Sponsors Link

6 Bahaya Asam Urat dan Kolesterol yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Jika penyebab asam urat adalah asupan makanan purin yang tinggi, maka penyakit kolesterol disebabkan oleh asupan lemak di dalam tubuh. Kandungan purin yang tinggi tersebut menyebabkan asam urat hasil katabolismenya juga tinggi.

ads

Asam urat yang tinggi dalam darah dikenal dengan istilah hiperurisemia dan dapat menyebabkan peradangan pada sendi. Asam urat yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh dalam jangka waktu tertentu akan dapat membentuk endapan pada persendian sehingga menyebabkan jaringan organ tersebut kaku.

Begitu pula kolesterol. Kolesterol yang tinggi akan menyebabkan pengendapan kolesterol di dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti serangan jantung dan sroke karena aliran darah yang tidak lancar. Berikut berbagai macam bahaya komplikasi penyakit asam urat dan kolesterol.

Bahaya Asam Urat dan Kolesterol Tinggi

1. Penyakit Ginjal

Asam urat stadium akut yang tidak mendapat penanganan akan menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal. Asam urat merupakan hasil buangan dari metabolisme tubuh melalui urin. Asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah akan menyebabkan pembentukan kristal di dalam darah. Apabila jumlahnya semakin banyak, akan mengakibatkan penumpukan dan pembentukan ginjal.

Pengaruh asam urat terhadap ginjal dapat menyebabkan batu ginjal yang terbentuk ketika urin mengandung substansi yang dapat membentuk kristal, seperti kalsium, oksalat dan asam urat. Pada keadaan ini, urin dimungkinkan kekurangan suatu zat yang mencegah kristal menyatu sehingga kedua keadaan inilah yang menjadikan terbentuknya batu ginjal. Gejala batu ginjal tidak dapat diketahui sampai batu ginjal tersebut benar-benar sampai pada ginjal atau masuk ke saluran kemih.

2. Penyakit Jantung

Pada penderita hiperurisemia akan terjadi peningkatan resiko 3-5 kali munculnya penyakit jantung koroner dan stroke. Hal ini disebabkan adanya kristal asam urat yang dapat merusak endotel atau pembuluh darah koroner. Pengaruh asam urat terhadap jantung adalah adanya kristal asam urat yang dapat merusak endotel atau pembuluh darah koroner. Tanda-tanda terserang penyakit jantung diantaranya:

  • Sakit yang bermula dari tengah dada, ke pundak, leher dan lengan
  • Sakit di dada mendadak yang berlangsung beberapa menit dan dapat berulang
  • Berkeringat dingin, pusing, berkeringat dingin dan mual
  • Sesak nafas
  • Rasa pusing yang amat berat
  • Kelemahan mendadak pada lengan, kaki atau setengah bagian tubuh.
  • Tidak dapat berbicara dan sulit berkomunikasi

Ada beberapa parameter terjadinya penyakit jantung yang disebabkan oleh kolesterol:

  • Kadar kolesterol total darah yang normal adalah kurang dari 200 mg/dl, bila lebih dari itu maka resiko terjadinya penyakit penyakit jantung meningkat.
  • Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) yaitu jenis kolestrol jahat, jika kadarnya tinggi melebihi 130 mg/dl akan menyebabkan penebalan pembuluh darah.
  • Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) yaitu kolesterol yang bersifat baik. Jika kadar HDL ini turun, maka besar kemungkinannya terjadinya penyakit jantung.

3. Aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan penyempitan aliran yang disebabkan penimbunan plak pada arteri. Timbunan kolesterol pada pembuluh darah akan menyebabkan penebalan dinding arteri dan pemyempitan pembuluh darah. Hal tersebut dapat mengakibatkan suplai darah ke jantung berkurang dan nyeri dada hingga serangan jantung.

Sponsors Link

4. Penyakit Diabetes Mellitus

Apa hubungan asam urat dengan diabetes mellitus? Penyakit diabetes mellitus sebanyak 20% berkaitan dengan kadar asam urat yang tinggi. Sebanyak 20.000 orang dalam catatan hasil tinjauan database Veterans Administration melaporkan bahwa semua peserta pada periode pertama hingga ke dua belum menderita diabetes. Namun pada periode ke tiga, 9% laki-laki dengan asam urat yang tidak terkontrol mengalami tanda-tanda adanya penyakit diabetes jika dibandingkan dengan 6% dari mereka yang memiliki kadar asam urat terkontrol. Selain itu, sebanyak 19% penderita diabetes mellitus lebih tinggi pada mereka yang memiliki kadar asam urat tidak terkontrol.

5. Munculnya Tofi

Tofi merupakan gumpalan-gumpalan putih atau kuning yang disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat. Tofi ini biasa muncul pada bagian jari kaki, jari kaki dan cuping telinga. Tofi muncul pada penderita asam urat kronik dengan ciri-ciri tofi kadang bahkan pecah atau sulit sembuh serta terjadi infeksi. Munculnya komplikasi pada tofi bergantung pada berat dan lamanya hiperurisemia atau tingginya kadar asam urat dalam darah dan akan diperberat dengan komplikasi lainnya seperti gangguan fungsi ginjal dan penggunaan diuretik atau pendorong kelarnya urin.

Tofi akan mengecil seiring dengan menurunnya kadar asam urat. Sebaliknya, tofi akan membesar dan bisa pecah, mengeluarkan kristal seperti kapur jika asam urat tidak dikontrol atau diobati. Hal ini dapat pula menyebabkan kerusakan sendi yang permanen dan gangguan ginjal. Selain itu, jika tumpukan monosodium urat terletak dekat dengan syaraf maka bisa mengganggu fungsi syaraf.

6. Stroke

Asam urat bisa menumpuk di pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah tidak lancar dan meningkatkan resiko penyakit stroke. Stroke merupakan gangguan yang disebabkan kurangnya suplai darah ke otak. Stroke ada dua macam yaitu isemik dan hemoregik. Stroke isemik disebabkan penyumbatan arteri ke otak. Sedangkan stroke hemoragik disebabkan pembuluh darah di otak mengalami kebocoran atau pecah sehingga mengalami pendarahan.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat dan Kolesterol

Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit asam urat dan kolesterol tidak semakin parah adalah dengan diet rendah purin dan diet rendah kolesterol. Diet rendah purin dapat dilakukan dengan:

  • Mengkonsumsi kalori, protein, mineral dan vitamin
  • Makan makanan yang tinggi karbohidrat seperti singkong, roti dan ubi
  • Melakukan diet rendah lemak karena cenderung menghambat pengeluaran asam urat
  • Diet rendah protein maksimal kisaran 50-70 g/hari
  • Minum air 2 liter sehari
  • Hindari minuman alkohol

Sedangkan untuk diet rendah kolesterol dapat dilakukan dengan:

  • Menghindari makanan dengan lemak jenuh seperti daging sapi, kambing, babi, susu full cream atau susu murni, jerohan, kuning telur dan keju
  • Kurangi makanan yang melalui proses goreng-gorengan
  • Diimbangkan dengan olah raga yang cukup
  • Mulailah makan makanan dengan karbohidrat yang tinggi atau banyak tepung seperti roti dan gandum
  • Kurangi makanan yang mengandung kaya gula seperti es krim, soft-drink dan cokelat.

Demikian penjelasan mengenai bahaya asam urat dan kolesterol. Jalanilah gaya hidup sehat agar tidak sampai terserang dua penyakit ini. Karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Penyebab