yang bisa mengatasi peradangan akibat asam urat dan membantu memicu metabolisme aam urat.
  • Mengkonsumsi obat obatan pereda nyeri yang bisa mengatasi sakit pada kaki dalam waktu yang cukup singkat seperti ibuprofen, naproxen, kortikosteroid ataupun steroid sesuai dengan anjuran.
  • Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks seperti singkong, nasi, ubi ataupun roti yang bisa membantu memicu proses pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.
  • Melakukan olahraga untuk menurunkan asam urat juga bisa membantu meredakan nyeri pada kaki, cukup dengan melakukan olahraga ringan namun seimbang agar tidak memperarah keadaannya.
  • Memenuhi asupan kalori sesuai kebutuhan saja, agar tidak mengakibatkan tubuh kelebihan berat badan dan menyebabkan gangguan pengeluaran asam urat oleh ginjal melalui urin.
  • Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan rendah protein, juga rendah zat purin seperti daging merah, daging unggas, ikan laut, makanan yang digoreng, disantan dan lain sebagainya. Juga disarankan mengkonsumsi banyak air putih.

Demikian pembahasan mengenai asam urat tidak bisa jalan dari penyebab hingga cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Penyebab