Sponsors Link

5 Cara Terbaik Memasak Ayam untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

Dewasa ini, banyak sekali ditemukan gerai makanan hidangan ayam. Mulai dari ayam panggang, rebusan ayam hingga ayam goreng yang banyak ditemukan di gerai makan merk besar nan bergengsi. Mudahnya menemukan berbagai olahan ayam ini membuat konsumsi ayam pun terkadang tak bisa dihindari.

ads

Karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi, daging ayam berguna untuk menopang sistem pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, juga berguna bagi penderita osteoporosis karena mencegah terjadinya keropos tulang dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Manfaat lainnya yakni dapat mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, mengurangi resiko kanker mengendalikan kadar homosistein dalam tubuh agar tetap normal. Kadar sistein ini berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh karena merupakan unsur pembentuk gluthatione yang merupakan antioksidan.

Namun, terlepas dari berbagai manfaat kandungan ayam yang disebutkan, daging ayam juga mempunyai kandungan zat purin yang menjadi penyebab asam urat tinggi. Bagi penderita penyakit asam urat, mengonsumsi zat purin yang berlebihan nantinya akan menimbulkan pengendapan pada otot sehingga terasa nyeri dan linu pada daerah persendian, bahkan sampai bengkak dan meradang. Pembengkakan ini disebabkan asam urat berupa kristal-kristal yang merupakan tahap akhir metabolisme purin. Secara alamiah, purin hadir dalam tubuh dan dijumpai pada semua makanan sel hidup, sehingga konsumsinya dari luar tubuh akan menambah kandungan purin itu sendiri.

Daging ayam sendiri merupakan salah satu olahan yang mengandung zat purin skala menengah yaitu sekitar 110 – 175 mg/100 g. Jumlah ini tak sebesar kadar yang dimiliki daging merah atau beragam makanan pantangan lainnya yang artinya daging ayam aman dikonsumsi bila tidak berlebihan jumlah per konsumsinya. Mengingat pola makan merupakan hal yang mutlak bagi penderita asam urat, maka perlu diketahui beberapa teknik mengolah ayam sehingga menjadi makanan yang tak mengancam kesehatan. Berikut cara memasak ayam untuk asam urat tinggi yang aman:

1. Direbus

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk memasak hidangan ayam yakni dengan cara merebusnya. Merebus merupakan salah satu cara yang dianjurkan karena tidak menambah lemak jenuh yang terkandung dan tetap mempertahankan kandungan gizi yang ada. Salah satu contoh yang sering digunakan ialah membuat sup ayam. Sup ayam dapat menjadi pilihan yang baik dengan catatan menghilangkan berbagai sayuran yang seharusnya tidak dikonsumsi penderita asam urat, seperti buncis, kembang kol, brokoli dan lain sebagainya. Sayur – sayuran tersebut dapat diganti dengan sayuran yang rendah purin atau yang dapat mengobati asam urat sendiri.

2. Dipanggang

Cara kedua yakni memanggang ayam. Untuk memanggang, minyak yang dapat digunakan berupa olive oil sehingga tidak menambah jumlah lemak yang ada. Namun, perlu diingat tambahan seperti saus krim dan saus tidak dianjurkan karena mengandung banyak lemak.

3. Digoreng

Adapun cara lainnya yang tidak dianjurkan bagi penderita asam urat ialah dengan cara menggoreng ayam. Walaupun menjadi metode memasak paling mudah, namun metode ini sangat tidak dianjurkan untuk para penderita asam urat. Banyaknya kandungan minyak yang dipakai akan meningkatkan kadar kolesterol yang nantinya juga akan meningkatkan resiko asam urat. Belum lagi konsentrasi lemak jenuh akan bertambah setelah dimasak. Cara ini tentu saja bukan hanya tidak dianjurkan untuk ayam, namun juga berlaku untuk makanan lainnya karena kandungan minyak tidak baik untuk kesehatan penderita asam urat.

Sponsors Link

Pola makan dan kontrol asupan menjadi faktor penting untuk mengobati asam urat. Untuk dapat mengontrol pola makan dan asupannya, maka memasak mandiri lebih dianjurkan. Mengetahui fakta ini, tentu saja olahan makanan ayam goreng yang marak di banyak gerai tersebut sangat tidak dianjurkan untuk konsumsi para penderita asam urat. Selain kandungan purinnya yang besar, kulit yang berminyak dan tentu saja cara memasak yang tak sehat. Hal itu mengingat maraknya gerai makanan yang kandungannya tentu saja tidak dikhususkan untuk penderita asam urat.

4. Hindari Kulit Ayam

Selain cara memasak ayam untuk asam urat, ternyata ada beberapa bagian ayam yang mengandung purin lebih tinggi dibanding bagian lainnya. Bagian-bagian tersebut ialah dada dengan kandungan tertinggi 175 mg/ 100 g dan kulit ayam dengan 169 mg/100 g. Alasan lainnya yakni mengonsumsi ayam dengan kulitnya akan menambah jumlah lemak trans secara siginifikan. Untuk itu, penderita asam urat dianjurkan melepaskan kulitnya sebelum dikonsumsi.

Kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi membuat makanan sulit dicerna dan menimbulkan residu purin yang lebih banyak. Residu ini harus segera diangkut menuju ginjal jika tidak ingin menimbulkan nyeri sendi bagi penderita asam urat. Ketika kadar kolesterol tinggi, akan terbentuk endapan pada pembuluh darah yang menghalangi aliran darah. Hal ini mengakibatkan endapan purin tidak bisa segera diangkat ke ginjal dan juga tersumbat sehingga menimbulkan pengendapan. Untuk itu, jenis masakan lain yang tidak dianjurkan untuk penderita asam urat yakni jenis masakan yang bersantan atau dimasak dengan mentega atau margarin.

Sponsors Link

5. Pilih Ayam yang Segar

Tambahan lainnya yakni daging ayam yang akan digunakan juga alangkah lebih baik masih dalam keadaan segar, bukan berupa potongan ayam yang sudah disimpan beberapa waktu walaupun disimpan dalam lemari pendingin. Lama waktu memasak juga penting karena pemanasan yang terlalu lama akan menyebabkan kandungan purin bertambah.

Cara membuang zat purin dalam tubuh ayam juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi ayam organik yang tengah popular. Ayam organik dikhususkan sebagai ayam dengan pemeliharaan yang harus bebas dari bahan kimia sintesis, seperti vaksin dan antibiotik. Pakan yang diberikan juga merupakan pakan berupa bahan-bahan organik seperti jagung, dedak, dan tepung singkong.

Maraknya trend makanan organik menjadi jalan makanan ini popular di kalangan masyarakat yang berniat mengatur pola makan yang baik dan mengatur gizi. Adapun cara lain yang dapat dilakukan yakni memelihara ayam ternak sendiri, sehingga dapat dikontrol sendiri pakan dan lingkungan ayam tersebut berada.

Perlu diingat, tubuh juga masih memerlukan manfaat purin sehingga tak masalah jika dikonsumsi pada batas normalnya. Selain menjaga asupan makan, pengobatan lainnya juga harus sejalan dan dilaksanakan secara konsisten, seperti meminum air dengan cukup setelah mengonsumsi ayam. Dan tak lupa lakukan olahraga penurun asam urat agar asupan yang dikonsumsi berubah menjadi energi dan tidak menumpuk hingga menimbulkan obesitas di kemudian hari.

, , , , , ,