Sponsors Link

Kadar Asam Urat yang Normal Bagi Wanita dan Cara Menjaga

Sponsors Link

Penyakit asam urat belakangan ini merupakan jenis permasalahan kesehatan yang banyak dialami oleh beberapa orang. Penyakit kronis yang dulunya merupakan penyakit yang banyak di derita oleh orang lanjut usia, sekarang ini juga dapat dialami oleh berbagai penderitanya dengan usia yang beragam dan bahkan relatif lebih muda. Kondisi penyakit asam urat dapat terjadi pada mereka dengan usia yang relatif lebih muda akibat kesalahan dalam pola dan gaya hidup serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat purin tinggi.

ads

Kondisi penyakit asam urat dapat menyebabkan terjadinya beberapa gejala yang disebut sebagai serangan asam urat yang diantaranya adalah nyeri hebat dan munculnya pembengkakan. Kondisi nyeri dan bengkak pada persendian tersebut disebabkan oleh adanya penumpukan asam urat akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh yang tidak dapat dieksresi. Kristal asam urat dalam urine berbentuk jarum yang perlu diperhatikan dan menjadikan gejala yang cukup menyakitkan tersebut terjadi.

Penyakit asam urat bukan hanya dapat diderita oleh kaum pria namun juga dapat terjadi pada kaum wanita. Sebagai upaya pencegahan terhadap kondisi penyakit tersebut maka wanita harus menjaga kadar asam urat dalam kondisi yang normal. Berikut ini penjelasan mengenai kadar asam urat yang normal bagi wanita dan beberapa cara menentukan kadar tersebut serta upaya yang dapat dilakukan untuk menjaganya tetap dalam kondisi yang normal.

Kadar Asam Urat Yang Normal Bagi Wanita

Memahami kadar asam urat normal pada wanita perlu diketahui dengan pasti mengingat penyakit asam urat dapat terjadi jika kondisi kadar asam urat di dalam tubuh melebihi kadar asam urat normalnya. Kadar asam urat pada wanita tentu berbeda dengan kadar asam urat pada pria. Untuk wanita, kadar asam urat yang dapat dikatakan normal berada pada kisaran 2,4 mg/dl hingga 6,0 mg/dl. Kondisi asam urat yang berada diatas kadar normalnya dapat menyebabkan penyakit sedangkan kadar asam urat yang berada dibawah batas normal dapat menyebabkan fungsi asam urat di dalam tubuh tidak terjadi dan berjalan dengan baik.

Nilai kadar asam urat yang disebutkan diatas bisa jadi berbeda dari nilai acuan yang digunakan oleh laboratorium tempat pemeriksaan. Kondisi tersebut dapat terjadi akibat adanya perbedaan metode, alat, dan teknik pengecekan yang digunakan pada masing masing laboratorium. Meskpun berbeda, dalam laporan hasil pemeriksaan pasti akan diberikan acuan kadar asam urat yang digunakan sehingga dapat menjadi dasar dari penentuan apakah kadar asam urat seorang wanita dapat kondisi yang normal atau tidak.

Peningkatan Kadar Asam Urat

Kondisi yang tidak normal dari kadar asam urat yang normal dan biasa menjadi permasalahan kesehatan serius yang disebut sebagai hiperuricemia terjadi akibat adanya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Kondisi kadar asam urat yang meningkat diatas ambang batasnya belum tentu akan menyebabkan munculnya gejala atau tanda tanda asam urat seperti nyeri hebat pada persendian hingga mengalami pembengkakan. Keadaan tersebut terjadi akibat adanya toleransi yang berbeda antar tubuh seseorang terhadap peningkatan kadar asam urat.

Cara Menjaga Kadar Asam Urat Tetap Normal

Kondisi permasalahan penyakit asam urat dapat terjadi ketika asam urat di dalam darah jumlahnya melebihi kadar asam urat yang normal bagi wanita.  Penyakit asam urat merupakan salah satu bentuk penyakit kronis yang perlu diperhatikan dengan baik dan harus dihindari karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut maka perlu upaya yang harus dilakukan dalam menjaga kadar asam urat agar tetap normal seperti diantaranya sebagai berikut ini.

  • Menjaga pola makan

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjaga agar kadar asam urat dalam kondisi yang normal adalah dengan menjaga pola makan dan lebih mengutamakan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang menyehatkan dan menghindari makanan yang tidak terjamin kebersihannya. Pola makan yang terjaga dapat menjadikan tubuh lebih sehat dan tidak mudah mengalami sakit.

  • Menjalani pola hidup sehat

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menjaga kadar asam urat adalah dengan menjalani pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat tersebut dilakukan dengan menjalani aktivitas olahraga secara rutin, menjaga berat badan ideal, serta tidak mengkonsumsi alkohol maupun merokok. Sama halnya dengan mengatur pola makan, menjalani pola hidup sehat juga dapat membantu menjadikan tubuh lebih sehat dan tidak mudah mengalami berbagai macam penyakit termasuk asam urat.

  • Menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi

Cara yang paling utama dalam menjaga kadar asam urat agar normal adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi. Kandungan zat purin tinggi tersebut dapat dimetabolisme tubuh oleh enzim xanthine oksidase menjadi asam urat sehingga menyebabkan kenaikan kadar asam urat. Beberapa makanan yang diindikasikan memiliki kandungan purin tinggi diantaranya daging merah, jerohan, kerang, udang, kepiting, ikan sarden, ikan makarel, kacang kacangan, dan lain sebagainya.

  • Mengkonsumsi makanan yang dapat menjaga kadar asam urat

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk menjaga agar kadar asam urat dalam kondisi yang normal adalah dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat ketika jumlahnya terlalu tinggi. Beberapa makanan yang dimaksud tersebut diantaranya seperti buah seperti jeruk, melon, apel, sayuran brokoli dan kembang kol, kubis, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai kadar asam urat yang normal bagi wanita dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga agar kadar tersebut tidak meningkat sehingga menimbulkan permasalahan kesehatan yang disebut sebagai penyakit asam urat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan