Sponsors Link

Bolehkah Makan Bayam Merah untuk Asam Urat Tinggi?

Sponsors Link

Bagi Anda penderita asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang menjadi pantangan untuk dikonsumsi. Jenis bayam yang sering dikonsumsi umunya adalah bayam hijau. Padahal sebenarnya ada berbagai jenis bayam, misalnya bayam hijau, bayam merah, dan bayam putih. Pada artikel ini akan dibahas mengenai bahaya bayam merah untuk asam urat atau bayam untuk asam urat.

ads

Deskripsi Bayam Merah

bayam merahBayam merah termasuk ke dalam tumbuhan keluarga Amaranthacea. Bayam ini memiliki nama ilmiah Amaranthacea Gangeticus. Bayam merah atau red spinach merupakan pokok berbunga tahunan yang mempunyai bunga ungu gelap.

Tanaman bayam merah berasal dari Amerika tropik dan mudah tubuh serta tersebar di daerah tropis dan subbtropis di seluruh dunia. Di Indonesia, bayam merah dapat tubuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5 – 2.000 m dpl. Bayam merah di Indonesia tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi lebih tumbuh subur di dataran rendah pada lahan terbuka bersuhu udara agak tinggi.

Bayam merah memiliki batang dan daun berwarna merah. Bayam ini sering disajikan sebagai sayuran pelengkap hidangan. Tinggi batang bayam merah sekitar 0.4 – 1 meter, bercabang, batang lemah dan berair. Daunnya bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, panjang sekitar 5 – 8 cm, ujungnya tumpul, pangkal daunnya runcing, dan berwarna merah.

Kandungan Kimia Bayam Merah

Bayam merah adalah sayuran padat gizi yang sangat diperlukan untuk tubuh. Bayam merah atau jenis bayam apapun dikenal dengan kandungan zat besinya yang tinggi. Bayam merah memiliki pigmen antosianin yang memberikan warna merah keunguan pada sayuran ini. Zat tersebut memiliki sifat antioksidan.

Setiap 100 gram bayam merah mengandung kalori, karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin E, vitamin C, folat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Bayam merah juga mengandung amarantin, rutin, dan zat purin. Kandungan zat gizi per 100 gram bayam merah berdasarkan Kementrian Kesehatan RI adalah:

  • Kalori sebanyak 51,0 kilo kalori
  • Karbohidrat sebanyak 5,4 gram
  • Protein sebanyak 4,6 gram
  • Lemak sebanyak 0,5 gram
  • Vitamin A sebanyak 5.800 SI
  • Vitamin B1 sebanyak 0,1 mg
  • Vitamin E sebanyak 1,7 mg
  • Vitamin C sebanyak 20 mg
  • Folat 111 sebanyak mg
  • Kalsium sebanyak 368 mg
  • Fosfor 111 mg
  • Zat besi 2,2 mg

Khasiat Bayam Merah

Bayam merah adalah sayuran berserat yang dapat digunakan untuk memperlancar buang air besar. Sayuran ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kencing manis, kanker usus, kolestrol, darah tinggi, dan menurunkan berat badan. Akarnya berkhasiat sebagai obat disentri. Daun bayam dapat digunakan untuk pengobatan seperti membersihkan darah sehabis bersalin, memperkuat akar rambut, tekanan darah rendah, anemia, dan gagal ginjal. Infus daun bayam merah 30% per oral dapat meningkatkan kadar hemoglobin, besi serum, dan hematocrit kelinci yang dibuat anemia secara nyata. Bayam merah dianggap lebih berkhasiat untuk pengobatan dibandingkan bayam hijau.

Bahaya Bayam Merah untuk Asam Urat

Bayam merah memang memiliki banyak manfaat, tetapi bagi sebagian orang sayur bayam tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini karena berhubungan dengan kesehatan mereka. Bayam merah mengandung purin yang berbahaya bagi penderita asam urat. Berdasarkan tabel makanan AcuMedico, terdapat 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam.

Sponsors Link

Sayuran ini mengandung purin yang cukup tinggi. Purin sendiri di dalam tubuh akan dimetabolisir menjadi asam urat. Pada saat terjadi pemecahan zat purin yang berlebihan di dalam tubuh, maka biasanya akan menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri. Hal ini utamanya terjadi pada bagian jempol kaki.

Limbah dari terpecahnya zat purin yang tidak terbuang melalui ginjal akan menumpuk pada area persendia dan membentuk Kristal natrium urat. Tumpukan Kristal natrium urat tersebut akan keluar dari tulang rawan, sehingga dapat membuat sinovium mengalami radang. Radang yang terjadi pada sinovium atau lapisan lembut pada sendi akan memicu rasa sakit pada persendian. Hal ini berarti bahwa asam urat meningkat.

Meskipun mengandung purin, tetapi bayam merah tidak menyebabkan kerusakan sebanyak purin dari produk daging. Hal ini karena purin pada sayuran dapat dikeluarkan dari tubuh lebih mudah dibandingkan dengan produk hewani. Meskipun begitu, Anda lebih baik membatasi konsumsi bayam merah ataupun sayuran lain yang mengandung purin yang cukup tinggi. Penderita asam urat boleh makan daging dengan porsi yang terbatas.

Anda lebih baik mengonsumsi sayuran hijau untuk asam urat atau jenis sayuran yang tidak mengandung purin ataupun yang memiliki kandungan potassium tinggi seperti berikut:

  • Alpukat
  • Kentang
  • Yoghurt
  • Susu
  • Pisang

Inilah penjelasan mengenai bahaya bayam merah untuk asam urat. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Sayuran