Sponsors Link

Penyebab Batu Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Batu asam urat atau disebut juga dengan batu ginjal asam urat merupakan kelainan yang terjadi akibat dari konsentrasi asam urat yang ada dalam utin. Batu asam urat dalam ginjal biasanya akan ditemukan pada 10 sampai 25% penderiya penyakit asam urat. Bila kadar asam urat darah lebih dari 13 mg maka akan menyebabkan adanya batu asam urat. Sedangkan asam urat merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan adanya penumpukan purin dalam tubuh kemudian memicu kenaikan pada zat asam dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit asam urat. Berikut ulasan mengenai penyebab batu asam urat dan cara mengatasinya

ads

Penyebab Terbentuknya Batu Asam Urat

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan pembentukan batu asam urat, diantaranya adalah:

  • Kehilangan banyak cairan

Batu ginjal asam urat biasa terbentuk karena seseorang telah kehilangan banyak sekali cairan dan sehingga batu asam urat akan terbentuk saat urin terus menerus dalam keadaan asam, biasanya hal ini bisa di picu oleh mereka yang melakukan diet protein yang terlalu tinggi.

  • Faktor genetik

Adanya batu asam urat dalam ginjal juga bisa dikarenakan faktor genetik. Jika faktor genetik sudah menjadi pemicu nya maka akan sulit untuk disembuhkan, namun tidak menutup kemungkinan dengan bantuan medis Anda bisa mengatasi adanya batu asam urat.

  • Tingginya asupan purin

Tingginya asupan purin dari luar tubuh tentu saja menjadi salah satu faktor terbentuknya batu asam urat dalam ginjal. Pada dasarnya zat purin yang masuk dalam tubuh tidak akan berbahaya dan tidak akan membentuk batu asam urat. Namun jika kadarnya sudah melebihi batas normal tubuh maka akibatnya akan mempengaruhi pada berbagai penyakit salah satunya adalah pembentukan batu asam urat.

  • Pola hidup yang buruk

Pola hidup juga merupakan faktor penyebab terjadinya batu asam urat. Ini tentunya sangat berhubungan dengan penyebab asam urat sebelumnya yaitu asupan purin. Pola hidup yang buruk dengan mengkonsumsi makanan dan minuman mengandung purin tinggi akan memicu terbentuknya batu asam urat. Jika pola hidup semakin buruk maka kemungkinan besar kondisi kesehatan akan sangat terganggu di kemudian hari.

Cara Mengatasi Batu Asam Urat

Untuk mengatasi adanya batu asam urat dalam tubuh Anda bisa mengobati nya dengan beberapa obat herbal atau medis penghancur batu ginjal dan asam urat.

Obat Medis

Berikut adalah beberapa obat medis yang biasa di resep kan dokter untuk menghancurkan batu asam urat:

1. Antibiotik

Jika Anda berkonsultasi dan menjalani pemeriksaan ke dokter Anda kemungkinan kan diberikan resep antibiotic dengan jenis struvit. Obat ini akan membantu menghancurkan batu ginjal asam urat yang tersimpan dalam kandung kemih

2. Allopurinol

Allopurinol adalah jenis obat yang biasanya di resep kan dokter untuk menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh. Sehingga obat ini akan membantu untuk menghancurkan adanya batu ginjal yang disebabkan asam urat secara bertahap.

Sponsors Link

3. Alpha Channel Blockers

Beberapa obat medis yang masuk dalam golongan Alpha Channel Blockers seperti Terazpsi, Doxazosin dan juga Tamsulosin adalah obat yang bisa menghancurkan batu ginjal asam urat. Obat ini akan membantu mengeluarkan batu yang berukuran besar, sedangkan yang ukurannya kecil biasanya akan dikeluarkan dengan sendirinya.

4. Thizade

Diuretik thizade juga merupakan salah satu obat medis yang biasa di resep kan dokter untuk mengatasi batu ginjal asam urat dengan cara meningkatkan produksi urin yang ada dalam ginjal.

5. Natrium sitrat atau natrium bikarbonat

Natrium sitrat atau natrium bikarbonat merupakan obat medis yang akan mengatasi adanya gejala akibat produksi lambung yang terlalu berlebihan dan juga bisa membantu untuk mengeluarkan batu asam urat yang tersimpan dalam kandung kemih.

Obat herbal

Selain obat medis, ada beberapa obat herbal yang berasal dari tanaman obat yang dapat membantu untuk mengatasi batu asam urat:

1. Paterseli

Paterseli merupakan jenis tanaman obat yang mempunyai bayak kandungan mineral dan vitamin seperti vitamin A, B, C, potassium, tembaga dan juga tiamin. Kandungan yang ada dalam paterseli dinilai mampu membersihkan organ ginjal dan menghilangkan batu asam urat yang ada dalam kandung kemih. Selain bisa membersihkan batu asam urat yang ada dalam kandung kemih, paterseli juga bisa membersihkan racun serta zat berbahaya lain yang ada dalam tubuh.

2. Tempuyung

Tanaman herbal selanjutnya yang bisa membersihkan batu asam urat dan sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu tempuyung. Tanaman ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi serta vitamin nya. Kandungan kalium yang tersimpan dalam tempuyung juga dinilai sangat mampu menghancurkan batu ginjal asam urat. Kalium akan membantu untuk menghancurkan kalsium karbonat yang akan membentuk batu ginjal asam urat.

Sponsors Link

3. Kumis kucing

Kumis kucing adalah tanaman herbal selanjutnya yang diyakini bisa mengatasi adanya batu asam urat yang tersimpan dalam kandung kemih. Tanaman ini sudah banyak sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat herbal yang bisa di racik sendi. Selain bisa mengatasi batu asam urat, kumis kucing juga sangat bisa mengatasi adanya peradangan dalam tubuh.

4. Campuran zaitun dan lemon

Anda juga bisa membuat obat herbal untuk meluruh kan batu asam urat dengan cara mencampurkan minyak zaitun pada jus lemon. Minuman ini akan menyegarkan dan juga akan memberikan manfaat untuk kesehatan. Paduan antara lemon dan zaitun sangat bisa mengurangi adanya batu asam urat yang ada dalam kandung kemih dengan cepat.

5. Daun kelor

Obat herbal selanjutnya yang bisa meluruh  kan batu asam urat adalah daun kelor. Tanaman ini bisa menyeimbangkan kristaloid dan koloid dan bisa mengembalikan fungsi ginjal. Untuk mengkonsumsi nya Anda tingga merebus daun kelor dan meminumnya.

6. Keji beling

Keji beling adalah daun yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin diantaranya adalah vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C, ada juga beberapa kandungan lain seperti flavonoid, natrium, kalium, kalsium, ferum, magnesium, tannin dan banyak lagi. Karena kandungannya tersebut keji beling sangat sering dijadikan sebagai salah satu obat herbal, salah satunya adalah obat untuk mengatasi batu asam urat.

7. Ceplukan

Tanaman obat herbal selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi pembentukan batu asam urat dalam kandung kemih adalah ceplukan. Tanaman obat ini mempunyai sifat analgesik, anti septik dan anti tumor. Selain bisa mengatasi batu asam urat, ceplukan juga bisa mengatasi beberapa penyakit lain seperti stroke. Untuk megkonsumsi ceplukan Anda bisa merebus nya, dan mengkonsumsi air rebusan nya dengan rutin.

8. Jelatang

Jelatang adalah tanaman obat lainnya yang bisa membantu untuk menghancurkan batu asam urat dalam kandung kemih. Tanaman ini sudah sangat dikenal bisa mengatasi adanya infeksi yang terjadi di saluran kemih, dan juga bisa menjaga aliran air pada ginjal serta kandung kemih.

ads

9. Rujak polo

Obat herbal untuk asam urat selanjutnya yaitu tanaman rujak polo. Tanaman ini adalah salah satu jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat untuk meluruh kan batu ginjal. Ekstrak tanaman rujak polo yang dicampurkan dengan air bisa mengatasi kemunculan kalsium okalat yaitu kandungan yang dapat mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal.

10. Daun sendok

Daun sendok juga merupakan salah satu tanaman khas yang ada di Indonesia dan sudah sangat dikenal akan manfaatnya bisa menghancurkan batu asam urat yang tersimpan dalam urin. Tanaman ini juga bisa bermanfaat untuk anti inflamasi dan melarutkan batu asam urat dengan alami.

11. Dandelion

Sebagai orang kemungkinan masing sangat asing dengan jenis bunga ini, karena kemungkinan akan sulit menemukan Bunga dandelion. Namun Anda bisa membelinya di toko herbal. Anda bisa menjadikan bunga dandelion sebagai ramuan untuk meluruh kan batu ginjal dengan cara merebus, kemudian meminum air rebusan nya. Biasanya toko herbal akan menjual dandelion dalam bentuk produk seperti tanaman rosella yang hanya tinggal direbus.

12. Cuka apel

Cuka apel memiliki manfaat seperti lemon dan zaitu. Cuka apel sangat bisa menghancurkan batu asam urat dan juga memberikan sifat alkalin pada urin dan darah. Untuk mengkonsumsi  nya Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan cuka apel organik dan juga 1 sendok teh madu dalam 1 cangkir berisi air hangat. Anda bisa meminumnya 3 kali dalam sehari.

13. Delima

Buah delima memiliki manfaat baik bijinya maupun pada airnya. Delima memiliki sifat astringent yang bisa mengecilkan ukuran batu asam urat. Anda hanya tinggal mengkonsumsi buah delima dengan untuk tidak terkecuali bijinya, atau Anda bisa mengolahnya menjadi jus delima. Atau Anda juga bisa mencampurkan delima dengan salad.

14. Semangka

Batu asam urat juga bisa Anda atasi dengan konsumsi buah semangka. Kandungan potassium yang ada dalam buah semangka bisa meregulasi kadar asam serta batu asam urat yang ada dalam kandung kemih. Semangka juga memiliki banyak sekali kandungan air yang bisa membantu untuk mengeluarkan batu asam urat dengan sangat mudah. Anda bisa mengkonsumsi semangka kapan saja, pagi, siang atau malam.

15. Kacang merah

Kacang merah adalah salah satu jenis kacang yang memiliki kandungan serta tinggi. Serat yang ada dalam kacang merah dinilai sangat efektif untuk mengatasi adanya pemasalahan pada kandung kemih, salah satunya adalah batu asam urat. Untuk mengolah kacang merah menjadi salah satu obat herbal peluruh batu asam urat, Anda hanya perlu mengupas kulitnya, kemudian masukan dalam air panas. Lalu didih  kan hingga beberapa jam dan kacang menjadi lunak. Kemudian Anda bisa menyaring rebusan kacang tersebut, setelah itu tunggu hingga dingin, lalu  Anda bisa meminum rebusan nya. Air rebusan kacang merah ini bisa bertahan selama 1 hari saja.

Itulah pembahasan mengenai penyebab batu asam urat dan cara mengatasinya. Karena hubungan asam urat dengan ginjal sangatlah erat sehingga Anda sebaiknya benar-benar menjaga kadar purin dalam tubuh agar terhindar dari resiko terbentuknya batu asam urat.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan, Penyebab