Sponsors Link

Jangan Dibiarkan! Ini Bahaya Asam Urat Tinggi Tapi Tidak Sakit

Sponsors Link

Tentu saja kita sudah tak asing lagi dengan penyakit asam urat, penyakit asam urat ini merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang masyarakat Indonesia. Kebanyakan, orang yang berusia 35 tahunan ke atas akan lebih mudah terserang penyakit asam urat. Lalu sebenarnya apa sih penyebab asam urat? Asam urat ini disebabkan karena zat purin yang ada berlebihan masuk ke dalam tubuh, untuk bisa mengurai asam urat ini maka tubuh akan secara otomatis dan alami menghasilkan kadar asam urat dalam darah. Lalu ada keluhan asam urat tinggi tapi tidak sakit? Apakah Anda pernah mengalaminya? Jika iya, untuk lebih jelasnya simak informasi di bawah ini!

ads

Seperti yang sudah kita ulas sedikit di atas tadi jika asam urat ini disebabkan karena kandungan purin di dalam tubuh kita. Purin yang berada di dalam tubuh untuk bisa terurai akhirnya menghasilkan asam urat. Dan jika kadar asam urat di dalam darah meningkat tentu saja bisa membuat kita mengalami beberapa gejala. Berikut adalah gejala umum jika Anda terserang asam urat :

  1. Nyeri sendi mendadak

Gejala yang utama dan sangat sering dialami oleh penderita asam urat yakni adalah nyeri sendi yang mendadak. Jika tiba-tiba Anda mengalami nyeri sendi dalam waktu yang terbilang singkat dan rasanya sangat sakit (akut), lalu hilang dalam beberapa hari dengan sendirinya maka itu artinya Anda mengalami asam urat. Namun bagi penderita asam irat kronis biasanya gejala nyeri sendi ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan bahkan seringkali berulang.

Nyeri sendi itu bisa terjadi dimana saja, biasanya orang yang mengalami asam urat akan merasakan nyeri pada bagian jempol kaki, bisa juga lutut, atau bahkan pergelangan kaki. Selain itu tak jarang nyeri juga bisa dirasakan di ibu jari kaki, siku, tumit, dan bahkan pergelangan tangan. Gejala asam urat dan kolesterol tinggi juga bisa menjadi pertanda jika Anda mengalami asam urat.

  1. Gejala lainnya

Tak hanya mengalami nyeri sendi yang mendadak, biasanya beberapa penderita asam urat mengeluh mengalami beberapa gejala lain yang menyertai nyeri sendi mendadak. Seperti mengalami demam dan juga nyeri seperti pusing. Namun gejala setiap orang ini berbeda-beda ya. Gejala kaki asam urat harus kita ketahui sehingga bisa segera memeriksakan diri.

Kadar asam urat tinggi tetapi tidak sakit? Mungkinkah?

Sekarang Anda semua telah mengetahui bukan apa saja gejala jika Anda mengalami asam urat? Kebanyakan orang yang mengalami asam urat yang ringan atau bahkan asam urat yang kornis atau akut pun akan sering merasakannya. Lalu apakah mungkin jika asam urat tinggi tapi tidak sakit? Jawabannya adalah mungki, kondisi seperti ini seringkali terjadi pada beberapa pasien. Mereka mengaku tidak mengalami gejala apapun dan tidak merasakan sakit apapun, namun ketika diperiksa asam uratnya sudah naik atau melonjak tinggi. Ciri kaki bengkak karena asam urat mungkin tidak Anda alami, namun Anda harus tahu gejala utamanya.

Kadar asam urat dikatakan tinggi jika sudah menyentuh angka 7, namun baru-baru ini beberapa ahli kesehatan mengatakan jika kadar asam urat bisa dikatakan tinggi jika nilainya itu sudah diatas 9. Namun seringkali banyak pasien yang tidak mengalami gejala, tidak mengalami bengkak kemerahan atau nyeri pada sendinya. Namun tiba-tiba waktu diperiksa kadar asam uratnya sudah tinggi. Memang hal seperti ini simpel karena pasien tidak merasakan rasa sakit, namun jika dibiarkan saja berbahaya karena dapat menimbulkan beberapa kondisi membahayakan. Menghilangkan asam urat tinggi bisa menggunakan makanan herbal yang mengandung vitamin E.

Jika Anda mungkin memang mengalami penyakit asam urat namun mungkin tidak terasa atau tidak sakit, sebaiknya kami sarankan untuk sering memeriksakan diri ke dokter. Sehingga Anda bisa tahu apakah kadar asam urat atau kolesterol tinggi atau tidak sehingga bisa segera mengobatinya. Karena kadar asam urat yang tinggi jika tidak segera diobati akan menyebabkan beberapa bahaya bagi kesehatan. Berikut adalah bahaya yang mungkin saja bisa Anda alami :

  1. Menyebabkan batu ginjal

Asam urat jika tidak segera diatasi dan menimbun di dalam darah maka bisa menyebar ke organ lainnya dan malah bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. Misalnya saja jika asam urat tidak segera diatasi, bisa menyebar sampai ginjal. Asam urat yang tinggi dan tidak terkontrol bisa menyebabkan tubuh kita mengalami nehropati dan akhirnya membutuhkan hemodialisa. Selanjutnya bahkan bisa membentuk bantu ginjal yang berupa kristalan asam urat. Jadi jika tak ingin mengalami penyakit yang berhubungan dengan ginjal terutama batu ginjal, segera atasilah asam urat yang Anda alami.

Sponsors Link

  1. Kerusakan sendi

Selain bisa menyebabkan batu ginjal, ternyata penyakit asam urat yang tidak segera diobati juga bisa menyebabkan kita mengalami kerusakan sendi. Serangan asam urat yang terus-terusan terjadi ini bisa membuat jaringan sendi menjadi rusak secara permanen. Dan bahkan parahnya, kemungkinan bisa membuat sendi kita menjadi bengkok dan bahkan tak bisa bergerak. Jika sudah mengalami kerusakan sendi, maka salah satu cara yang hanya bisa dilakukan adalah dengan melakukan prosedur operasi saja.

  1. Diabetes

Tahukah Anda ternyata jika asam urat ini juga bisa menyebabkan kita mengalami penyakit diabetes? Beberapa penelitian yang pernah dilakukan mengatakan jika asam urat yang tinggi di dalam tubuh bisa meningkatkan resiko mengalami diabetes sampai 20% lebih tinggi. Jadi orang yang mengalami riwayat penyakit asam urat, lebih beresiko terkena dibaetes daripada orang yang tidak.

  1. Penyakit jantung

Mungkin memang tidak sakit, namun tetap saja asam urat yang Anda alami harus segera diobati ya. Karena jika tidak, selain bisa menyebabkan 3 penyakit di atas juga bisa menyebabkan Anda mengalami penyakit jantung. Biasanya orang yang mengalami asam urat ini juga bisa mengalami kondisi yang berhubungan dengan penyakit jantung seperti misalnya gagal jantung, arteri koroner, dan juga tekanan darah tinggi. Jadi berhati-hati saja ya!

Nah itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semuanya mengenai penyakit asam urat tinggi tadi tidak sakit. Semoga artikel yang kami berikan dan bagikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya ya! Oleh karena itu jika mengalami asam urat maka segera obati sejak saat ini, karena bisa menimbulkan banyak bahaya.

, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan