Sponsors Link

Bahaya Jengkol Untuk Asam Urat dan Kesehatan

Sponsors Link

Jengkol adalah salah satu  makanan yang mempunyai bau cukup khas. Makanan ini cukup banyak digemari oleh orang banyak, namun ada juga yang tidak menyukai karena baunya tersebut. Jengkol memiliki kandungan nutrisi dan juga protein yang melebihi kacang hijau dan juga kacang kedelai. Protein merupakan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk menggantikan sel tubuh yang mengalami kerusakan. Selain protein jengkol juga mengandung zat besi yang sangat baik untuk pembentukan hemoglobin tubuh. Namun dibalik manfaatnya tersebut nyatanya bahaya jengkol untuk asam urat dan kesehatan sangatlah berpengaruh.

ads

Bahaya Konsumsi Jengkol Untuk Penderita Asam Urat

Kandungan protein dan zat besi yang ada pada jengkol memang sangat bermanfaat, namun bagi Anda yang memiliki penyakit asam urat sebaiknya menjauhi makanan ini. Berikut adalah beberapa bahaya jengkol untuk kenaikan asam urat:

  • Jengkol memiliki kandungan purin

Pantangan makanan bagi penderita asam urat adalah yang memiliki kandungan purin. Mengapa purin? Karena purinlah yang akan membuat asam urat menjadi naik. Asupan purin yang berasal luar tubuh jika tidak dibatasi akan menyebabkan asam urat semakin meningkat.

  • Mempecepat pengkristalan asam urat

Konsumsi jengkol juga akan mempercepat adanya pengkristalan asam urat dalam tubuh. Jika pengkristalan semakin cepat, maka penyaluran oleh darah pada area persendian juga akan semakin cepat dan semakin menumpuk.

  • Mempercepat peradangan asam urat

Jika pengkristalan asam urat semakin cepat, maka peradangan pada persendian juga akan semakin cepat. Dengan begitu, jika kondisi tersebut terus berlangsung tanpa ada penanganan khusus maka akan mulai muncul beberapa tanda-tanda asam urat seperti nyeri pada persendian, sendi terasa terbakar, sendi berwarna merah, dan jika kondisinya sudah parah sendi akan menjadi bengkak dan sangat sulit untuk digerakkan. Jika sudah begitu, Anda akan merasa terganggu saat akan melakukan aktivitas, karena pada umumnya gejala asam urat akan timbul secara tiba-tiba.

Berdasarkan bahaya diatas sudah sangat jelas, bahwa jengkol merupakan salah satu makanan yang sangat dilarang untuk dikonsumsi penderita asam urat. Namun tidak hanya untuk asam urat, jengkol juga sangat berhahaya untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Bahaya Jengkol Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa bahaya jengkol untuk kesehatan:

  • Menimbulkan bau mulut

Sudah sangat jelas dan sangat diketahui bahwa saat Anda sedang mengkonsumsi jengkol, yang pertama kali akan tercium adalah baunya yang cukup menyengat. Bau jengkol ini cukup sulit untuk dihilangkan walaupun sudah menggosok gigi dan makan permen mint untuk menghilangkan baunya. Jika jengkol sudah masuk dalam tubuh, baunya akan ikut masuk dan saat Anda akan buang air kecil juga bau jengkol masih akan terasa dan akan cukup mengganggu.

Dari mana bau jengkol berasal?

Bau yang keluar dari jengkol berasal dari kandungan asam amino dan juga sulfur. Saat asam amino mengalami perpecahan kemudian membentuk menjadi kecil maka akan menimbulkan bau yang cukup menyengat bahkan sangat tidak enak. Ditambah lagi dengan adanya sulfur yang membuat bau menjadi gas.

  • Mengalami jengkolan

Selain akan menimbulkan bau, kemungkinan besar jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah besar Anda akan terkena penyakit jengkolan. Kandungan zat asam yang ada dalam jengkol adalah yang memicu penyakiy tersebut. Jengkolan biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada bagian pinggang, kemudian menjalar pada bagian perut dan nyeri nya akan terasa sangat melilit. Penderita jengkolan juga akan mengalami gangguan saat akan buang air kecil yaitu merasakan sakit saat buat air kecil. Bahkan jika kondisinya sudah semakin parah, bisa saja penderita tidak bisa buang air kecil sama sekali karena jengkolan sudah menyumbat bagian kandung kemih.

Asam jengkolat yang ada pada jengkol sebenarnya sudah sangat diketahui oleh banyak orang. Asam jengkolat merupakan zat asam dengan jenis protein namun tidak bisa dicerna oleh tubuh. Karena itulah asam jengkolat sangat berpotensi untuk memicu pengkristalan pada pembuluh darah dan menyumbat pembuluh darah sehingga sangat terganggu. Jika dibiarkan dalam jangka panjang maka akan mengakibatkan timbulnya penyakit batu ginjal.

Itulah bahaya jengkol untuk asam urat dan kesehatan yang dapat Anda ketahui. Bagi Anda yang memiliki asam urat tinggi, sebaiknya Anda benar-benar menghindari konsumsi jengkol agar terhindar dari kenaikan asam urat yang semakin buruk. Apalagi jika Anda sedang melakukan diet rendah purin, sebaiknya jangan masukan jengkol menjadi salah satu menu makanan untuk sehari-hari, Anda bisa mengganti dengan beberapa lauk pauk untuk penderita asam urat yang sangat dianjurkan.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan